🔥 Diskusi Menarik

Tanya Dokter ttg DBD

Kriteria kulit/darah/organ seperti apa yang di cari oleh nyamuk dok? Soalnya ketika saya dan teman dalam satu ruangan, dia merasakan ada gigitan nyamuk sedangkan saya tidak sama sekali tapi saya melihat memang ada nyamuk satu atau dua. Kami sama sama bersih dan wangi (dalam artian tidak jorok, tidak bau). Seperti apa kriteria yang nyamuk cari dok?

0
17k
3 komen

3 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Nyamuk memiliki beberapa kriteria yang mereka cari saat mencari mangsa untuk menggigit.

Beberapa faktor yang memengaruhi ketertarikan nyamuk terhadap seseorang meliputi:

  1. Bau Tubuh: Nyamuk tertarik pada bau tubuh manusia, terutama bau yang dihasilkan oleh keringat. Bau tubuh yang kuat atau berbau manis dapat menarik perhatian nyamuk.
  2. Karbondioksida: Nyamuk juga mendeteksi keberadaan karbondioksida yang dihasilkan saat kita bernapas. Orang yang menghasilkan karbondioksida lebih banyak atau pernapasannya lebih berat mungkin lebih menarik bagi nyamuk.
  3. Asam Laktat: Asam laktat yang dihasilkan oleh tubuh manusia juga bisa menjadi faktor penarik bagi nyamuk. Orang yang mengeluarkan lebih banyak asam laktat, seperti saat berolahraga, mungkin lebih rentan terhadap serangan nyamuk.
  4. Suhu Tubuh: Suhu tubuh yang lebih tinggi atau tubuh yang lebih panas dapat menarik perhatian nyamuk, terutama spesies nyamuk tertentu yang lebih aktif pada suhu tertentu.
  5. Warna Kulit: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nyamuk tertarik pada warna kulit tertentu, terutama warna gelap. Namun, faktor ini mungkin tidak terlalu dominan dibandingkan dengan faktor lain seperti bau tubuh.
  6. Produk Kimia pada Kulit: Penggunaan produk seperti lotion atau parfum tertentu juga dapat mempengaruhi ketertarikan nyamuk terhadap seseorang.
  7. Genetika: Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam seberapa menarik seseorang bagi nyamuk. Beberapa orang mungkin secara alami lebih rentan terhadap serangan nyamuk daripada yang lain.


Dalam situasi Anda yang mengalami perbedaan respon terhadap gigitan nyamuk dibandingkan dengan teman Anda, faktor-faktor seperti bau tubuh, produksi karbondioksida, atau asam laktat mungkin berperan. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada spesies nyamuk dan kondisi lingkungan tempat Anda berada.


Semoga sehat selalu,

Salam, dr. Syifa.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Kriteria kulit/darah/organ seperti apa yang nyamuk sukai atau dicari dok? Soalnya saya dan teman dalam satu ruangan cuman teman saya yang mengalami digigit nyamuk sedangkan saya tidak sama sekali. Kami bisa dibilang bersih, wangi, sama sama dalam keadaan sehat juga. Kira kira apa yang dicari oleh nyamuk?

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Maaf, tetapi saya tidak dapat memberikan jawaban yang detail dan akurat terkait pertanyaan Anda tentang kriteria kulit/darah/organ yang dicari oleh nyamuk dalam konteks DBD. Saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli penyakit menular untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat mengenai hal tersebut. Mereka akan dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dan sesuai dengan pengetahuan medis terkini.
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan