🔥 Diskusi Menarik

Demam pada penderita diabetes d malam hari

Suami saya sudah 5 tahun diabetes beberapa waktu lalu ada insiden yg membuat luka bakar di telapak kakinya. Sudah dilakukan operasi dan saat ini dilakukan homecare oleh perawat untuk perawatannya. Masalahnya beberapa hari ini kalau malam selalu demam diatas 37. Saya berikan parasetamol baru bisa turun. Gula darah sempat diatas 300. Oleh dokter diberikan insulin 10 untuk terapi sebelum makan. Apa penyebab demamnya ya dok, apa karena malam kurang cairan ya. Terima kasih

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda.


penyebab demam pada pasien kemungkinan karena adanya infeksi pada luka bakarnya sehingga infeksi tersebut menyebar ke darah dan bisa terjadi sepsis. Sangat wajar bila saat terjadi luka bakar, gula darah pasien diabetes melitus yang tadinya terkontrol, suatu ketika dapat melonjak menjadi tidak terkendali. Hal itu disebabkan karena sel yang rusak membutuhkan regenerasi ekstra sedangkan sel tubuh sudah mengalami kerusakan dari awal akibat adanya diabetes melitus sehingga sel tubuh tidak mampu lagi menahan kerusakan akibat luka bakar tersebut.


Oleh sebab itu hindari pembebatan terlalu keras pada luka bakar sehingga tidak menyebabkan sindroma kompartemen yang menyebabkan luka lebih parah.


Sekian dan terima kasih

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Demam pada penderita diabetes malam hari bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk infeksi, peradangan, atau ketidakseimbangan gula darah. Pada kasus suami Anda, demam yang terjadi di malam hari mungkin disebabkan oleh beberapa faktor berikut: 1. Infeksi: Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi, terutama jika gula darah tidak terkontrol dengan baik. Infeksi pada luka bakar di telapak kaki suami Anda dapat menyebabkan demam. 2. Ketidakseimbangan gula darah: Gula darah yang tinggi (di atas 300) dapat menyebabkan gejala seperti demam. Pemberian insulin oleh dokter bertujuan untuk mengontrol gula darah dan mencegah komplikasi lebih lanjut. 3. Dehidrasi: Kurangnya cairan atau dehidrasi juga dapat menyebabkan demam pada penderita diabetes. Penting untuk memastikan suami Anda cukup minum air dan cairan lainnya untuk mencegah dehidrasi. Saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau tim perawatan kesehatan suami Anda untuk evaluasi lebih lanjut. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab demam dan memberikan perawatan yang sesuai. Jangan ragu untuk memberi tahu dokter tentang gejala dan kondisi suami Anda secara detail agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
3 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan