🔥 Diskusi Menarik

Pengobatan sakit sifilis

Saya terkena penyakit sifilis apa ada obat untuk pereda rasa gatal


0
19k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


Kemungkinan keluhan yang anda hadapi karena infeksi menular seksual yaitu sifilis. Raja singa atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Gejala sifilis diawali dengan munculnya luka yang tidak terasa sakit di area kelamin, mulut, atau dubur. Luka atau ulkus pada area kelamin yang menjadi gejala sifilis (sipilis) sering kali tidak terlihat dan tidak terasa sakit sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Meski begitu, pada tahap ini, infeksi sudah bisa ditularkan ke orang lain. Tanpa penanganan yang cepat dan tepat, sifilis dapat merusak otak, jantung, dan organ lain. Pada ibu hamil, infeksi juga berbahaya karena dapat menyebabkan kondisi janin tidak normal, bahkan kematian pada bayi. Oleh karena itu, kondisi ini perlu didiagnosis dan diobati sedini mungkin.


Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita raja singa. Bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui melalui kontak fisik dengan luka di tubuh penderita. Gejala sipilis digolongkan sesuai dengan tahap perkembangan penyakitnya. Tiap jenis sifilis memiliki gejala yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

- Sifilis primer -> Sifilis jenis ini ditandai dengan luka (chancre) di tempat bakteri masuk.

- Sifilis sekunder -> Sifilis jenis ini ditandai dengan munculnya ruam pada tubuh.

- Sifilis laten -> Sifilis ini tidak menimbulkan gejala, tetapi bakteri ada di dalam tubuh penderita.

- Sifilis tersier -> Sifilis ini dapat menyebabkan kerusakan otak, saraf, jantung, atau organ lain.


Dokter biasanya akan melakukan diagnosis penyakit sifilis ini dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Pemeriksaan darah tersebut dilakukan untuk mendeteksi antibodi terhadap bakteri sifilis. Ada dua jenis pemeriksaan darah untuk diagnosis sifilis, yaitu:

- Tes VDRL (Venereal Disease Research Laboratory).

- Tes TPHA (Treponema Pallidum Haemagglutination).


Langkah pengobatan sifilis dilakukan sesuai dengan tahapannya. Bagi penderita sifilis primer dan sekunder, dokter akan mengobatinya dengan menyuntikkan antibiotik ke dalam otot. Sedangkan, untuk penderita sifilis tersier akan mendapatkan antibiotik melalui jalur intravena (infus). Untuk ibu hamil penderita penyakit sifilis juga akan mendapatkan penanganan yang sama dengan pengidap sifilis tersier. Setelah mendapatkan pengobatan, penderita sifilis akan melakukan pemeriksaan darah kembali untuk memastikan bahwa infeksi telah sembuh total.


Untuk meredakan rasa gatal, anda dapat menggunakan obat alergi seperti cetirizine, loratadine, dll. Sebaiknya and berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pengobatan yang tepat.


Sekian dan terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Pengobatan sifilis biasanya melibatkan penggunaan antibiotik, terutama penisilin. Obat ini biasanya diberikan dalam bentuk injeksi. Jika Anda mengalami rasa gatal yang tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat antihistamin yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan gejala tersebut. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan