banner

Cek Risiko Lalu Segera Vaksin

Subot Icon

Pengingat Vaksin Dewasa

Subot Icon

Cek Risiko Kanker Serviks

Subot Icon

Tes Gejala COVID-19

Tanya Jawab Seputar Vaksin

Apa itu vaksinasi?

Icon Chevron

Vaksinasi (bisa juga disebut imunisasi) dengan mudah membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit berbahaya dan bahkan mematikan bahkan sebelum Anda bersentuhan dengannya. Vaksin menggunakan pertahanan alami tubuh Anda untuk membangun ketahanan terhadap infeksi tertentu dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Saat disuntikkan ke dalam tubuh Anda, vaksin melatih sistem kekebalan Anda untuk membuat antibodi, seperti halnya ketika terkena penyakit. Vaksin hanya mengandung virus atau bakteri yang terbunuh atau dilemahkan, yang berarti mereka tidak menyebabkan penyakit itu sendiri atau menempatkan Anda pada risiko komplikasinya.

Bagaimana vaksin bekerja?

Icon Chevron

Vaksin mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi oleh suatu penyakit. Vaksin membangun perlindungan menggunakan pertahanan alami tubuh Anda. Ketika Anda menerima vaksin, tubuh Anda meresponsnya dengan mengenali kuman yang menyerang, seperti virus atau bakteri, dan menghasilkan antibodi untuk menghalau penyakit. Tubuh Anda juga mengingat penyakit itu dan berlatih untuk melawannya. Jika Anda terkena penyakit di masa depan, sistem kekebalan Anda dapat dengan cepat menghancurkannya sebelum Anda sakit. Setelah terpapar satu atau lebih dosis vaksin, manusia biasanya tetap terlindungi dari penyakit selama bertahun-tahun, puluhan tahun, atau bahkan seumur hidup.

Kapan saya harus divaksinasi (atau melakukan imunisasi kepada anak saya)?

Icon Chevron

Vaksin melindungi kita melalui tahapan kehidupan yang berbeda. Tergantung pada usia Anda, ada vaksin yang direkomendasikan untuk Anda gunakan. Anda dapat mengetahui vaksin atau dosis booster mana yang harus Anda atau anak Anda berikan melalui kartu vaksinasi Anda atau dengan menanyakan ke pusat kesehatan setempat Anda. Penting untuk memastikan bahwa Anda atau anak Anda mendapatkan informasi terbaru tentang vaksin. Penting untuk bertindak cepat. Jika menunggu sampai berpikir Anda akan terkena penyakit serius, seperti saat wabah atau pandemi, mungkin tidak ada cukup waktu bagi vaksin untuk bekerja. Jika Anda melewatkan vaksinasi (imunisasi) yang direkomendasikan untuk Anda atau anak Anda, segera bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara mengejar ketinggalan.

Mengapa saya harus divaksinasi?

Icon Chevron

Vaksinasi (imunisasi) pada masa kanak-kanak menyelamatkan lebih dari 4 juta jiwa setiap tahun. Meskipun beberapa penyakit mungkin menjadi jarang terjadi, kuman yang menyebabkannya terus beredar di beberapa atau seluruh bagian dunia. Tanpa vaksin, kita berisiko terkena penyakit serius dan kecacatan akibat vaksin termasuk penyakit yang mengancam jiwa seperti campak, meningitis, pneumonia, tetanus, dan polio. Saat ini, penyakit menular dapat dengan mudah melintas batas dan menginfeksi siapa saja yang tidak dilindungi. Dua alasan utama untuk mendapatkan vaksinasi yakni untuk melindungi diri kita sendiri dan untuk melindungi orang-orang di sekitar kita. Karena tidak semua orang dapat divaksinasi – termasuk bayi yang masih sangat kecil, mereka yang sakit parah, atau memiliki alergi tertentu – mereka bergantung pada orang lain yang divaksinasi untuk memastikan mereka juga aman dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Penyakit apa yang dicegah oleh vaksin?

Icon Chevron

Vaksin melindungi dari berbagai penyakit, termasuk: kanker serviks, kolera, COVID-19, difteri, penyakit virus ebola, hepatitis B, influenza, Japanese encephalitis, campak, meningitis, penyakit gondok, batuk rejan (pertusis), radang paru-paru (pneumonia), polio, rabies, rotavirus, rubella, tetanus, penyakit tipus, varisela, dan demam kuning. Vaksinasi yang diperlukan berbeda-beda di setiap negara dan bahkan berdasarkan aktivitas dan pekerjaan perjalanan Anda. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui vaksinasi apa yang diperlukan untuk Anda dan keluarga Anda.

Siapa yang bisa divaksinasi?

Icon Chevron

Meski kebanyakan orang harus melakukan vaksinasi (imunisasi), orang dengan kondisi medis tertentu mungkin tidak dapat menerima vaksin tertentu, atau harus menunggu sebelum mendapatkannya. Ini dapat mencakup: mereka dengan penyakit kronis atau perawatan (seperti kemoterapi) yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh; memiliki alergi parah dan mengancam jiwa terhadap bahan vaksin, yang sangat jarang terjadi; sakit parah dan demam tinggi pada hari vaksinasi.

Apa yang ada di dalam vaksin?

Icon Chevron

Semua bahan vaksin memainkan peran penting dalam memastikan vaksin aman dan efektif. Meski komponen vaksin mungkin terdengar aneh, banyak komponen yang digunakan dalam vaksin terjadi secara alami di dalam tubuh, di lingkungan, dalam makanan yang kita makan, dan telah diuji oleh para ahli untuk dipastikan keamanannya.

Apakah vaksin aman?

Icon Chevron

Vaksinasi aman dan efek sampingnya biasanya ringan dan sementara, seperti sakit lengan atau demam ringan. Efek samping yang lebih serius mungkin terjadi, tetapi sangat jarang. Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin bahkan dapat menyebabkan kematian. Manfaat vaksinasi jauh lebih besar daripada risikonya, dan lebih banyak penyakit dan kematian akan terjadi tanpa vaksin.

Apakah ada efek samping dari vaksin?

Icon Chevron

Sebagaimana pengobatan/pencegahan lain, vaksin dapat menyebabkan efek samping ringan, seperti demam ringan, atau rasa sakit atau kemerahan di tempat suntikan. Reaksi ringan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Meskipun memungkinkan, efek samping yang parah atau berlangsung lama sangat jarang terjadi. Para ahli kesehatan terus memantau vaksin dengan terus mengecek keamanannya untuk mendeteksi dan mencegah reaksi merugikan yang jarang terjadi.

Bisakah seorang anak diberikan lebih dari satu vaksin sekaligus?

Icon Chevron

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa memberikan beberapa vaksin pada saat yang sama tidak memiliki efek negatif. Anak-anak terpapar beberapa ratus zat asing yang memicu respons kekebalan setiap hari - seperti ketika mereka bermain di luar ruangan, atau bahkan saat makan. Ketika vaksinasi atau imunisasi gabungan ditawarkan (misalnya untuk difteri, pertusis, dan tetanus), ini berarti anak Anda dapat menerima lebih sedikit suntikan dan merasa lebih sedikit ketidaknyamanan. Ini juga berarti bahwa anak Anda mendapatkan vaksin yang tepat pada waktu yang tepat, sehingga dapat menghindari risiko tertular penyakit berbahaya.

Apakah ada hubungan antara vaksin dan autisme?

Icon Chevron

Tidak ada bukti adanya hubungan antara vaksin dan autisme (gangguan autis). Ini telah ditunjukkan dalam banyak penelitian pada populasi yang sangat besar di seluruh dunia.

Haruskah anak perempuan saya imunisasi human papillomavirus (HPV)?

Icon Chevron

Hampir semua kasus kanker serviks dimulai dengan infeksi HPV yang ditularkan secara seksual. Jika diberikan sebelum terpapar virus, vaksinasi menawarkan perlindungan terbaik terhadap penyakit ini. Setelah vaksinasi, pengurangan hingga 90% pada infeksi HPV pada gadis remaja dan wanita muda telah telah ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan di Australia, Belgia, Jerman, Selandia Baru, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat. Dalam sebuah penelitian, vaksin HPV telah terbukti aman dan efektif. Badan kesehatan dunia WHO merekomendasikan bahwa semua anak perempuan berusia 9-14 tahun menerima 2 dosis vaksin, bersamaan dengan skrining kanker serviks pada kemudian hari.

Saya masih memiliki pertanyaan tentang vaksinasi. Apa yang harus saya lakukan?

Icon Chevron

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang vaksin, pastikan untuk berbicara dengan petugas dan ahli kesehatan setempat. Dia dapat memberi Anda saran berbasis sains tentang vaksinasi (imunisasi) untuk Anda dan keluarga Anda, termasuk jadwal vaksinasi yang direkomendasikan. Saat mencari informasi tentang vaksin secara online, pastikan untuk berkonsultasi hanya dengan sumber terpercaya. Untuk membantu Anda menemukannya, WHO telah meninjau dan 'menyetujui' banyak situs web di seluruh dunia yang hanya menyediakan informasi berdasarkan bukti ilmiah yang andal dan ulasan independen oleh pakar teknis terkemuka. Semua situs web ini adalah anggota jaringan Vaccine Safety Net.

Pentingnya Imunisasi Anak

health-tool-icon

Pengingat Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak

Gunakan pengingat jadwal ini untuk mempelajari imunisasi apa yang dibutuhkan oleh anak Anda dan kapan waktu tepatnya.

Apa jenis kelamin anak Anda?

Laki-laki

Wanita


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Vaksin Dewasa

Video Tentang Vaksin