🔥 Diskusi Menarik

suntikan bius lokal banyak kali dapat menyebabkan sariawan?

dok, kemarin saya ke dokter sekitar untuk mencabut gigi geraham. tapi ada akar giginya masih ada yang tinggal. tapi disuntikkan bius lokal banyak kali (7-9 kali suntikan). dari situ dibekas suntikan itu muncul sariawan yang banyak. apakah itu hal yang wajar? dan belum sembuh, sudah sekitar 5-6 hari ini. terima kasih sebelumnya

2
44k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Bius lokal pada penabutan gigi geraham umumnya dilakukan dengan teknik infiltrasi 2-3 titik. Namun jika terdapat akar gigi yang tertinggal disertai pasien masih merasakan rasa nyeri selama tindakan, dokter gigi akan melakukan tambahan bius lokal dengan teknik lain, yang disebut iteknik intraligamen, dimanan pembiusan akan dilakukan pada beberapa titik mengelilingi area pencabutan. Walaupun pembiusan dilakukan berkali-kali, seharusnya dokter gigi sudah paham dengan dosis anastesi yang diberikan kepada Anda supaya tetap dibatas normal.

Sariawan yang muncul pada bekas suntikan dapat disebabkan karena adanya trauma pada mukosa bekas penyuntikan. Sariawan ini disebut dengan traumatik ulcer yang sebetulnya termasuk dalam self healing disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari, namun jika kondisi sariawan tidak sembuh melewati waktu batas normal atau sariawan yang Anda alami sudah 5-6 hari ini disertai rasa sakit yang mengganggu aktivitas Anda, saya sarankan sebaiknya Anda dapat kontrol ke dokter gigi Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail dan supaya dokter gigi dapat meresepkan obat tambahan untuk sariawan Anda yang umumnya berbentuk gel atau obat oles.


Demikian, semoga membantu.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Suntikan bius lokal yang diberikan sebanyak 7-9 kali untuk prosedur pencabutan gigi geraham sebenarnya tidak seharusnya menyebabkan sariawan. Namun, dalam beberapa kasus, suntikan yang berulang-ulang dapat menyebabkan iritasi pada jaringan di sekitar area suntikan, yang mungkin menyebabkan sariawan. Sariawan biasanya sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Jika sariawan Anda belum sembuh setelah 5-6 hari, disarankan untuk konsultasi kembali dengan dokter gigi Anda. Dokter mungkin perlu memeriksa kondisi sariawan Anda dan memberikan perawatan tambahan jika diperlukan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengonsumsi makanan lembut, menghindari makanan pedas atau asam, dan berkumur dengan larutan air garam hangat untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Jika Anda mengalami gejala lain seperti demam, pembengkakan yang signifikan, atau nyeri yang tidak tertahankan, segera hubungi dokter Anda. Semoga sariawan Anda segera sembuh dan semoga jawaban ini membantu. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.