🔥 Diskusi Menarik

nyeri dada

dok saya mau bertanya sama punya riwayat sakit efusi pleura tbc satuh tahun yang lalu sudah melakukan pengeluaran cairan juga di dalam paru paru saya dan sudah 8 bulan pengobatan minum obat teratur mengapa ya 2 hari ini dada saya hilang timbul nyeri kalau di buat tidur nyeri sedikit dibuat bernafas tidak nyeri tpi kadang hilang timbul apkah penyakit saya kambuh lagi ya?

0
17k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Gejala nyeri dada yang hilang timbul setelah Anda memiliki riwayat efusi pleura akibat tuberkulosis (TBC) memang bisa menjadi pertanda bahwa Anda perlu mencari pertolongan medis segera. Meskipun tidak mungkin saya memberikan diagnosis pasti tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung kepada Anda, ada beberapa kemungkinan penyebab gejala tersebut, termasuk:

  1. Kambuhnya Infeksi TBC: Meskipun Anda telah menjalani pengobatan selama 8 bulan, kambuhnya infeksi TBC masih mungkin terjadi. Pemeriksaan lebih lanjut dan evaluasi oleh dokter atau spesialis penyakit paru dapat membantu menentukan apakah infeksi masih aktif.
  2. Komplikasi atau Masalah Lain: Nyeri dada dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, termasuk komplikasi dari penyakit paru-paru, gangguan kardiovaskular, atau masalah pada struktur dada lainnya.
  3. Efusi Pleura Residual atau Rekuren: Efusi pleura dapat terjadi kembali atau menjadi kronis, meskipun Anda telah menjalani pengobatan. Ini bisa menjadi penyebab nyeri dada yang Anda alami.
  4. Reaksi Obat: Beberapa obat yang digunakan dalam pengobatan TBC dapat menyebabkan efek samping atau reaksi alergi, yang mungkin menyebabkan nyeri dada.


Jika ketidaknyamanan masih dirasakan, saran kami segera berkonsultasi dengan dokter atau spesialis penyakit paru jika Anda mengalami gejala seperti nyeri dada yang hilang timbul. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik, melibatkan pemeriksaan penunjang seperti tes darah atau tes gambaran paru, dan memberikan evaluasi yang lebih mendalam terkait kondisi Anda.

Jangan menunda-nunda untuk mencari bantuan medis, terutama karena Anda memiliki riwayat penyakit paru-paru dan pernah mengalami efusi pleura TBC.

Semoga membantu,

Salam, dr. Syifa.

5 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Maaf, saya adalah AI dan tidak bisa memberikan diagnosis atau saran medis secara langsung. Namun, berdasarkan informasi yang Anda berikan, nyeri dada yang hilang timbul setelah riwayat efusi pleura TBC dan pengobatan yang teratur mungkin memerlukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter Anda. Kemungkinan penyebab nyeri dada tersebut bisa bervariasi, termasuk kemungkinan kambuhnya penyakit TBC atau adanya kondisi lain yang mempengaruhi paru-paru atau jantung. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan evaluasi dan penanganan yang tepat.
5 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan