home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Anestesi Untuk Operasi Caesar

Anestesi Untuk Operasi Caesar

Suntik anestesi caesar biasanya diberikan untuk membuat tubuh bagian perut ke bawah mati rasa. Namun dalam kasus tertentu, Anda mungkin akan diberikan bius total yang membuat tertidur saat melahirkan. Untuk mengetahui prosedur selengkapnya tentang anestesi untuk operasi caesar, simak penjelasannya di artikel ini.

Apa saja suntik anestesi untuk operasi caesar?

cara mengetahui jenis kelamin bayi

Sebelum operasi caesar, Anda akan diberikan obat bius agar tubuh tidak merasakan sakit ketika proses pembedahan dilakukan.

Ada beberapa jenis pembiusan yang dapat dilakukan. Hal ini sesuai pertimbangan dokter, serta kondisi Anda dan janin dalam kandungan, antara lain sebagai berikut.

1. Anestesi epidural

Anestesi epidural dapat dilakukan saat melahirkan. Ini merupakan jenis suntik anestesi untuk operasi caesar yang paling umum digunakan.

Pembiusan ini tidak membuat Anda tertidur, melainkan membuat Anda tidak merasakan sakit mulai dari area pusar hingga ke kaki bagian atas.

Meski tidak merasakan sakit, Anda tetap akan merasakan tekanan di bagian tersebut, seperti gerakan-gerakan yang dokter lakukan pada perut Anda.

Anestesi ini berikan dengan cara disuntikkan melalui celah di tulang belakang bagian bawah. Setelah jarum disuntikkan, kateter tetap dibiarkan berada di sana sepanjang operasi.

2. Anestesi spinal block

Anestesi spinal dilakukan dengan pemberian anestesi lokal dan obat penghilang rasa sakit lainnya pada bagian tubuh yang disebut ruang subarachnoid dekat sumsum tulang belakang.

Hal ini mematikan saraf Anda dan menghilangkan rasa nyeri di daerah‐daerah tertentu dari tubuh Anda.

Ahli anestesi akan memasukkan cairan melalui suntikan ke area punggung bagian bawah, setelah itu jarum dilepaskan. Prosedur ini mungkin akan membuat Anda tidak nyaman.

Ini akan membuat sebagian tubuh Anda mati rasa mulai dari perut hingga kaki. Suntik anestesi caesar ini dapat berefek selama 1,5 – 3 jam.

3. Anestesi umum

Anestesi umum disebut juga dengan bius total diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah melalui cairan infus. Bisa pula berupa gas untuk dihirup.

Ini adalah satu-satunya metode penghilang rasa sakit yang membuat Anda kehilangan kesadaran atau tertidur selama proses persalinan.

Beberapa ibu cenderung tidak menyukai metode ini karena tidak ikut berpartisipasi saat bayi dilahirkan. Dari sisi medis pun, anestesi umum juga merupakan pilihan terakhir.

Pasalnya, dengan anestesi umum, bayi dapat terkena obat bius dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan metode anestesi lainnya.

Oleh sebab itu, menurut American Society of Anesthesiologists, anestesi spinal block dan epidural lebih disukai. Bius total hanya dilakukan pada beberapa kasus tertentu saja.

Apa saja pertimbangan sebelum suntik anestesi caesar diberikan?

obat penghilang nyeri pasca operasi caesar

Beberapa kondisi kehamilan tertentu membutuhkan operasi caesar. Misalnya kehamilan kembar, posisi bayi yang tidak normal, sudah lewat masa HPL, dan sebagainya.

Adapun pilihan suntik anestesi untuk operasi caesar tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan bayi, juga pada tujuan operasi caesar dilakukan.

  • Untuk operasi caesar yang direncanakan, Anda mungkin bisa memilih sendiri jenis anestesi yang diinginkan. Namun, pilihan paling aman adalah anestesi epidural atau blok tulang belakang.
  • Anestesi umum mungkin diperlukan untuk operasi caesar dalam keadaan darurat atau ketika terjadi perdarahan.
  • Anestesi epidural dengan kateter yang masih menempel pada tubuh dapat membantu dokter untuk memberikan obat tambahan selama operasi berlangsung.

Sebelum memutuskan menggunakan suntik anestesi apa saat operasi caesar, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter ahli anestesi dan dokter obgyn Anda.

Bagaimana prosedur anestesi operasi caesar dilakukan?

Sebelum memberikan suntik anestesi caesar, dokter akan menjelaskan tujuan dan efek samping tindakan tersebut pada Anda atau keluarga.

Jangan ragu bertanya tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui. Adapun prosedurnya dibedakan berdasarkan jenis anestesinya yaitu sebagai berikut.

1. Prosedur anestesi regional

Anestesi regional atau anestesi sebagian dapat diberikan dengan cara epidural atau blok tulang belakang. Tindakan ini dilakukan oleh dokter ahli anestesi dengan tahapan berikut.

  • Anda akan diminta untuk duduk dan bersandar ke depan, atau berbaring miring dengan lutut dirapatkan ke dada.
  • Anda akan diberikan suntik bius lokal untuk menghilangkan sakit di area punggung yang akan dimasukkan obat.
  • Sebuah jarum digunakan untuk memasukkan tabung plastik halus yang disebut kateter ke punggung. Tepatnya di dekat area saraf sumsum tulang belakang.
  • Jarum suntik kemudian dilepas dan menyisakan tabung kateter di tulang belakang Anda.
  • Anda mungkin merasakan nyeri atau tidak nyaman saat jarum atau kateter dimasukkan ke dalam punggung Anda..
  • Obat bius dan pereda nyeri kemudian diberikan melalui kateter. Ini memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit untuk memberikan efek yang optimal.
  • Saat efek obat mulai bekerja, dada, perut, dan kaki Anda mungkin akan terasa kebal, mati rasa, atau lemah.
  • Sementara kateter tetap berada di punggung Anda, dokter dapat menggunakannya untuk menambah obat pereda nyeri bila diperlukan.
  • Suntik anestesi caesar ini dapat memberikan efek selama beberapa jam.

Prosedur untuk anestesi blok tulang belakang cenderung sama dengan anestesi epidural yang disebutkan di atas. Bedanya, pada blok tulang belakang, Anda tidak memerlukan kateter.

Selain pada operasi caesar, suntik epidural juga mungkin diberikan untuk membantu meringankan rasa nyeri pada persalinan melalui vagina.

Pada persalinan pervagina, obat diberikan dalam dosis yang rendah menggunakan kateter yang bisa dibawa kemana-mana. Sehingga memungkinkan Anda untuk tetap bergerak atau berjalan kaki.

2. Prosedur anestesi umum

Dalam kondisi tertentu, dokter mungkin akan memberikan suntik anestesi umum atau bius total untuk operasi caesar.

Pembiusan ini biasanya dilakukan pada tindakan operasi yang lebih rumit atau lebih panjang durasinya.

Tepat sebelum menjalani operasi, Anda biasanya akan dibawa ke ruangan di mana ahli anestesi akan memberikan obat bius tersebut.

Obat bius dapat diberikan dalam bentuk cairan atau gas.

  • Bius dalam bentuk cairan akan disuntikkan ke pembuluh darah melalui ujung selang infus yang tertancap pada punggung tangan Anda.
  • Bius dalam bentuk gas akan dialirkan melalui masker yang dipasangkan pada area hidung dan mulut Anda.

Anestesi biasanya akan bekerja dengan sangat cepat. Anda akan mulai merasa pusing, sebelum menjadi tidak sadar dalam waktu sekitar satu menit atau lebih.

Ahli anestesi akan menemani Anda selama operasi caesar berlangsung. Mereka akan memastikan Anda tetap dalam keadaan tidak sadar.

Setelah operasi selesai, dokter anestesi akan menyuntikkan obat penghilang rasa sakit ke dalam pembuluh darah. Tujuannya agar Anda merasa nyaman saat terbangun.

Anestesi umum dapat memengaruhi memori, konsentrasi, dan refleks Anda selama satu atau dua hari setelahnya

Oleh sebab itu, Anda perlu didampingi oleh keluarga minimal selama 23 jam setelah operasi.

Anda juga akan diminta untuk beristirahat, rileks, dan tidak banyak berpikir sampai Anda benar-benar siuman.

Apakah ada efek samping dari suntik anestesi caesar?

sakitnya melahirkan

Apapun jenis anestesi yang diberikan, pada umumnya, tidak memberikan efek samping yang serius pada Anda dan bayi.

Terutama pada anestesi regional (epidural atau spinal block), jumlah obat yang diterima oleh bayi sangatlah sedikit.

Melansir American Society of Anesthesiologists, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa tindakan ini berbahaya untuk bayi.

Begitupun pada anestesi umum, meskipun jumlah obat yang diterima bayi sedikit lebih banyak daripada anestesi regional. Namun, efek yang ditimbulkan pada bayi tidaklah berbahaya.

Bayi Anda hanya akan sering mengantuk. Namun hal ini hanya berlangsung sebentar dan tidak dalam jangka panjang.

Adapun pada ibu, anestesi operasi caesar mungkin akan memberikan efek samping seperti:

  • penurunan tekanan darah,
  • rasa tidak nyaman pada punggung bekas suntikan, dan
  • sakit kepala.

Bila efek samping tersebut berlangsung cukup lama dan mengganggu aktivitas, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter.

Bagaimana proses pemulihan setelah suntik anestesi caesar?

Pemulihan setelah operasi caesar dengan bius sebagian cenderung lebih singkat dan lebih nyaman. Anda juga dapat langsung menyusui bayi setelah operasi.

Sementara pada bius total, Anda mungkin masih akan lemah dalam 1 atau 2 hari setelahnya. Sehingga sedikit menyulitkan untuk menyusui bayi secara langsung.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Caesarean section. (2019). Retrieved 30 November 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/#close

C-Section: Surgery, Risks & Recovery – Made for This Moment. Retrieved 30 November 2021, from https://www.asahq.org/madeforthismoment/preparing-for-surgery/procedures/c-section/

Epidurals: Meaning and Side Effects of Anesthesia During Labor – Made for This Moment. Retrieved 30 November 2021, from https://www.asahq.org/madeforthismoment/pain-management/techniques/epidural/

Epidural. (2020). Retrieved 30 November 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/epidural/

Encyclopedia, M., & anesthesia, S. (2019). Spinal and epidural anesthesia: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 30 November 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/007413.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Carla Pramudita Susanto Diperbarui 19 jam lalu