🔥 Diskusi Menarik

Q&A: Merasa Work-Life Kamu Nggak Balance? Yuk Tanya Psikolog Ririn!

Tidak semua orang sadar bahwa mereka cenderung lebih mementingkan pekerjaan daripada kehidupan pribadinya. Ini tandanya hidup dan pekerjaan Anda sudah tidak seimbang. Jika dibiarkan terlalu lama, bukan hanya kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental taruhannya.


Merasa work-life kamu nggak balance? Yuk tanya Ririn Nur Abdiah Bahar, S.Psi., M.Psi., Psikolog di kolom komentar!

Q&A: Merasa Work-Life Kamu Nggak Balance? Yuk Tanya Psikolog Ririn!Q&A: Merasa Work-Life Kamu Nggak Balance? Yuk Tanya Psikolog Ririn!
11
64k
163 komen

163 komentar

halo dok, saya usia 35 tahun perempuan dan belum menikah, saya tinggal dengan ibu saya dan 1 ekor kucing jantan, saya bekerja sebagai dosen swasta dan juga menjadi auditor di tempat saya bekerja yang setiap harinya penuh tekanan dan masalah. saya pribadi yang 9 tahun lalu ekstrovet dan sekarang menjadi introvet. saya dikenal di kalangan seorang yang "lebih baik di jauhi" dan saya menunjukkan bahwa mereka tidak penting, tetapi di dalam hati, saya sangat sedih karena mereka menyingkirkan saya, yang dimana penyebabnya adalah pekerjaan saya, karena mereka 1 pekerjaan dengan saya walau di divisi yang berbeda. awalnya saya dikecewakan satu per satu oleh teman saya, sehingga saya membuat tameng, dan akhirnya mereka merasa saya lebih baik dihindari. dari luar saya membangun image saya jutek, tidak peduli, fokus, orang yang tidak menerima alasan, dan blak-blak an, padahal saya orang yang amat sangat panikan, dan memikirkan semua hal terlalu jauh, contoh jika ibu saya sakit atau kucing saya menunjukan gejala yang tidak normal saya di dalam hari stres dan uring-an, tetapi tidak saya perlihatkan, saya bisa panik, stres berbulan-bulan memikirkan sesuaitu hal dan tidak memperlihatkan atau membicarakan kepada siapapun karena saya sudah tidak lagi percaya dengan siapapun, dan kekeluarga saya tidak mau bahas karena saya tidak mau membebani. kelemahan terbesar saya adalah emosi. ya saya amat sangat gampang marah dan tersinggung tetapi tidak memperlihatkan semua nya kepada orang lain, saya sibuk berperang di dalam hati. sekarang masalah saya adalah saya gampang cemas, gampang panik, ketakutan, tidak bisa konentrasi kerja, dan sering merasa sedih tiba-tiba, dan selalu merasa marah kepada banyak hal. apa yang harus saya lakukan dok? atau apa yang harus saya minum ?

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Hi ... Situasi saya sama seperti kamu... Cuma saya udah menikah... Sebelum ni saya bekerja aja... Cari uwang.. Cuma start hamil, saya nggak bisa kerja dan saya nggak bisa kerja kerna saya punyai sakit ,,😓😓😓😓... Suami juga jauh kerna kerja,

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

halo dok, saya usai sudah 33 . usia pernikahan udah menginjak 10 tahun.

selama itu pula saya banyak menahan sabar atas perilaku suami saya, saya selalu coba selalu mengalah dan memahami dia, dia pengangguran mncoba bekerja pesimis duluan karena hanya lulusan SMA. ahirnya terdorong utuk usaha mandiri. tapidia orangnya cepat puas dengan hasil yang seadanya.

ahirnya sy coba mengerti saya pun ikut bekerja, nmyn ket8ka sy bekerja dia selalu byk aturan, ser8ng merajuk, marah marah tiba tiba pd saya sama anak juga.


sampe titik lelah saya memuncak karena depresi dengan t8ngkah suami saya, sy stres mengalah trs, saya komunikasikan dengan dia dia malah ngamuk. tiap mlm saya menangis, down, cepat lelah, turun berat badan sampai 10 kilo dari 55 jadi 45.


suatu ketika saya sampai terbesit 8ngin bunuh diri, sambil bawa anakanak.


sekarang saya sering melamun, tanpa saya sadari orang sekeliling yang sering melihat, kadang pandangan saya ser8ng kosong. isi kepala ntah apa yg dipikirkan.


apa saya sudah terbilang diagnosa depresi dok?? apa perlu ke psikolog?!

yang pasti saya lakoni sekarang mendekatkan pd yg maha kuasa, namun saya ingin total j7ga apa perlu ke psikolog? terimakasih dok

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Hallo dok, saya Ade umur 27 tahun. Saya mengalami penyakit kulit seperti di gambar sudah lebih dari 2 Minggu. Awalnya saya pikir kutu air lalu saya oleskan salep 88, biasanya sembuh tetapi ini tidak sembuh. Saya oleskan salep canesten(salep jamur) juga tidak sembuh. Adakah salep rekomendasi dari dokter?


Terimakasih

Q&A: Merasa Work-Life Kamu Nggak Balance? Yuk Tanya Psikolog Ririn!Q&A: Merasa Work-Life Kamu Nggak Balance? Yuk Tanya Psikolog Ririn!
1 tahun yang lalu
Suka
Balas
@sscarhs2 sscarhs2

Coba pake Huangse salep gan,ada di shopee itu bgs utk penyakit kulit yg bahkan sdh menahun

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Hallo dok, saya Marice umur 20th. Singkatnya saya merasa stak (gagal move on) di kehidupan saya. Dulu saya sempat tinggal di kota B selama 10 tahun lamanya, dan pindah ke kota M sudah 10 tahun hingga sekarang. Tapi saya setiap ingin tidur selalu suka mendengar suara keheningan contohnya seperti suara jangkrik, burung, motor lewat yang dari jalan besar, suara rel kreta api dan lain lain. Hal ini membuat perasaan saya tenang dan suka dengan keadaan seperti itu dan selalu merasakan kalau saya masih baru pertama kali datang ke kota M ini karena dulu waktu saya mudik selalu suka dengan kesunyian ini, ternyata saya secara tidak sadar telah menetap di kota M ini sudah 10 tahun lamanya dan bahkan atau mungkin saya tidak akan kembali lagi ke kota B tersebut. Pemikiran saya setiap harinya selalu begini apabila saya merasakan kesunyian ini seakan akan saya hanya singgah mudik sebentar saja di kota M ini dan akan kembali ke kota B. Dan saya selalu merasakan kalau saya menetap di kota B terus dan tidak pernah pindah ke kota M. Saya baru sadar akhir akhir bulan ini 2023 mei ternyata saya sudah menjadi warga di kota M bahkan bisa di katakan saya sudah jadi penduduk pribuminya kota M. Menyadari hal itu saya berpikir seperti saya ini sedang bermimpi dengan lamanya, deskripsi seperti ini apakah suatu kelainan terhadap diri saya atau hanya mood swing pada diri saya? Terimakasih.

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
@laura Ikhsa

Halo Mba Marice

Sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan psikolog ketika kondisi ini sudah mengganggu anda menjalani keseharian, agar dapat membantu anda memetakan permasalahan dan menemukan alternatif solusi yang dapat dilakukan. Untuk mengetahui kondisi mental seseorang tentu diperlukan asesmen/ pemeriksaan mendalam oleh profesional dan tidak dianjurkan untuk melakukan self diagnose.

Semoga membantu ya

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Halo dok,saya mau tanya obat atau salep untuk bekas luka agar bekasnya hilang itu salep apa ya dok yang bagus karna bekasnya udah lama tapi ga hilang"

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Halo dok, boleh tanya?. Saya mudah sekali kena flu jika mengkonsumsi air dingin (es), atau sy tidak terlalu kuat dengan cuaca dingin dan seringkali flu. lalu ada yg menyarankan untuk merokok (saya tidak merokok) alasannya menghakatkan paru-paru. benar kah dok?

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

halo dok, boleh tanya tanya bntr. tadi saya kan lagi buang air kecil, tapi warna nya agak kemerahan, biasanya kan warna kuning atau putih, itu hal yg wajar apa gimana dok?

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
1

Love you dok

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

halo, selamat pagi dok


dok, bagaimana mengatasi pribadi yang jahat ?

saya merasa lelah dengan diri saya sendiri

saya tidak mampu berdamai dengan diri sendiri

saya bingung dan lelah....apakah dokter bisa membantu ?

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
@Ririn Nur Abdiah Bahar, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Dok bagaimana caranya untuk menjauhi orang orang yang jahat contohnya mantan pacar , saya ingin benci tapi tidak bisa mau move oN juga tidak bisa

solusi nya bisa minum obat penenang kah?

karna ganggu Abg mental saya gak tenang gak karuan

11 bulan yang lalu
Suka
Balas
@Presticious Football

Halo

Memperbanyak waktu berdialog dengan diri sendiri, tanyakan pada diri “siapa kamu? Kamu mau diingat orang sebagai yang seperti apa?, dll”. Dengan melakukan introspeksi secara berkala, maka anda lebih mudah menyadari, menerima, dan evaluasi kelebihan dan kelemahan yang anda miliki. Kenali pikiran yang membuat anda merasakan sulit berdamai dengan diri sendiri, serta emosi yang muncul sehingga lebih mudah mengatasinya. Terkadang pikiran kita memikirkan berbagai hal yang seolah-olah yang dialami lebih buruk dari yang sebenarnya terjadi. Selain itu, anda juga perlu mengembangkan sikap memaafkan dan berterima kasih bagi diri sendiri dan sekitar. Anda tidak perlu malu untuk menceritakan permasalahan anda kepada orang terdekat yang anda percaya, lalu meminta feedback.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri anda ke psikolog jika keluhan berlanjut atau bertambah parah agar tertangani dengan tepat.


1 tahun yang lalu
Suka
Balas
@Presticious Football

Bersih kan hati, kembali kepada perintah tuhan mu...

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Halo, Selamat malam, Dok, Saya mau tanga Apakah pelupa di usia 25 tahun termasuk penyakit Dok? Dan bagaimana tips hidup biar nda mudah pelupa, Dok ? Mohon bantuannya, Dok🙏

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
@nurul islamiati

Halo Mba Nurul


Sulit mengingat suatu kejadian atau informasi bisa terjadi karena berbagai faktor. Dengan demikian diperlukan untuk memeriksakan diri anda segera ke dokter spesialis saraf (neurologi), agar anda dapat mengetahui kondisi anda yang sebenarnya dan segera pula memperoleh penanganan yang tepat.


Namun, beberapa cara yang dapat anda lakukan yang mungkin saja bisa membantu anda mengatasi hal tersebut yaitu, menjalankan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup dan berkualitas, menjaga pola makan dengan nutrisi tercukupi, mengelola stress dengan baik. Selain itu, anda dapat menggunakan pengingat di gadget, atau menuliskan kejadian dan informasi penting pada kertas pengingat yang ditempelkan pada dinding/ tempat yang mudah terlihat.

Semoga membantu ya

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
Lihat 106 komentar lain
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan