🔥 Diskusi Menarik

Sering dikritik kalau tidak makan

Saya sudah biasa puasa sehingga sehari tidak makan tidak apa2. Tapi setelah kena COVID 19 kalau sehari tidak makan selalu dikritik sehingga bosan. Sekarang bisa kuat tidak makan 2-3 hari karena sudah biasa puasa. Kalau sudah lapar sekali dan lemas baru makan. Karena di rumah sering bad mood tapi di luar rumah tidak. Karena setelah putus dengan pacar ketiga belum dapat jodoh lagi sampai sekarang. Jadi apakah perlu obat perangsang nafsu mkn dan menghilangkan bad mood?

0
63k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda


Bagaimanapun kondisi anda, anda tetap berharga.

Sebaiknya memperbanyak waktu berdialog dengan diri sendiri. Dengan melakukan introspeksi secara berkala, maka anda lebih mudah menyadari dan menerima kelebihan dan kelemahan yang anda miliki, serta lebih mudah menemukan tujuan hidup dan kebutuhan diri anda.


Adapun yang dapat anda lakukan lainnya, yaitu menuliskan seluruh isi pikiran dan perasaan anda pada kertas secara berkala tanpa terkecuali. Kegiatan ini dikenal dengan istilah jurnaling, di mana dapat dilakukan setiap hari sehingga pikiran dan perasaan tersebut tidak hanya menumpuk dalam diri anda, serta dapat membantu mengenali kondisi anda yang sebenarnya. Terkadang kita memunculkan pikiran otomatis yang seolah-olah jauh lebih buruk dari yang sebenarnya terjadi. Jangan lupa untuk melatih diri berpikir positif dan lebih rasional.

Anda juga dapat menuliskan minimal 3 hal yang dapat disyukuri setiap hari (tidak harus hal yang besar, tetapi hal kecil juga termasuk), sehingga dapat membantu anda untuk lebih memaknai hidup dan memiliki pandangan dari sudut pandang lainnya. Anda dapat menggunakan energi yang anda miliki untuk mengendalikan hal yang dapat dikontrol, seperti mengendalikan respon (pikiran, perasaan, perilaku, dan sebagainya) terhadap stimulus/ kondisi yang tidak menyenangkan yang anda peroleh dari lingkungan.


Selain itu, anda juga perlu mengembangkan sikap memaafkan dan berterima kasih bagi diri sendiri dan sekitar. Anda telah berupaya menjadi yang terbaik. Anda tidak perlu malu untuk menceritakan permasalahan anda kepada orang terdekat yang anda percaya agar tidak merasa sendirian dan terasingkan.


Jangan ragu untuk memeriksakan diri anda ke psikolog/ psikiater jika keluhan berlanjut atau bertambah parah.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, saya ingin memberikan beberapa saran: 1. Mengenai kritikan karena tidak makan: Meskipun Anda sudah terbiasa puasa dan merasa kuat untuk tidak makan selama 2-3 hari, tetaplah penting untuk memperhatikan kesehatan Anda. Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, terutama setelah Anda pulih dari COVID-19. Cobalah untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang meskipun Anda puasa. 2. Mengenai perasaan bad mood dan kesulitan dalam mencari jodoh: Putus cinta memang bisa mempengaruhi suasana hati seseorang. Penting untuk memberikan waktu bagi diri sendiri untuk menyembuhkan luka dan merawat kesehatan mental. Jika Anda merasa terlalu sering merasa bad mood di rumah, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional seperti psikolog atau konselor. 3. Mengenai obat perangsang nafsu makan dan menghilangkan bad mood: Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dokter akan dapat memberikan saran yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan Anda. Selain itu, penting untuk mencari solusi yang sehat dan alami untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi bad mood, seperti olahraga, meditasi, atau terapi. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengatasi masalah ini, jangan ragu untuk mencari bantuan dari tenaga medis atau profesional kesehatan mental. Semoga Anda segera mendapatkan keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin ditanyakan?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan