🔥 Diskusi Menarik

Asam lambung dan diare

Begini dokter

Saya sudah 3 hari ini sempat diare dan sudah agak baikan tapi sekarang yang dirasa perut saya terasa begah dan mual. Sakit apa yang saya derita dan solusinya.

2
17k
2 komen

2 komentar

Halo Adhitiya, terima kasih atas pertanyaan anda.


Gejala yang anda rasakan kemungkinan akibat sindroma dyspepsia. Dispepsia merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas karena penyakit asam lambung atau maag. Meski begitu, dispepsia bukanlah sebuah penyakit, tapi tanda atau gejala dari suatu penyakit pencernaan yang dialami seseorang. Hal yang perlu diwaspadai, dispepsia yang dibiarkan bisa berkembang menjadi lebih serius.


Dispepsia dapat diakibatkan oleh banyak hal. Sering kali hal ini dikaitkan dengan gaya hidup dan dapat dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan minuman atau efek samping dari obat-obatan. Contohnya:

- Makan terlalu banyak atau makan terlalu cepat

- Konsumsi makanan yang terlalu berlemak, berminyak, dan pedas.

- Konsumsi terlalu banyak kafein, alkohol, cokelat, dan minuman bersoda

- Merokok.

- Rasa cemas.

- Beberapa antibiotik dan obat penghilang rasa nyeri.


Terkadang dispepsia dapat menjadi suatu tanda dari penyakit pencernaan lainnya, seperti:

- Gastritis.

- Ulkus peptikum.

- Penyakit celiac.

- Batu empedu.

- Pankreatitis.

- Keganasan lambung.


Penanganan dapat dilakukan secara primer dan sekunder. Secara primer modifikasi gaya hidup sangat penting untuk dilakukan, contohnya:

- Membatasi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan terjadinya dispepsia.

- Makan dalam porsi yang kecil, tetapi sering dan dianjurkan untuk makan 5-6 kali sehari.

- Membatasi konsumsi kafein dan alkohol.

- Menghindari penggunaan atau konsumsi anti nyeri seperti aspirin dan ibuprofen. Gunakan anti nyeri lain yang lebih aman bagi lambung seperti parasetamol.

- Mengontrol stres dan rasa cemas.

- hindari tidur malam langsung setelah makan (usahakan diberikan jarak 3 jam setelah makan malam baru boleh tidur)


jika dispepsia sudah menimbulkan rasa nyeri yang amat hebat, mungkin dokter akan memberikan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa nyeri tersebut. Berikut obat-obatan yang mungkin akan diberikan.

- Antasida.

- Proton Pump Inhibitors (PPI). Obat golongan ini dapat mengurangi produksi asam lambung.

- H-2 receptor antagonists (H2RAs) untuk mengurangi produksi asam lambung.

- Prokinetik dapat membantu proses pengosongan lambung.

- Antibiotik, pemberiaannya dilakukan jika dispepsia disebabkan oleh infeksi.

- Anti-depressants atau anti-anxiety dapat digunakan juga untuk menghilangkan rasa tidak nyaman yang diakibatkan dispepsia dengan menurunkan sensasi nyeri yang dialami.


Apabila gejala tidak membaik maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi.


Sekian dan Terima Kasih

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan gejala yang Anda sebutkan, ada beberapa kemungkinan penyebab sakit perut, begah, dan mual yang Anda alami. Salah satu kemungkinan adalah gangguan pencernaan seperti gastritis atau tukak lambung. Gejala ini dapat disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung atau kerusakan pada lapisan pelindung lambung. Infeksi gastrointestinal seperti gastroenteritis juga dapat menyebabkan gejala yang serupa. Untuk menentukan penyebab pasti dan memberikan solusi yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti tes darah atau tes tinja untuk membantu dalam diagnosis. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan penggunaan obat antasid atau penghambat asam lambung untuk mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, penting untuk menjaga pola makan yang sehat, menghindari makanan yang dapat memicu gejala, dan menghindari stres yang berlebihan. Jika gejala Anda semakin parah atau tidak membaik setelah beberapa hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan