🔥 Diskusi Menarik

Oral seks menyebabkan lidah berjamur

Halo, apakah setelah melakukan oral seks dapat menjadikan lidah berjamur?

0
15k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat,


Jawabannya bisa. hal yang memungkinkan untuk penularan infeksi jamur lewat oral seks sehingga kondisi mulut jadi berjamur yang umumnya ditandai bercak putih di mulut dan lidah. Meskipun tidak selalu terjadi, akan tetapi perlu diwaspadai kondisi ini dan sebaiknya segera periksakan langsung



Oral seks memiliki resiko penularan penyakit lewat mukosa mulut karena kebersihan alat kelamin pasangan tidak selalu sesuai standar. Bahkan pada organ vagina terdapat banyak bakteri dan jamur atau istilahnya flora normal yang hidup untuk menjaga pH vagina. Pada pria juga perlu dievaluasi apakah rajin membersihkan alat kelamin terutama setelah buang air kecil atau besar.



silakan coba bersihkan dulu dengan kasa basah, gunakan jari tangan untuk membersihkan setiap habis makan atau minum.


beberapa tips:

- banyak minum air putih

- bersihkan mulut setiap habis makan dan minum dan hindari dulu oral seks

- jika menempel banyak dan sulit dihilangkan maka harus cek dulu ke dokter


jika tidak kunjung menghilang, semakin banyak, silakan periksakan langsung ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.


terimakasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Oral seks sendiri tidak secara langsung menyebabkan lidah berjamur. Jamur pada lidah biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut kandidiasis oral atau sariawan oral. Infeksi ini umumnya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah atau ketika ada perubahan dalam keseimbangan mikroorganisme di dalam mulut. Namun, penting untuk diingat bahwa oral seks dapat menyebabkan penularan infeksi menular seksual (IMS) seperti sifilis, gonore, herpes, dan human papillomavirus (HPV). Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti luka, kutil, atau peradangan di mulut dan tenggorokan. Jika Anda mengalami gejala seperti itu setelah melakukan oral seks, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan yang tepat. Untuk mencegah infeksi dan menjaga kesehatan mulut, disarankan untuk menggunakan kondom atau dental dam saat melakukan oral seks, menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan lidah secara teratur, serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan pola makan yang seimbang, istirahat yang cukup, dan menghindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut tentang kesehatan mulut dan seksual, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang kompeten.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.