🔥 Diskusi Menarik

Gejala diabetes

di pundak saya ada bercak berwarna coklat dan bersisik, apakah itu bisa di sembuhkan? Dan apa obatnya dok?🙏🙏

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


Penyebab munculnya bercak cokelat di kulit beragam, antara lain:

1. Paparan sinar matahari -> Paparan sinar UV dari matahari dapat menyebabkan timbulnya bercak cokelat di kulit, terutama jika Anda jarang menggunakan tabir surya. Bercak atau bintik cokelat akan timbul pada area kulit yang paling sering terpapar sinar matahari, misalnya pada kulit wajah, lengan, dan kaki.

2. Postinflammatory hyperpigmentation (PIH) -> PIH merupakan hasil dari peradangan kulit yang terjadi akibat adanya infeksi, luka, atau jerawat. Setelah kulit meradang, produksi melanin di area tersebut akan mengalami peningkatan, sehingga menimbulkan noda atau bercak cokelat.

3. Infeksi jamur -> Infeksi jamur tertentu, seperti tinea versicolor, juga dapat menimbulkan bercak cokelat di kulit dan warna kulit tidak merata. Infeksi ini biasanya menyerang kulit di area bahu, punggung, atau dada bagian atas.

4. Melasma -> Melasma merupakan salah satu masalah pigmentasi kulit yang mengakibatkan munculnya bintik atau bercak cokelat di kulit, terutama di area kulit yang sering terpapar matahari. Kondisi kulit ini juga lebih mungkin dialami oleh ibu hamil, orang yang sedang menjalani terapi hormonal, atau penderita penyakit tiroid.

5. Obat-obatan -> Beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari, sehingga menyebabkan timbulnya bercak cokelat di kulit. Obat-obatan tersebut meliputi amiodarone, phenytoin, dan tetracycline.


Selain beberapa penyebab di atas, munculnya bercak cokelat di kulit juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, kekurangan vitamin B12 atau asam folat, dan penyakit Addison.


Risiko munculnya bercak cokelat di kulit umumnya meningkat pada orang yang memiliki kulit terang atau riwayat kulit mudah terbakar matahari (sunburn). Namun, tidak perlu khawatir. Ada sejumlah produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi bercak cokelat di kulit, yaitu:

- Asam azaleat, untuk menghambat produksi melanin

- Niacinamide, untuk mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit

- Asam kojic, untuk memudarkan tampilan bercak cokelat dan mengurangi produksi melanin

- Retinoid, untuk mengurangi dan mengatasi hiperpigmentasi kulit

- Vitamin C, untuk mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit

Beberapa skincare untuk bercak cokelat di kulit umumnya membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, beberapa produk perawatan kulit lebih dianjurkan penggunaannya pada malam hari. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit guna mencegah timbulnya bercak cokelat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan selalu menggunakan tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah, mencuci muka 2 kali sehari, dan mengonsumsi beragam makanan sehat dengan gizi seimbang.


Apabila keluhan semakin memburuk sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.


Sekian dan terima kasih

5 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Maaf, namun berdasarkan konteks yang diberikan, tidak ada informasi yang cukup untuk memberikan diagnosis atau saran pengobatan yang akurat. Bercak berwarna coklat dan bersisik pada pundak dapat memiliki berbagai penyebab yang berbeda, termasuk masalah kulit seperti dermatitis atau infeksi jamur. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis untuk evaluasi yang tepat dan diagnosis yang akurat. Mereka akan dapat memberikan saran pengobatan yang sesuai berdasarkan kondisi Anda.
6 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan