🔥 Diskusi Menarik

Alergi setelah terapi suntik insulin

Halo, Dok.

Izin bertanya, suami saya penderita diabetes tipe 2. Sekarang sudah 1 bulan suntik insulin. Tapi hari ini, dia mengalami gatal-gatal kemerahan di sekitar perut, punggung dan tangan, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya, Dok?

Terima kasih.

0
44k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat,


Gatal-gatal di kulit terutama area tempat suntik insulin bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, atau efek dari suntikan tersebut di kulit yang bisa hilang sendirinya.


perlu diperjelas juga kondisi sebelumnya dan ada tidaknya pencetus lainnya.


sebaiknya periksakan ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat.


terima kasih

3 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Pada kasus ini, kemungkinan suami Anda mengalami reaksi alergi terhadap insulin yang disuntikkan. Reaksi alergi terhadap insulin bisa terjadi meskipun jarang. Gejala yang biasanya muncul adalah gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan, atau ruam di area suntikan atau di sekitar tubuh. Untuk mengatasi reaksi alergi ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter yang merawat suami Anda. Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk menghentikan penggunaan insulin tersebut dan mencari alternatif lain. Dokter juga dapat memberikan obat antihistamin atau kortikosteroid untuk meredakan gejala alergi. Selain itu, penting untuk mencatat gejala yang muncul dan memberitahu dokter secara rinci agar dapat memberikan penanganan yang tepat. Jangan menghentikan penggunaan insulin tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga suami Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat dan gejala alerginya segera mereda. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter yang merawat suami Anda.
3 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan