home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waspada, Jarang Sikat Gigi Bikin Gigi Jadi Sensitif. Kenapa Bisa?

Waspada, Jarang Sikat Gigi Bikin Gigi Jadi Sensitif. Kenapa Bisa?

Rasa ngilu yang muncul di gigi tidak akan Anda rasakan tanpa ada yang memicunya. Gigi sensitif dapat diakibatkan oleh pengikisan lapisan gigi atau terjadinya keretakan. Berbagai kebiasaan tidak sehat juga bisa berdampak pada gigi yang sensitif, seperti lalai maupun malas dalam menjaga kebersihan gigi secara rutin.

Penumpukan sisa makanan dapat menjadi penyebab gigi sensitif

menjaga berat badan saat liburan

Terdapat beberapa faktor penyebab gigi Anda menjadi sensitif sehingga menyebabkan rasa ngilu setiap kali terpapar oleh makanan atau minuman dengan suhu yang cukup ekstrim. Penyebab gigi sensitif yang umum ditemui antara lain:

  • Menyikat gigi terlalu keras menyebabkan abrasi gigi
  • Erosi gigi atau hilangnya enamel gigi
  • Penyakit dan menurunnya garis gusi
  • Kebiasaan menggertakan gigi
  • Keretakan pada gigi

Kondisi kesehatan gigi yang tidak terjaga akibat penumpukan plak juga dapat menimbulkan dampak gigi sensitif. Hal ini lah yang mengakibatkan mengapa gigi dapat menjadi sensitif ketika Anda jarang membersihkan atau menggosok gigi.

Dilansir dari Mayo Clinic, kehadiran plak pada permukaan akar gigi dapat memicu sensitivitas. Plak yang tidak segera dibersihkan dapat mengeras lalu menjadi tartar. Tartar menyebabkan gigi semakin sulit untuk dibersihkan. Lalu ketika tartar sudah menumpuk di sekitar gusi, Anda dapat mengalami peradangan dan menyebabkan penyakit gusi.

Di samping itu, kebersihan gigi yang tidak terjaga menyebabkan cairan asam dari sisa makanan dan minuman mengikis enamel, dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Selain menyebabkan gigi jadi sensitif, bakteri yang menumpuk dalam mulut akibat tidak dibersihkan juga dapat berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi memiliki dampak besar bagi kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulan lainnya, penyebab gigi sensitif saling berhubungan satu sama lain. Penyebab utama dari semua kondisi yang telah disebutkan dapat diakibatkan oleh jarang menyikat gigi.

Tips untuk mencegah gigi sensitif

pasta gigi sensitif

Ketika gigi sudah menjadi sensitif, selalu muncul ngilu atau nyeri saat makan atau minum. Jika sudah begini, salah satu langkah untuk membantu mengurangi nyeri adalah dengan menggunakan pasta gigi sensitif.

Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan pasta gigi sensitif tanpa harus menunggu terasa ngilu. Berbagai kandungan herbal membuat pasta gigi sensitif aman digunakan untuk melindungi Anda dari permasalahan yang berhubungan dengan gigi sensitif.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah dengan disiplin melakukan berbagai langkah pencegahan. Dikutip dari Oral Health Foundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Menggosok gigi dua kali dalam sehari
  • Bersihkan gigi sebelum tidur dan pastikan tidak makan atau minum lagi
  • Mengganti sikat gigi dalam jangka waktu dua atau tiga bulan sekali atau ketika sudah rusak
  • Hindari langsung menggosok gigi setelah makan karena dapat membuat enamel melunak. Tunggu setidaknya satu jam
  • Kurangi asupan gula, soda, dan minuman asam
  • Rutin memeriksakan kondisi mulut dan gigi pada dokter sesuai anjuran mereka

Kebiasaan atau rutin menjaga kebersihan gigi merupakan modal utama untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan pada mulut dan gigi serta tubuh Anda. Pertimbangkan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif untuk melindungi gigi karena aman digunakan sebagai pasta gigi harian Anda. Konsultasikan dengan dokter apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kesehatan gigi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2019). Brushing your teeth: Does timing matter? Retrieved September 01, 2020 from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/brushing-your-teeth/faq-20058193

Cleveland Clinic. (2019). Teeth Sensitivity: Possible Causes Retrieved September 01, 2020 from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/10954-teeth-sensitivity/possible-causes

Oral Health Foundation. (2019). Sensitive Teeth. Retrieved September 01, 2020 from https://www.dentalhealth.org/sensitive-teeth

Geisinger Health. (2017). Here’s how not brushing your teeth could make you sick Retrieved September 01, 2020 from https://www.geisinger.org/health-and-wellness/wellness-articles/2017/03/29/16/26/heres-how-not-brushing-your-teeth-could-make-you-sick

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 05/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x