🔥 Diskusi Menarik

Saya sakit apa dok?

Jadi sekitar seminggu yang lalu dibagikan selangkang*n saya ada ruam merah berbentuk lingkaran di bagian dada (bukan payudara)terus beberapa hari kemudian nyebar di bagian ketiak sampai membentuk seperti darah yang mengendap ,ciri" nya seperti kurap tapi rasanya tidak gatal sama sekali hanya saja saat panas terkena keringat rasanya seperti panas,sampai saya putuskan untuk memakai salep daktarin anti jamur,setelah itu sudah agak mendingan ada sisik kering di ruam tsb,ruamnya tidak tambah dsn tidak berkurang ,namun. Beberapa hari kemudian saya haid dan ruam nya kembali muncul dengan ukuran kecil" seperti biang keringat di ketiak sebelah kanan juga,dan sekarang ada di lipatan leher dan lipatan lutut dalam juga,sekarang saya pakai bedak salicylic agak perih dikit tapi tetep yang kemarin mengelupas kulitnya,sebenernya saya sakit apa ya dok berdasarkan ciri" yang sudah saya jelaskan?semoga sedikit ada pencerahan terimakasih

0
18k
2 komen

2 komentar

Halo Sobat sehat, terimakasih atas pertanyaannya.


Gatal hingga muncul Bentol dan ruam pada lipatan tubuh seperti selangkangan, ketiak tubuh dan muncul gatal panas saat berkeringat bisa disebabkan tersering karena biang keringat atau miliaria hingga infeksi jamur namun tetap perlu dicaritahu sebab lainnya dengan melihat bentuk lesi kulitnya.


Seringkali juga akibat alergi sesuatu, infeksi virus atau infeksi bakteri, jamur, tungau kasur, kutu dan masih banyak lagi.


Kutu juga dapat menyebabkan gatal, salah satu yang sering yaitu skabies, namun ini dapat menyerang seluruh anggota keluarga dalam satu rumah karena kontak erat dapat menularkan.


Penyebab lain yaitu gatal di kulit karena alergi terhadap sesuatu. Ini juga sulit sembuh apabila terus terkena hal yang mencetuskan gatalnya. Maka perlu dihindari pencetus gatalnya.


apabila curiga alergi, salah satu triknya yaitu Mencatat. Catat apa saja makanan yang dimakan atau hal apa saja yang memicu gatal muncul dan bisa membuat gatal.

Kapan muncul gatal, apakah saat cuaca tertentu atau habis melakukan apa atau makan apa. sebisa mungkin coba dicatat untuk bahan evaluasi kemudian bisa dihindari pencetusnya.


Hal lainnya yang perlu diperhatikan:

- hindari dahulu menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu banyak, cukup mandikan lalu keringkan dengan handuk lembut, hentikan dulu menggunakan produk perawatan kulit di area tersebut


- bersihkan dan jemur kasur dibawah terik matahari, pastikan bersih dari tungau


-perhatikan gejala penyerta lain seperti demam, batuk atau pilek


- perhatikan apakah gatal semakin banyak atau menyebar


- apakah ada kontak dengan orang yang gatal atau tidak


- apakah ada demam atau tidak


- Mandi juga penting karena tujuan mandi adalah untuk membersihkan tubuh, apabila tidak mandi yang dikhawatirkan justru akan ada infeksi sekunder atau infeksi yang semakin bertambah karena tubuhnya kotor.


- pastikan kulit tidak kering,, gunakan pelemban, hindari paparan AC terlalu lama karena bisa membuat kulit kering dan gatal


- cek apakah di rumah ada yang gatal juga



Apabila poin-poin diatas sudah dievaluasi namun masih gatal, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) terdekat untuk evaluasi lanjutan dan pengobatan yang tepat.


Semoga membantu, terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan deskripsi yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami infeksi jamur kulit seperti kurap atau tinea versicolor. Gejala yang Anda alami, seperti ruam merah berbentuk lingkaran yang tidak gatal, ruam yang muncul kembali setelah beberapa hari, dan perasaan panas saat terkena keringat, sesuai dengan gejala infeksi jamur kulit. Penggunaan salep anti jamur seperti Daktarin adalah langkah yang tepat untuk mengobati infeksi jamur kulit. Namun, jika ruam masih muncul kembali atau menyebar ke area lain, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter umum untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Selain itu, penggunaan bedak salicylic yang menyebabkan sedikit perih mungkin membantu mengurangi peradangan dan mengelupas kulit. Namun, jika perih tersebut terasa tidak nyaman atau ruam tidak membaik, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter. Penting untuk diingat bahwa hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis yang akurat berdasarkan pemeriksaan langsung. Jadi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Semoga segera pulih dan semakin baik. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
1
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan