home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Begini Cara Mudah Mengecek Bau Mulut Sendiri

Begini Cara Mudah Mengecek Bau Mulut Sendiri

Pasti rasanya tidak nyaman saat kencan pertama, Anda malah dilanda bau mulut. Ditambah lagi jika lawan bicara sampai menutup hidungnya. Kondisi ini wajar, terkadang bau mulut tidak kita sadari. Agar kejadian ini tak lagi terulang, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengecek mulut sendiri.

Mengapa bisa bau mulut?

Bau mulut biasanya dikenal dengan istilah halitosis. Umumnya, bau mulut timbul akibat bakteri yang menghasilkan sulfur pada permukaan lidah dan di dalam tenggorokan menjadi aktif.

Reaksi kimia tersebut menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut beraroma tidak sedap. Bau mulut ini mudah dihirup oleh lawan bicara ketika Anda berbicara atau menghela napas. Meskipun menimbulkan ketidaknyamanan, halitosis tidak berbahaya.

Penyebab bau mulut ini juga dipengaruhi oleh makanan atau perilaku kita. Misalnya, makan bawang, kondisi kesehatan mulut, mulut kering, atau karena merokok.

Bahkan dalam kondisi medisi tertentu seperti sinusitis kronik dan gagal ginjal bisa menyebabkan halitosis.

Cara mengetahui bau mulut sendiri

Hampir semua orang pernah mengalami masalah bau mulut ini. Anda tentu bisa mengubah keadaan dengan mengecek bau mulut sendiri. Sebelumnya, ketahui dulu apakah Anda memiliki tanda-tanda berikut.

  • mulut kering
  • lidah berwarna putih
  • plak gigi
  • lidah terasa panas
  • ludah yang kental
  • rasa asam dan pahit pada mulut

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, cobalah beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui secara pasti apakah Anda memiliki bau mulut atau tidak.

1. Pengecapan

Cara mengetahui bau mulut ialah dengan mengecap rasa mulut sendiri. Seperti yang sudah diketahui, selalu ada hal yang memicu terjadinya bau mulut. Misalnya, makan bawang atau ikan tuna, dehidrasi, atau mulut kering.

Ketika mulut dalam kondisi kering, biasanya ludah akan lebih kental dan berbusa. Sementara sisa makanan yang tertinggal dapat menimbulkan rasa apek dalam mulut.

2. Tes aroma mulut

Cara selanjutnya untuk mengetahui bau mulut sendiri adalah dengan melakukan tes aroma. Ini cara mudah yang bisa Anda lakukan. Jilat pergelangan tangan, biarkan mengering, lalu cobalah cium aromanya.

Anda juga bisa mengecek aroma dengan melakukan flossing dan tongue scaping. Setelah menggunakan flossing atau tongue scraper, Anda bisa mencium apakah ada bau yang tak sedap ditinggalkan pada alat tersebut. Jika ada, itu artinya Anda mengalami bau mulut tak sedap.

3. Minta bantuan teman

Cara alternatif untuk mengetahui bau mulut adalah meminta pendapat teman terdekat Anda. Tanyakan langsung kepadanya, apakah ketika Anda berbicara tercium bau mulut atau tidak. Jangan malu untu jugak bertanya apakah ada lapisan putih pada permukaan lidah atau tidak.

Setidaknya, penilaian teman dapat memberikan evaluasi juga pada diri Anda. Sehingga Anda dapat melakukan langkah selanjutnya untuk menghilangkan bau mulut.

Ubah gaya hidup untuk menghilangkan bau mulut

Tes sederhana di atas menjadi cara mudah mengetahui bau mulut. Tak perlu berkecil hati jika Anda mengalami bau mulut. Selalu ada solusi agar tak bau mulut lagi.

Sebuah penelitian dari Journal Of Natural Science, Biology And Medicine juga menyarankan pengelolaan kebersihan mulut dan menghindari faktor pemicu bau mulut. Berikut cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  • menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang ber-fluoride
  • hindari rokok atau produk tembakau lainnya
  • berkumur dengan obat kumur non-alkohol
  • minum cukup air untuk menghindari mulut kering
  • kunjungi dokter gigi secara berkala, siapa tahu masalah bau mulut yang ditimbulkan akibat masalah gigi

Lakukan segera cara di atas, setelah mengetahui kondisi bau mulut yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa percaya diri pada pertemuan kencan selanjutnya tanpa mengkhawatirkan aroma mulut tidak sedap.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Awful Bad Breath Signs And How To Tell If Your Breath Stinks. https://www.medicaldaily.com/awful-bad-breath-signs-how-tell-if-breath-stinks-444384. Diakses 22 Oktober 2019.

Halitosis or Bad Breath. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/halitosis-or-bad-breath. Diakses 22 Oktober 2019.

Bad breath: What causes it and what to do about it. https://www.health.harvard.edu/blog/bad-breath-what-causes-it-and-what-to-do-about-it-2019012115803. Diakses 22 Oktober 2019.

Aylikci, B., & Çolak, H. (2013). Halitosis: From diagnosis to management. Journal Of Natural Science, Biology And Medicine4(1), 14. doi: 10.4103/0976-9668.107255. Diakses 22 Oktober 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Maria Amanda pada 06/12/2019
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x