🔥 Diskusi Menarik

Dinding pipi dalam urat urat ny merah tajam.

Halo dok,sya ingin bertanya, stelah cabut gigi graham yg impaksi, skarang seperti ada yg mngganjal/sering bengkak gusi,tapi bukan di bekas impaksi ny,justru gigi yg atas ny,dan area pipi dalalam samping gusi yg bengkak,urat urat nya trlihat skali memerah,posisi gigi atas dan yg bawah bekas impaksi sangat amat tidak Nyaman,seprti gusi bngkak, dan nyeri saat di tekan, sangat menggangu, pdhal oprasi impaksi sudah mnginjak 1 tahun.gara gara ini sya sering mggoyang kan mulut samping kanan sya sperti mncari apa yg mngganjal. Di ujung graham, cek ke dokter gigi tidak di jelas kan apa apaktnyantidak ada yg bermasalah, pdhal. Mngganggu sekali, dan hnya di kasih obat nyeri dan peradangan, tapi itu ga membantu sm sekali

3
44k
3 komen

3 komentar

Dok saya mau tanyak dinding pipi saya ad benjolan mengakibatkan susah buka mulut ( manggap ) itu knpa ya dok

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Pasca tindakan pencabutan gigi geraham bungsu yang impaksi, sering kali menyebabkan gigi lawannya, yaitu ada kasus Anda gigi atas bergerak turun menuju ruang yang kosong, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya keradangan pada jaringan pendukung disekitar gigi tersebut atau disebut dengan jaringan periodontal, yang terdiri dari gusi, ligamen, sementum, dan tulang alveolar. Keradangan ini disebut juga dengan periodontitis. Efek samping dari turunnya gigi rahang atas ini adalah sering kali menyebabkan mukosa sekitarnya, seperti pipi bagian dalam, atau gusi dibawanya tergesek bahkan tergigt berulang kali, sehingga terjadi iritasi pada mukosa, yang dapat ditandai dengan mukosa menjadi kemerahan seperti pada kasus Anda bahkan urat-urat terlihat kemerahan. Belum lagi apabila gusi dan pipi bekas pencabutan gigi impaksi Anda ini tidak sembuh dengan sempurna atau terbentuk jaringan parut pada gusi dan pipi bagian dalam, sehingga bentuk mukosa lebih menonjol dan pasti akan terasa mengganjal, maka resiko tergeseknya atau tergigitnya mukosa tersebut lebih besar lagi. Pada kondisi seperti ini, obat-obatan yang diminum secara oral tidak dapat menghilangkan keluhan Anda, namun hanya meredakan sementara waktu saja. Selama tidak dilakukan penanganan secara langsung baik pada gigi atasnya maupun mukosa bekas pencabutan gigi impaksi, keluhan kemungkinan akan tetap ada.

Saran saya sebaiknya Anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan kondisi Anda ini ke Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut secara langsung, untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail, baik pemeriksaan klinis maupun pemeriksaan penunjang berupa rontgen gigi untuk melihat posisi gigi atasnya dan tulang bekas pencabutan gigi impaksi agar dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda dan menentukan tindakan perawatan yang paling tepat.


Demikian, semoga membantu.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
1

Hai Sobat Sehat,

Saya mohon maaf, saya tidak dapat memberikan saran yang akurat berdasarkan konteks yang Anda berikan. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat terkait kondisi Anda. Mereka akan dapat memberikan diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin saya bantu jawab?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.