home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Bekerja merupakan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik untuk diri sendiri ataupun orang lain yang menjadi tanggungan Anda. Namun, sudah tahukah Anda ada beberapa pekerjaan yang dapat membuat gairah seksual menurun. Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Faktor yang membuat gairah seksual menurun

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi gairah seksual seseorang. Pada laki-laki dan wanita, faktor yang menurunkan gairah seksual tersebut tentu saja berbeda.

Pada laki-laki, beberapa faktor, seperti hormon testosteron yang rendah, depresi, kurang tidur, terlalu sedikit atau terlalu banyak berolahraga, memiliki restless legs syndrom (Penyakit Willis-Ekbom), memilki penyakit kronis, menua, tingkat percaya diri yang rendah, atau pengguna alkohol dan narkoba.

Adapun penurunan gairah seksual pada wanita, dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kelelahan, hamil dan menyusui, bentuk tubuh yang tidak proporsional, memiliki masalah hubungan, pernah menjadi korban pelecehan fisik atau seksual, menopause, stres, depresi, tingkat percaya diri yang rendah, atau memiliki masalah seksual.

Jenis pekerjaan yang bisa menurunkan gairah seksual

Dilihat dari faktor-faktor di atas, beberapa jenis pekerjaan dapat menurunkan gairah seksual seseorang. Di bawah ini beberapa jenis pekerjaan tersebut berikut dengan alasannya.

  • Pekerjaan dengan tingkat stress tinggi

Stres dan hubungan seksual sangat berkaitan. Bila dengan berhubungan seksual bisa menghilangkan stres, begitupun dengan sebaliknya.

Stres menjadi faktor terbesar yang bisa mempengaruhi gairah seksual seseorang. Stres dapat menyebabkan pelepasan hormon kortisol dan epinefrin di dalam tubuh yang bisa menyebkan gairah seksual menurun.

Adapun beberapa pekerjaan yang dinilai memiliki tingkat stres tinggi, seperti tenaga kesehatan, penjahit, pekerja sosial, petugas militer, atau orang yang bekerja di rumah sakit.

  • Sering terpapar bahan kimia

Selain stres, pekerja yang sering terkena paparan kimia, uap kimia, debu, atau produk sampingan lainnya sangat berisiko terhadap gairah seksualnya. Bahan-bahan kimia ini dapat mengubah tingkat hormon di dalam tubuh dan mengakibatkan gairah seksual atau libido menjadi rendah.

Beberapa pekerjaan yang sering terpapar bahan kimia ini diantaranya produsen karet, mekanik, penambang, dan pekerjaan lainnya.

  • Sering terpapar panas/sinar matahari

Panas dan sinar matahari memang bisa meningkatkan gairah seksual seseorang. Namun, bila terlalu sering kena panas atau sinar matahari, hal ini justru dapat berakibat sebaliknya. Paparan panas yang terus menerus dapat mengakibatkan libido yang rendah pada pria.

Contoh pekerjaan yang sering terpapar panas atau sinar matahari, seperti petugas pengirim barang. Selain itu, pria yang suka menaiki sepeda juga termasuk dalam kategori ini.

Tanda-tanda pekerjaan Anda menurunkan gairah seksual

Terkadang, kita tidak menyadari bahwa pekerjaan yang dijalani sudah berpengaruh terhadap kehidupan seksual kita. Stres dalam bekerja terkadang tidak membuat kita berpikir ke arah itu.

Kemudian, apa yang membuktikan bahwa pekerjaan Anda telah menurunkan gairah seksual? Ada beberapa hal di bawah ini yang bisa menjadi tanda bahwa gairah seksual Anda sudah terpengaruh.

  • Tidak ada keinginan lagi untuk melakukan hubungan seksual.
  • Tidak lagi fokus dan terangsang saat melakukan hubungan seksual.
  • Sulit masturbasi.
  • Tidak lagi ingin mencari gaya bercinta yang menyenangkan bersama pasangan.
  • Mulai berbohong pada pasangan saat melakukan hubungan seksual.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

K, A. (2020). Did You Know That These Jobs Could Lower Your Sex Drive?. [online] https://www.boldsky.com. Available at: https://www.boldsky.com/health/wellness/jobs-that-can-affect-your-sexual-health-130588.html [Accessed 5 Mar. 2020].

Elite Daily. (2020). The 5 Unexpected Ways Your Job Can Affect Your Sex Life, According To Experts. [online] Available at: https://www.elitedaily.com/dating/sex/job-affects-sex-life/1796507 [Accessed 5 Mar. 2020].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 04/08/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x