🔥 Diskusi Menarik

mual dan minum air putih rasanya manis

dok saya mau bertanya, saya setiap sehabis minum rasa air Putih nya sangat sangat manis seperti di kasih gula, dan kalau sehabis makan saya rasanya mual tapi tidak muntah, itu penyakit apa ya dok

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


Berikut adalah sembilan kemungkinan penyebab dari mulut terasa manis:

1. Masalah Metabolisme -> Masalah metabolisme ini bisa berupa diabetes, ketosis, atau gangguan tiroid. Gangguan metabolisme dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengecap rasa dan membuat mulut terasa manis. Jika Anda diabetes, maka bisa disertai dengan gejala-gejala seperti penglihatan kabur, haus berlebih, sering buang air kecil, dan kelelahan ekstrim.

2. Masalah Neurologis -> Rasa manis di mulut bisa menjadi gejala awal dari masalah neurologis, seperti stroke, gangguan kejang, atau epilepsi. Gangguan fungsi sensorik yang biasanya terjadi akibat stroke dapat memengaruhi indra, termasuk ketika mengenali rasa dan bau.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) -> Pada kondisi GERD, asam lambung naik kembali ke tenggorokan dan mulut sehingga menyebabkan rasa manis.

4. Infeksi di Sinus, Hidung, dan Tenggorokan -> Infeksi bakteri tertentu dapat menyebabkan rasa manis di mulut. Bahkan infeksi yang umum, seperti flu, bisa menyebabkan liur memproduksi lebih banyak glukosa. Glukosa adalah jenis gula.

5. Diet Rendah Karbohidrat -> Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh, dan tanpa itu tubuh akan berganti haluan membakar lemak. Hal ini terjadi karena asupan karbohidrat rendah membuat produksi insulin di dalam tubuh juga menurun. Proses ketosis ini menyebabkan keton menumpuk di aliran darah, dan memunculkan rasa manis di mulut.

6. Kehamilan -> Tak sedikit wanita yang mengalami rasa aneh di mulut mereka pada tahap awal kehamilan. Beberapa wanita menggambarkannya sebagai rasa manis.

7. Obat-obatan -> Beberapa obat bisa menimbulkan rasa manis di mulut. Selain itu, obat kemoterapi juga dapat mengubah indra perasa seseorang.

8. Kanker Paru -> Meski ini penyebab yang tidak umum, tapi jangan sampai diabaikan. Tumor di paru-paru dapat meningkatkan level hormon seseorang dan memengaruhi sensasi rasa dari indra pengecapnya.

9. Ketoasidosis Diabetik -> Komplikasi serius yang disebut ketoasidosis diabetik muncul akibat penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan glukosa (gula darah) untuk sumber energi dan menggunakan lemak sebagai gantinya. Akibatnya, akan terbentuk senyawa yang bersifat asam yang disebut dengan keton dalam jumlah banyak di dalam tubuh, sehingga menyebabkan mulut terasa manis


Oleh sebab itu sebaiknya anda mulai memeriksakan kadar gula darah anda terlebih dahulu atau dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.


Sekian dan terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Gejala yang Anda alami setelah minum air putih yang terasa manis dan merasa mual setelah makan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan pencernaan, intoleransi makanan tertentu, atau gangguan pada lambung. Namun, untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gastroenterologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes tambahan untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala yang Anda alami. Jika gejala tersebut terus berlanjut atau semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan