🔥 Diskusi Menarik

Kesehatan

Halo dok saya ijin bertanya, payudara saya ada bekas korengnya yaitu kaya bekas gatel trs menghitam nah ini sudah lumayan lama kaya berbulan bulan ga sembuh padahal uda dikasih petroleum jelly bagaimana cara mengatasi nya ya dok. Terimakasih

0
44k
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Bekas luka yang tidak kunjung sembuh dan menghitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi, infeksi, atau kondisi kulit lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk membantu menyembuhkan bekas luka tersebut:


Hindari Menggaruk atau Menggosok:

  • Jangan menggaruk atau menggosok area yang terkena karena ini bisa memperburuk iritasi dan menyebabkan lebih banyak pigmentasi.


Pelembap:

  • Lanjutkan penggunaan pelembap seperti petroleum jelly untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi pertimbangkan juga pelembap lain yang mengandung bahan-bahan penyembuh seperti centella asiatica atau aloe vera.

Konsultasi dengan Dokter:

  • Jika bekas luka tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis. Dokter Anda mungkin akan memberikan krim resep.


Saran

  • Pantau Perkembangan: Catat perubahan pada bekas luka selama beberapa minggu setelah mencoba perawatan baru.
  • Cek Kondisi Lain: Jika ada tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau nanah, segera cari perawatan medis.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan bekas luka bisa berangsur-angsur membaik. Jika tidak ada perbaikan, periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, bekas koreng yang tidak sembuh selama berbulan-bulan dan menghitam dapat menjadi tanda adanya infeksi atau masalah kulit lainnya. Saya sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kesehatan lainnya untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes tambahan untuk menentukan penyebab bekas koreng tersebut. Selain itu, dokter juga dapat memberikan perawatan yang sesuai untuk membantu menyembuhkan bekas koreng tersebut. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis. Semoga segera pulih dan sehat kembali. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan