Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Memiliki Masalah Pernapasan? Konsultasikan di 7 Rumah Sakit Paru Ini

    Memiliki Masalah Pernapasan? Konsultasikan di 7 Rumah Sakit Paru Ini

    Sebagai organ yang penting di tubuh, paru-paru perlu dirawat dan dijaga. Sayangnya, hal ini sering terabaikan oleh orang-orang.

    Entah karena gaya hidup buruk, seperti merokok dan vape, serta ketakutan akan kesehatan baik dari soal biaya sampai ke hasil pengecekan kondisi. Padahal, di Indonesia sendiri sudah tersedia banyak rumah sakit paru dengan pelayanan terbaik.

    Rekomendasi rumah sakit paru di Indonesia

    konsultasi dokter paru

    Tidak hanya di Jakarta saja, tetapi tersebar di banyak daerah lain. Rumah sakit di daftar ini telah memberikan layanan spesialis paru dengan dukungan disiplin ilmu dan jenis penyakit terkait.

    Bahkan tergolong lengkap berkat adanya layanan medik umum, unit gawat darurat, dan layanan seputar klinik dan non klinik. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi rumah sakit paru di Indonesia.

    1. Rumah Sakit EMC

    Rumah sakit milik PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) memiliki enam cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek. RS EMC berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan layanan yang memuaskan dan mengutamakan pasien.

    Untuk kebutuhan kesehatan paru-paru dan pernapasan, mereka membentuk tim dokter khusus spesialis asma dan paru di keenam cabang milik mereka. Dukungan peralatan medis terkini juga tersedia.

    Agar makin lengkap, tersedia juga metode edukasi dalam menjaga dan mengobati paru-paru, termasuk gangguan organ lain yang bisa berefek ke paru-paru.

    2. Rumah Sakit Pondok Indah

    Tidak hanya dikenal sebagai salah satu rumah sakit bersalin terbaik, Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) juga memiliki keunggulan dalam layanan kesehatan pulmonologi.

    Mereka memiliki tim dokter spesialis dan subspesialis pulmonologi yang kompeten dalam melakukan tindakan penyembuhan. Tersedia juga pemeriksaan komprehensif untuk mendeteksi keluhan pernapasan, seperti MRI 3 Tesla Skyra, GeneXpert, dan Spirometri.

    Ruangan tindakan dan pemeriksaan juga dirancang khusus menunjang dengan pemakaian HEPA filter serta magna helic.

    3. Rumah Sakit Paru Dr. H.A Rotinsulu

    Rumah sakit di Bandung ini dikondisikan secara khusus oleh Kementerian Kesehatan untuk mengurus kesehatan pulmonologi. Seluruh bagian organisasi dan tata medis yang dimilikinya diatur secara seksama untuk menunjang seluruh pemeriksaan dan tindakan medis pernapasan.

    Mereka berusaha untuk menjadi rumah sakit paru yang kualitas pelayanan yang prima dan juga melakukan edukasi dan penelitian unggul seputar hal tersebut. Maka dari itu, RSPR membentuk tim dokter ahli pulmonologi terbaik dan memiliki serangkaian fasilitas medis terkini, seperti asma center, spesialis bedah, radiologi, laboratorium, serta rehabilitasi medis selepas tindakan.

    4. Rumah Sakit Hermina

    Grup Hermina Hospitals telah memiliki banyak cabang di Indonesia. Contohnya ada di kota Padang, Tangerang, Jakarta, Cilegon, Semarang, sampai Balikpapan, Manado, dan Makassar. Hebatnya lagi, mereka mengimplementasikan kualitas yang sama untuk semua cabang rumah sakit, tidak terkecuali bidang pulmonologi atau paru-paru.

    Hermina menawarkan layanan kesehatan komprehensif yang telah dikembangkan secara seksama. Mereka berusaha mengombinasikan tenaga medis ahli dengan sokongan teknologi terkini agar terwujud sinergi yang apik dan memberikan kepuasan kepada para pasien.

    5. Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo

    Rumah sakit di daerah Bogor ini memang dari awal berfungsi untuk mengatasi permasalahan paru-paru. Awalnya difokuskan untuk penyakit tuberkulosis pada 1978. Seluruh tata organisasi dan seputar medis di dalamnya difokuskan oleh pemerintah untuk permasalahan tersebut.

    26 tahun kemudian ada Surat Keputusan Kementerian Kesehatan yang mengubah mereka menjadi rumah sakit paru, sehingga cakupan pengobatan seputar pernapasan menjadi lebih luas, tidak hanya untuk paru-paru saja.

    Berkat keseriusan Kemenkes, terciptalah pelayanan berkualitas yang terjangkau masyarakat. Mereka memiliki tim dokter spesialis dan subspesialis paru-paru yang dapat memberikan layanan seputar infeksi, kanker, intervensi, dan pembedahan.

    6. Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga

    Sama seperti RS Paru Dr. Goenawan, RS Paru dr. Ario di Salatiga juga awalnya khusus menangani penyakit tuberkulosis. Berubah menjadi rumah sakit paru pada 26 September 2002 sesuai keputusan Kemenkes.

    Mereka menjadi satu-satunya rumah sakit pulmonologi di Jawa Tengah. Layanan yang diberikan begitu terpadu demi tercapainya kesehatan paru dan pernapasan masyarakat.

    Hal ini didukung dengan tercapainya akreditasi yang baik dari pemerintah. Untuk layanannya, RS Paru dr. Ario memiliki poliklinik paru yang mendeteksi infeksi, onkologi atau kanker, asma, gangguan pulmonologi, dan faal paru.

    7. Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (RS MMC)

    RS MMC di Jakarta Selatan ini memiliki poliklinik paru yang unggul dalam memberikan layanan medis. Dapat menangani segala permasalahan paru-paru, seperti asma, pneumonia, tuberkulosis, paru kronis, kanker, dan keluhan lainnya.

    Dengan dukungan dokter spesialis dan subspesialis yang berpengalaman dan profesional, pasien dapat merasakan pertolongan yang baik dan nyaman. Ini juga terwujud berkat ketersediaan teknologi pemeriksaan maju, seperti MRI dan rontgen toraks.

    Terdapat banyak faktor yang sebenarnya dapat merusak dan mengganggu sistem paru-paru. Namun, umumnya hal tersebut berasal dari diri sendiri.

    Untungnya saat ini sudah ada banyak rumah sakit paru, baik yang khusus maupun umum dengan poliklinik pulmonologi, yang dapat memberikan penanganan terbaik seputar gangguan paru-paru. Segera konsultasikan diri Anda dan lakukan medical check up sebagai langkah preventif.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Vitto Radityo Diperbarui 4 weeks ago
    Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
    Next article: