🔥 Diskusi Menarik

[Tanya dr. Mike] Omicron, Varian Baru COVID-19 yang Perlu Diwaspadai

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengumumkan munculnya COVID-19 varian baru yang dinamakan varian B.1.1529 atau Omicron.


Sejak pertama kali muncul di akhir tahun 2019, COVID-19 terus bermutasi dan memunculkan varian-varin baru. Banyak ribuan jenis atau varian COVID-19 yang beredar di berbagai negara di seluruh dunia.

Varian Omicron ini diumumkan menjadi salah satu varian yang membuat para ahli khawatir.


Punya pertanyaan mengenai varian Omicron? Silakan ajukan pertanyaan untuk dr. Mike di kolom komentar ya.

[Tanya dr. Mike] Omicron, Varian Baru COVID-19 yang Perlu Diwaspadai[Tanya dr. Mike] Omicron, Varian Baru COVID-19 yang Perlu Diwaspadai
22
18k
12 komen

12 komentar

hallo dokter perkenalkan saya AOBETAOBET

bagaimana caranya mengatasi penyakit tersebut??

langkat utama yang harus di lakukan apa saja dokter?

mohon petunjuk

aobet membutuhkan bantuan dari dokter.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hallo selamat pagi dok..

Tlong dibantu dok, saya terpaar cov8 omicron dan sudah masuk isoma sekitar 2 minggu, tapi yang saya rasakan saya batuk terus terusan dan ada sesak nafas . Dibantu solusinya dong dok kira2 saya harus minum obat apa yah supaya saya tidak sesak lgi, soalnya saya baru melahirkan dan terpaksa harus jauh2 dri bayiku 😢

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
1

Dok,

Varian omicron bertahan brp lama di udara.?

Apakah jika melakukan aktifitas di dalam rumah yg kebetulan sendiri melakukan isolasi mandiri dirumah sepanjang hari apakah harus menggunakan masker setiap waktu dok?



2 tahun yang lalu
Suka
Balas
1

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
4

Gimana Indonesia tahu varian ini udah ada di Indonesia atau belum? Katanya ini lebih mudah menular ya? mirip sama varian Delta dong?

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
5

Halo Ihsan, terima kasih untuk pertanyaannya.


Varian COVID-19 adalah virus COVID-19 dengan mutasi atau "perubahan" pada bentuknya yang dapat menyebabkan perubahan karateristik virus (lebih mudah menular, gejala lebih parah, dll). Cara mengetahui apakah ada varian baru adalah melalui pemeriksaan material genetik dari virus itu sendiri dan kemudian menentukan kode genetik yang ditemukan adalah kode genetik dari varian apa.


Jika kode genetik yang cocok dengan Omicron ditemukan di Indonesia, berarti varian virus ini sudah tiba di negara kita.


Mengenai kemiripan dengan delta, ada sedikit perbedaan (seperti Omicron memiliki lebih banyak mutasi) yang membuat Omicron diduga lebih menular dari Delta. Namun penelitian masih berjalan dan terus berlanjut, Ditunggu yah berita-berita lebih lanjut!

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
3

Dokter Mike,

Semakin banyak COVID-19 mutasi, ada beberapa juga yang katanya mengkhawatirkan, tapi kok kasusnya berkurang banget ya sekarang?

Itu kenapa ya dok?

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
5

Halo Johanes, teirma kasih untuk pertanyaanya.


Jumlah kasus yang terus berkurang merupakan berita yang baik, tetapi diharapkan masyarakat tidak lengah. Di banyak negara selain Indonesia jumlah kasus masih terus naik, bahkan negara seperti Afrika Selatan sedang bersiap-siap untuk menghadapi wave baru COVID-19.


Salah satu alasan yang diduga membantu menurunkan jumlah kasus secara drastis di Indonesia adalah kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pembatasan mobilitas, tingginya angka vaksinasi dan kemungkinan mulai terbentuknya herd immunity. Ada spekulasi bahwa jika ini terus diterapkan dapat mengurangi efek varian yang lebih menular seperti Omicron. Tetapi karena varian ini masih baru dan sedang dalam penelitian, efek penularannya belum diketahui secara jelas.


Untuk saat ini kita harus berusaha dengan tetap meningkatkan jumlah vaksinasi dan sebisa mungkin taat terhadap protokol yang diterapkan.

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
3

Buat yang sudah lengkap divaksin (Sinovac) itu masih aman dari varian ini atau nggak dok?

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
5

Halo Yeni, terima kasih untuk pertanyaanya.


Vaksinasi sudah terbukti ampuh dalam menurunkan jumlah kasus dan jumlah kematian karena COVID-19. Untuk saat ini salah satu penelitian yang sedang gencar dilakukan adalah untuk melihat apakah vaksinasi COVID-19 (apapun jenis vaksinnya) efektif terhadap varian baru ini. Hasil-nya masih belum pasti dikarenakan banyaknya mutasi/perubahan yang terjadi pada varian ini. Namun banyak peneliti setuju bahwa vaksinasi tetap akan membantu dibandingkan tidak di vaksin sama sekali.


Untuk saat ini, tetaplah divaksin secara lengkap ya!

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
2

Apa yang bikin varian ini harus lebih diperhatikan dari pada covid-19 covid-19 sebelumnya dok?

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
5

Halo Erwina, terima kasih untuk pertanyaannya.


Omicron diketahui memiliki lebih banyak mutasi/perubahan yang diduga meningkatkan penularan dan dapat "mengecoh" pertahanan tubuh kita sehingga muncul gejala. Walaupun efek varian ini terhadap mereka yang sudah divaksin masih dalam penelitian, sudah cukup diketahui bahwa mutasi pada lapisan luar varian ini meningkatkan tingkat penularan pada manusia.


Pada dasarnya, yang ditakutkan adalah varian ini mudah menular dan dapat menyebabkan gejala berat -- yang kemudian dapat meningkatkan angka kematian. Di Afrika Selatan (tempat dimana varian ini ditemukan) saat ini angka kasus aktif sudah mulai meningkat drastis, namun utnuk melihat apakah gejala makin buruk dan apakah angka kematian turut meningkat, butuh waktu lebih lama.


Untuk sedikit info lebih lanjut mengenai Omicron, bisa dibaca pada tautan berikut:

https://hellosehat.com/infeksi/covid19/varian-omicron/

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
3
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan