Warga Malang Jangan Bimbang, Cek 5 Rekomendasi Psikiater Ini

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 28/10/2022

    Warga Malang Jangan Bimbang, Cek 5 Rekomendasi Psikiater Ini

    Bagi Anda warga Malang yang punya masalah kejiwaan tertentu, berkonsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater bisa menjadi salah satu jalan.

    Namun, bila Anda masih bingung mana psikiater yang harus dipilih, rekomendasi psikiater di Malang berikut mungkin bisa membantu Anda.

    Rekomendasi dokter spesialis kejiwaan atau psikiater terbaik di Malang

    Tahukah Anda, psikiater berbeda dengan psikolog. Meski sama-sama mengatasi masalah mental, tetapi psikiater merupakan dokter yang mengambil spesialisasi dalam bidang kejiwaan.

    Ini artinya, menurut NHS, seorang psikiater dapat meresepkan obat untuk mengatasi masalah mental yang dialami pasien serta merekomendasikan bentuk perawatan lainnya.

    Adapun beberapa kondisi yang bisa ditangani oleh psikiater, di antaranya fobia, serangan panik dan kecemasan, kecanduan, gangguan kepribadian, depresi, gangguan bipolar, obsessive compulsive disorder (OCD), hingga skizofrenia.

    Nah, jika Anda memang memerlukan jasa dari ahli medis ini, Anda bisa cek informasi di bawah ini untuk tahu rekomendasi psikiater yang ada di Malang serta klinik atau tempat prakteknya.

    1. dr. Dian Setyorini, Msc, Sp.KJ

    psikolog dan psikiater

    dr. Dian Setyorini, Msc, Sp.KJ merupakan psikiater lulusan Universitas Gadjah Mada. Ia juga menjadi anggota dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

    Menurut sejumlah ulasan dari pasien, Dokter Dian dikenal ramah, sabar, dapat memberikan motivasi dan arahan kepada pasien, serta penjelasan yang diberikan jelas dan lengkap.

    Untuk mendapatkan layanan konsultasi dari Dokter Dian, Anda bisa mendatangi klinik spesialis jiwa Rumah Sakit Marsudi Waluyo Malang.

    Selain lokasi tersebut, Dokter Dian juga dapat dijumpai di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dan RS Lawang Medika.

    2. dr. Ratri Istiqomah, Sp.KJ

    Rekomendasi psikiater di Malang berikutnya, yaitu dr. Ratri Istiqomah, Sp.KJ. Dokter yang satu ini menamatkan pendidikan Spesialis Kedokteran Jiwa di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Dokter Ratri dikenal ramah, lembut, serta dapat menjawab dan memberi penjelasan terkait masalah mental yang dialami pasien secara jelas.

    Jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Dokter Ratri, Anda bisa mengunjunginya di Rumah Sakit Lavalette setiap Sabtu pukul 09.0012.00.

    Selain di rumah sakit tersebut, Dokter Ratri juga berpraktik di klinik jiwa rumah sakit pemerintah daerah Malang, tepatnya di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

    3. dr. Happy Indah Hapsari, Sp.KJ(K)

    Psikiater yang satu ini merupakan dokter spesialis jiwa konsultan yang berpraktik di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu Malang dan RS Islam Aisyiyah Malang.

    Dengan status sebagai pegawai negeri sipil (PNS), psikiater yang satu ini juga melaksanakan praktiknya di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

    Dokter Happy merupakan lulusan Kedokteran Universitas Brawijaya. Berpengalaman lebih dari 30 tahun, psikiater ini memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan menangani gangguan mental pada pasien.

    Untuk berkonsultasi masalah kejiwaan dengan Dokter Happy, Anda bisa menanyakan langsung ke pihak rumah sakit untuk mengetahui jadwal praktiknya.

    4. dr. Nur Aida, Sp.KJ

    beda psikolog dan psikiater

    Rekomendasi psikiater di Malang berikutnya, yaitu dr. Nur Aida, Sp.KJ. Dokter Nur Aida merupakan lulusan Spesialis Kedokteran Jiwa Universitas Airlangga.

    Berpengalaman lebih dari 20 tahun, anggota PDSKJI ini berpraktik di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

    Sebagai psikiater, Dokter Nur Aida dapat membantu mendiagnosis serta mengatasi berbagai permasalahan jiwa, emosional, dan perilaku, seperti gangguan kepribadian, depresi, hingga skizofrenia.

    Melihat sejumlah ulasan dari beberapa pasien, Dokter Nur Aida dikenal sebagai psikiater yang tidak menghakimi dan serta dapat memberikan solusi atas apa yang pasien alami.

    5. dr. Martinus Hendrarko, Sp.KJ

    Selain empat daftar di atas, dr. Martinus Hendrarko, Sp.KJ juga bisa menjadi pilihan psikiater yang ada di daerah Malang, Jawa Timur.

    Dokter Martinus merupakan dokter spesialis kejiwaan yang berpraktik di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan dan RS Hermina Tangkuban Perahu.

    Ia menamatkan pendidikan spesialisnya di Universitas Airlangga serta menjadi anggota dalam organisasi PDSJKI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.

    Sebagai seorang psikiater, dr. Martinus fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku.

    Itulah rekomendasi psikiater atau dokter spesialis kejiwaan yang ada di Malang. Selain yang disebut di atas, masih banyak psikiater lainnya yang bisa Anda datangi di kota ini.

    Agar lebih mudah, Anda bisa cari klinik, rumah sakit, atau psikiater terdekat dari lokasi Anda dan booking layanannya melalui Hello Sehat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 28/10/2022

    Iklan

    Apakah artikel ini membantu?

    Iklan
    Iklan