Kenapa Rahang Terasa Sakit Ketika Mengunyah Makanan di Pagi Hari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasakan rahang sakit ketika mengunyah makanan di pagi hari? Bahkan, keluhan ini biasanya sudah muncul sejak Anda baru bangun tidur. Ya, bukannya merasa segar, Anda justru mengalami nyeri atau sakit pada rahang sehingga sulit mengunyah dengan benar saat makan pagi. Kok bisa, ya?

Apa penyebab rahang sakit saat makan pagi?

cara mengatasi rahang kaku

Setelah tidur nyenyak semalaman, mungkin Anda berharap dapat bangun dengan tubuh yang nyaman tanpa keluhan. Namun nyatanya, Anda malah merasa adanya nyeri pada rahang. Entah saat didiamkan, terlebih saat Anda menggerakannya dengan membuka mulut.

Sakit rahang tersebut mungkin masih berlanjut saat Anda sarapan alias makan pagi. Adanya gerakan dari otot-otot rahang dan pertemuan antar gigi, membuat nyeri atau sakit rahang yang Anda rasakan seolah semakin menjadi-jadi.

Melansir dari laman Cleaveland Clinic, rahang yang sakit saat bangun tidur kemungkinan disebabkan karena Anda menggertakkan gigi saat tidur. Kondisi ini juga dikenal dengan nama bruxism.

Hal tersebut yang kemudian berpengaruh pada fungsi rahang saat mengunyah di kala makan pagi. Di sisi lain, keluhan di keluhan rahang sakit saat makan pagi juga bisa dikarenakan oleh gangguan sendi temporomandibular.

Gangguan sendi temporomandibular juga bisa disebut sebagai temporomandibular joint (TMJ). Penyakit ini dapat menyebabkan timbulnya nyeri pada sendi di rahang, serta otot-otot di sekitar rahang.

Umumnya, rasa sakit yang muncul ini  menyerang satu atau kedua sendi engsel alias sendi temporomandibular (sendi sekitar rahang). Padahal normalnya, sendi TMJ bertugas untuk mempermudah kerja rahang saat membuka dan menutup mulut.

Termasuk saat Anda berbicara, mengunyah, hingga menelan makanan dan minuman. Itu sebabnya, ketika Anda gunakan untuk mengunyah saat makan pagi, keluhan rahang sakit terasa lebih parah.

Bahkan, sesekali mungkin akan terdengar suara “klik” setiap kali rahang menutup ketika mengunyah makanan. Sebenarnya bukan di rahang saja. Anda juga bisa merasakan sakit, nyeri, ataupun denyutan di dekat telinga dan samping wajah.

Alasan lainnya, bisa karena Anda sedang mengalami penyakit gusi, yang kemudian berpengaruh terhadap masalah pada rahang.

Bagaimana cara mengatasi rahang sakit saat makan pagi?

Ivermectin adalah obat

Anda bisa meredakan rahang yang sakit saat makan pagi dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Membuka dan menutup mulut

Sebagai awalan, Anda bisa memulai dengan membuka dan menutup mulut berulang kali. Kemudian letakkan jari tangan Anda pada 4 gigi depan di bagian bawah, dan tarik sampai rahang terasa mengencang.

Tahan selama 30 detik, lalu lepas dan kembalikan rahang ke posisi semula perlahan-lahan. Ulangi selama beberapa kali.

2. Meregangkan sendi rahang

Manfaatkan peregangan untuk membantu melemaskan otot-otot rahang yang kaku, sehingga membuat Anda merasa sakit saat makan pagi. Mulai dengan menekan bagian ujung lidah ke atas mulut, tepat di belakang gigi depan atas tanpa menyentuh gigi tersebut.

Usahakan lidah menekan bagian atas mulut, sembari perlahan Anda membuka mulut selebar mungkin dan tutup lagi perlahan. Jika tidak terasa sakit, Anda bisa terus mengulangi latihan ini. Namun apabila merasa sakit, sebaiknya hentikan.

3. Senyum lebar

Terakhir, Anda bisa tersenyum lebar guna membantu menghilangkan kekakuan pada rahang yang membuatnya terasa sakit. Caranya, Anda hanya perlu senyum seperti biasa, tapi usahakan selebar mungkin sembari membuka rahang perlahan-lahan.

Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam melalui mulut, dan buang sambil mengerucutkan mulut. Ulangi hal ini selama beberapa kali.

4. Kompres rahang

Agar keluhan rahang sakit saat makan pagi ini cepat membaik, Anda bisa mengompresnya menggunakan air dingin atau hangat. Lakukan beberapa menit sampai sekiranya Anda merasa sudah cukup nyaman.

5. Konsultasikan ke dokter

Pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan yakni dengan berkonsultasi pada dokter. Dokter akan mencari tahu sebenarnya apa penyebab utama yang membuat rahang Anda sakit saat mengunyah di kala makan pagi.

Sesuai dengan kondisi Anda, dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat. Misalnya dengan menggunakan obat pereda nyeri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-Hati, Tertawa Terlalu Kencang Bisa Bikin Rahang Bergeser

Tertawa membuat Anda bahagia, tapi tidak boleh berlebihan. Pasalnya, tertawa terlalu kencang bisa menyebabkan rahang bergeser. Kok, bisa? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan, Informasi Kesehatan 30 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Otot Rahang Terasa Kaku? Ini 4 Penyebab dan Tips Mengatasinya

Rahang yang terasa tegang memang membuat segala aktivitas menjadi tidak nyaman. Yuk, kenali cara mengatasi rahang kaku ini berdasarkan penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 25 September 2019 . Waktu baca 6 menit

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur, tapi tak sedikit pula yang lebih memilih untuk makan. Jadi, sebaiknya makan atau mandi dulu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan 26 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Retrognathia, Kelainan Struktur Tulang Penyebab Rahang Sakit Bukan Main

Jika Anda selama ini sering mengeluhkan sakit rahang ketika mengunyah makanan atau sekadar membuka mulut, mungkin Anda memiliki retrognathia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 28 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rahang sakit

7 Penyebab Sakit Rahang yang Mungkin Anda Tidak Sadari, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
makanan terbaik untuk sarapan

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
impaksi gigi bungsu

Penyebab dan Gejala Impaksi Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Sakit

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 November 2020 . Waktu baca 7 menit
sendi rahang sakit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 April 2020 . Waktu baca 6 menit