home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Fakta Aneh Soal Penis yang Belum Anda Tahu

8 Fakta Aneh Soal Penis yang Belum Anda Tahu

Bagi kebanyakan laki-laki, penis mungkin jadi anggota tubuh yang paling banyak mendapat perhatian. Tak hanya laki-laki, wanita pun juga harus banyak tahu dan memerhatikan si kebanggaan pria yang satu ini. Pasalnya, penis adalah salah satu organ vital yang menyimpan segudang misteri. Anda mungkin mengira Anda sudah tahu betul seluk-beluk soal penis. Padahal, masih ada banyak fakta soal penis yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Segera cek di bawah ini berbagai informasi menarik soal Mr. P yang sayang untuk dilewatkan.

1. Tubuh yang sehat berarti penis yang sehat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penis merupakan salah satu organ vital laki-laki. Maka, layaknya organ vital yang lain seperti jantung, paru-paru, otak, dan ginjal, kesehatan penis juga ditentukan oleh kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini berarti kalau ada masalah dengan penis seseorang, berarti ada masalah juga dengan kondisi kesehatannya.

Misalnya jika penis jadi sulit ereksi, pemicunya bisa jadi perubahan pola makan, kurang tidur, kurang olahraga, atau gangguan hormon. Inilah mengapa penting bagi para pria untuk menjalani gaya hidup sehat dan seimbang. Tak mau kan Mr. P yang jadi korbannya?

2. Penis manusia pada zaman prasejarah memiliki tulang

Sebuah penelitian pada 2010 yang dimuat dalam jurnal Nature menguak bahwa lebih dari 700.000 tahun yang lalu, penis manusia prasejarah ternyata memiliki tulang. Namun, seiring berjalannya evolusi, manusia modern tak lagi memiliki penis bertulang. Tekanan darah lah yang akan membantu penis laki-laki mencapai ereksi.

Para ahli masih memperdebatkan alasan mengapa manusia prasejarah memiliki penis bertulang. Teori yang paling banyak dipercaya adalah penis yang bertulang membantu laki-laki prasejarah berhubungan seks lebih cepat. Pasalnya, dengan tulang ini penis akan lebih cepat ereksi. Sebelum peradaban manusia terbentuk, seks memang hanya dianggap sebagai kebutuhan biologis semata, yaitu untuk menghasilkan keturunan. Inilah mengapa penis yang bertulang juga bisa ditemukan pada banyak jenis hewan, contohnya kucing dan kera.

BACA JUGA: Tak Bertulang, Kenapa Penis Bisa Ereksi?

3. Penis mengalami ereksi setiap malam

Baik disadari maupun tidak, penis akan mengalami ereksi rata-rata sebanyak tiga sampai lima kali semalam. Ereksi ini terjadi ketika laki-laki memasuki tahap tidur REM (rapid eye movement). Ternyata, ereksi di malam hari ini baik untuk menjaga kesehatan organ intim laki-laki ini. Penis yang tidak mengalami ereksi secara rutin bisa kehilangan kelenturannya, bahkan menyusut hingga 1-2 sentimeter. Jadi, bagi para wanita yang cemas kalau pasangannya mimpi basah ketika dia ereksi sambil tidur, Anda bisa bernapas lega sekarang. Ereksi sambil tidur adalah hal yang sangat wajar dan tak perlu dikhawatirkan.

4. Merokok bisa membuat penis sulit ereksi

Efek merokok tak hanya dirasakan oleh paru-paru atau jantung Anda. Karena merokok bisa merusak pembuluh darah, penis orang yang merokok akan kesulitan untuk mencapai ereksi. Pasalnya, ereksi terjadi darah mengisi jaringan penis yang berongga sehingga penis memanjang dan mengeras. Bila aliran darah tidak lancar, misalnya karena Anda punya kebiasaan merokok, maka jangan heran bila mr. P Anda sulit ‘beraksi’.

5. Penis dan klitoris hampir serupa

Saat masih dalam kandungan ibu, janin hanya memiliki klitoris saja. Seiring perkembangannya, klitoris tersebut akan kemudian berubah menjadi vagina yang utuh atau penis. Akan tetapi, penis laki-laki yang sudah berkembang sempurna tetap masih memiliki struktur yang sama dengan klitoris perempuan. Keduanya memiliki jaringan dan ujung-ujung saraf yang sama.

BACA JUGA: Apa Itu Klitoris? Cari Tahu Fungsi dan Letaknya

6. Janin dan bayi juga bisa ereksi

Ketika klitoris sudah berubah menjadi penis dalam kandungan ibu, penis sudah bisa mengalami ereksi. Citra yang dihasilkan dari pemindaian kandungan lewat ultrasound bisa membuktikannya kalau Anda tak percaya fakta soal penis yang satu ini. Bahkan, biasanya beberapa saat setelah lahir, bayi laki-laki akan mengalami ereksi.

7. Dua tipe penis berdasarkan ereksinya

Berdasarkan ereksinya, penis dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah grower. Penis yang disebut grower ini biasanya tampak kecil dalam kondisi normal. Namun, ketika mengalami ereksi, penis grower akan meregang jadi besar dan panjang. Sebuah survei yang dilakukan oleh Men’s Health melaporkan bahwa sebanyak 79% orang memiliki penis grower. Sementara itu, penis shower tampak besar dalam kondisi normal. Akan tetapi, saat ereksi penis tak akan jadi lebih besar atau panjang. Jika memang meregang pun biasanya tak begitu berbeda dari penis yang tidak ereksi. Sebanyak 21% orang punya penis shower.

BACA JUGA: 8 Hal yang Mengganggu Kemampuan Ereksi

8. Orang bisa terlahir dengan dua penis

Fakta soal penis ini mungkin membuat orang bergidik. Meskipun sangat jarang terjadi, seseorang bisa lahir dengan dua penis sekaligus. Kondisi ini dikenal dalam dunia medis sebagai diphallus. Namun, bukan berarti memiliki dua penis adalah hal yang menguntungkan laki-laki. Justru pada kebanyakan kasus, kedua penis tersebut tidak berfungsi secara normal sehingga dokter perlu melakukan pembedahan atau prosedur medis tertentu untuk memperbaiki fungsi penis. Kelainan ini terjadi pada setiap satu bayi dari 5 atau 6 juta bayi laki-laki yang lahir.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

13 Crucial Facts for His Penis. http://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/penis-facts Diakses pada 6 Desember 2016.

The 10 strangest facts about penises. https://www.salon.com/2013/11/03/the_10_strangest_facts_about_penises/ Diakses pada 6 Desember 2016.

15 Facts You Didn’t Know About Your Penis. http://www.menshealth.com/sex-women/15-facts-you-didnt-know-about-your-penis Diakses pada 6 Desember 2016.

8 Wild Facts About the Penis. http://www.livescience.com/39046-7-wild-facts-about-the-penis.html Diakses pada 6 Desember 2016.

https://www.webmd.com/men/guide/8-things-you-did-not-know-about-your-penis#1

https://www.webmd.com/men/features/want-better-sex#1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x