🔥 Diskusi Menarik

Buang Air Kecil Berbusa

Hallo Dok,

Pada saat saya buang air kecil sering kali berbusa terutama pagi hari setelah bangun tidur. Tetapi jika saya banyak beraktifitas contohnya setelah olah raga, tidak ada busanya.

Untuk gejala lain seperti ngantuk, sering haus dan lain lain tidak ada.

Mohon penjelasannya.

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo Sobat Sehat, terima kasih atas pertanyaannya...


Kencing berbusa adalah kondisi cairan urine yang menimbulkan buih saat buang air kecil. Pada beberapa kasus, urine berbusa yang lebih jarang terjadi tergolong normal.


Namun, kondisi ini mungkin perlu Anda waspadai apabila cairan urine tampak keruh, jumlah busa air kencing banyak, dan sering terjadi dalam beberapa waktu terakhir.


Namun, Tidak selamanya kencing berbusa menjadi gejala penyakit berbahaya. Jika Anda mengeluarkan banyak urine dengan cepat dan kuat, urine bisa berbusa dan akan segera menghilang.


Menurut sebuah studi dalam Clinical Journal Of The American Society Of Nephrology, senyawa organik yang disebut surfaktan juga dapat menyebabkan kencing berbuih.


Surfaktan yang terkandung dalam sabun dan produk pembersih toilet lainnya bisa menjebak kantong gas pada permukaan cairan dan menciptakan gelembung. Sehingga, Anda akan menemukan kencing berbusa saat buang air kecil.


Jika itu penyebabnya, busa akan segera hilang setelah pembersih hilang dari permukaan toilet.


Ada beberapa kondisi yang mengarah pada permasalahan buang air kecil berbusa itupun bila disertai keluhan lain juga ya seperti demam, buang air kecul terus menerus, nyeri saat berkemih, dsbnya... di antaranya:

  1. Dehidrasi
  2. Infeksi saluran kemih
  3. Diabetes
  4. Penyakit batu ginjal


Nah, untuk itu ada baiknya Anda mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan arahan pengobatan yang tepat.


Pastikan minum air putih 2000 ml per hari dan hindari tahan kemih.


Demikian semoga membantu.






3 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya tidak dapat memberikan diagnosis atau saran medis secara langsung berdasarkan informasi yang diberikan. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang akurat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin saya bantu jawab?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan