banner

Wajib Dibaca!

Ragam Penyakit Jantung

Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

Hubungan Usia dan Jantung

Lainnya Seputar Jantung

Alat Kesehatan Anda

Subot Icon

Pemeriksaan Dini Penyakit Kardiovaskular

Subot Icon

Cek Risiko Stroke

Subot Icon

Deteksi Dini Stroke pada Pasien Atrial Fibrilasi

Mengenal jantung Anda lebih jauh

Apa itu penyakit kardiovaskular?

Icon Chevron

Penyakit kardiovaskular (cardiovascular disease) merupakan istilah umum yang mengacu pada kondisi yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular termasuk penyebab utama kematian di Asia, tetapi seringkali dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Apa penyebab penyakit kardiovaskular?

Icon Chevron

Meskipun penyebab penyakit kardiovaskular dapat bervariasi, banyak dari masalah ini kerap berkaitan dengan kondisi yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri, sehingga darah lebih sulit untuk mengalir.

Bagaimana cara mengurangi risiko penyakit kardiovaskular?

Icon Chevron

Penyakit kardiovaskular sebagian besar dapat dicegah melalui perubahan kebiasaan gaya hidup. Kebiasaan ini termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol untuk menghindari penyakit jantung dan pembuluh darah.

Apa hubungan kolesterol dan kesehatan jantung?

Icon Chevron

Ada dua jenis kolesterol: high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL). HDL menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati (liver) untuk dikeluarkan dari tubuh. Sementara itu, LDL membawa kolesterol ke bagian tubuh Anda yang membutuhkannya. LDL kerap disebut dengan kolesterol jahat karena jika terlalu banyak dalam aliran darah, LDL dapat menempel pada dinding arteri Anda dan menyumbatnya, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir.

Bagaimana cara memilih makanan untuk jantung sehat?

Icon Chevron

Pola makan yang umumnya rendah lemak jenuh dan natrium (garam), dengan porsi yang terkontrol, dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Pilihan makanan sehat jantung lainnya yang dapat Anda buat termasuk: memperbanyak makan buah dan sayur, menambahkan lebih banyak biji-bijian ke dalam makanan Anda, memilih lemak sehat seperti minyak zaitun daripada sumber yang tidak sehat seperti mentega atau lemak babi, serta memilih lebih banyak produk rendah lemak.

Pilihan gaya hidup apa yang akan membantu menjaga jantung tetap sehat?

Icon Chevron

Gaya hidup yang menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Kemungkinannya termasuk: makan makanan yang sehat dan seimbang, menjaga berat badan ideal, meningkatkan aktivitas fisik secara teratur (seperti olahraga), serta mengurangi atau berhenti merokok dan minum alkohol.

Apa saja tanda peringatan serangan jantung?

Icon Chevron

Beberapa tanda atau gejala peringatan serangan jantung antara lain: nyeri dada atau ketidaknyamanan, sesak napas, merasa pusing, pingsan, atau berkeringat dingin, rasa sakit atau tidak nyaman pada rahang, leher, atau punggung, serta nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan atau bahu.

Bagaimana penyakit jantung mempengaruhi wanita secara berbeda dari pria?

Icon Chevron

Sementara pria dan wanita berbagi banyak faktor risiko penyakit jantung karena wanita memiliki jantung yang lebih kecil dan pembuluh darah yang lebih sempit, penyakit jantung dapat berkembang secara berbeda. Studi menunjukkan bahwa wanita mungkin memiliki gejala serangan jantung yang lebih unik dibandingkan pria, termasuk tanda-tanda yang kurang umum seperti gangguan pencernaan, sesak napas, dan sakit punggung.

Apa hubungan penyakit jantung dan stroke?

Icon Chevron

Stroke dapat disebabkan oleh penyumbatan dengan bekuan darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Penyakit jantung berhubungan dengan stroke di mana tekanan darah tinggi dapat merusak lapisan arteri, yang membuat arteri lebih rentan terhadap penumpukan plak serta menghalangi aliran darah ke otak.

Apa yang terjadi jika penyakit jantung tidak ditangani?

Icon Chevron

Penyakit jantung yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko kematian pada seseorang. Bahkan jika selamat dari serangan jantung, hidup dengan penyakit jantung yang tidak diobati dapat menurunkan harapan hidup seseorang. Kualitas hidup juga akan terpengaruh, dengan adanya kondisi sesak napas atau bahkan risiko gagal jantung meski sedang aktivitas ringan.

Adakah fun fact tentang jantung?

Icon Chevron

Beberapa di antaranya yaitu: jantung Anda kemungkinan seukuran dua genggaman tangan Anda, jantung akan berdetak sekitar 115.000 kali setiap hari, jantung dapat terus berdetak meskipun terputus dari tubuh, rasa bahagia membantu mengurangi risiko penyakit jantung, orang benar-benar bisa menderita patah hati (broken heart), serta paus biru adalah hewan dengan ukuran jantung terbesar.

Jika masih ada pertanyaan tentang kesehatan jantung, apa yang harus dilakukan?

Icon Chevron

Anda dapat menelusuri kategori Kesehatan Jantung Hello Sehat untuk menggali informasi yang lebih lengkap tentang menjaga kesehatan jantung. Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan kesehatan setempat untuk pertanyaan yang lebih mendesak.

Ragam Penyakit Jantung

Video Seputar Kesehatan Kardiovaskular

Gaya Hidup untuk Jantung Sehat

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


Lainnya Seputar Jantung