Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Punya Masalah Kesehatan Jiwa, Konsultasi ke 7 Rumah Sakit Jiwa Ini

    Punya Masalah Kesehatan Jiwa, Konsultasi ke 7 Rumah Sakit Jiwa Ini

    Rumah sakit jiwa merupakan tempat yang tepat bagi orang-orang dengan kondisi gangguan jiwa yang berat dan kambuh. Rumah sakit ini menjadi solusi untuk rehabilitasi bagi pasien-pasien tersebut.

    Pasien yang harus segera menjalani perawatan di rumah sakit jiwa adalah pasien yang menunjukan gejala, seperti ingin bunuh diri, berhalusinasi, kesulitan berkegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya.

    Pasien yang di rawat di rumah sakit jiwa memiliki gejala yang ringan hingga berat. Penyakit gangguan mental ini juga tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Rumah sakit jiwa menjadi tempat terbaik untuk menuju kesembuhan mental bagi para pasiennya.

    Rekomendasi rumah sakit jiwa di Indonesia

    Apabila Anda memiliki masalah kesehatan jiwa yang cukup serius, berikut ini 7 rekomendasi rumah sakit jiwa di Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, dan Medan.

    1. Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

    Rumah sakit jiwa yang pertama adalah Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan yang berlokasi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Ini merupakan rumah sakit jiwa di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1867 dengan nama RS Jiwa Grogol atau RS Jiwa Pusat Jakarta.

    Sejumlah layanan unggulan diberikan untuk membantu pasien dengan masalah kejiwaan, seperti Medical health check-up, rehabilitasi medik psikososial, dan penanganan kesehatan jiwa anak dan remaja. Terdapat unit perawatan intensif, instalasi rawat inap, instalasi gawat darurat, radiologi, hingga ruang check up.

    2. Rumah Sakit Khusus Jiwa Dharmawangsa

    rumah sakit jiwa di Indonesia

    RSK Jiwa Dharmawangsa hadir untuk memenuhi kebutuhan pasien dengan gangguan jiwa atau ODGJ. Rumah sakit khusus jiwa di Jakarta Selatan ini menawarkan berbagai fasilitas dan layanan terbaiknya untuk menangani konsultasi psikologis, psikiatri, hingga psikologis untuk anak, remaja, dan lanjut usia.

    Didukung oleh para psikolog, psikiatri, dokter umum, dan tenaga penunjang lainnya. Rumah Sakit Khusus Jiwa Dharmawangsa ini bisa melayani hingga 1.000 pasien setiap bulannya.

    3. Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi

    Dengan slogan “Sigap Empati Harmonis Antusias Tertib”, rumah sakit jiwa di Bogor ini memiliki sejumlah fasilitas penting untuk pasien gangguan kejiwaan, seperti rawat jalan, rawat inap, IGD, dan lain sebagainnya.

    Fasilitas tambahan lain seperti ruang radiologi, UGD, Farmasi, Ambulance dan Apotek juga terdapat di area rumah sakit jiwa ini.

    Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi ini termasuk dalam salah satu daftar rumah sakit yang sudah berdiri sejak zaman Belanda dengan nama “Herkrankzinnigengestich Buitenzorg”.

    4. RSJD Amino Gondohutomo

    Sama hal nya seperti rumah sakit jiwa di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, RSJD Amino di Semarang ini juga sudah berdiri sejak tahun 1848 dengan nama “Doorgangshuizen Sompok”.

    Hingga saat ini, rumah sakit jiwa yang berlokasi di Jl. Cendrawasih Kota Semarang ini terus memperbarui pelayanan terbaiknya, khususnya bagi pasien penderita gangguan kesehatan jiwa, pasien depresi, dan lain sebagainnya.

    Rumah sakit ini tidak khusus melayani pasien ODGJ saja, tetapi juga melayani pasien lainnya dengan kebutuhan pelayanan gigi, saraf, bedah mulut, kandungan, hingga fisioterapi.

    5. RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat

    Rumah sakit jiwa berikutnya berada di Kota Malang bernama RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Bukan hanya menangani pasien dengan gangguan mental, tapi juga melayani kasus umum lainnya.

    Pasien dengan kasus ketergantungan narkotika, gangguan psikologis, laboratorium, radiologi, dan pemeriksaan gigi dapat dilakukan di sini.

    Adapun fasilitas tambahan lainnya di rumah sakit jiwa kota Malang ini, seperti ruang rawat inap, apotik farmasi serta elektromedik dan rehabilitasi.

    6. RSJ Prof. Dr. Muhammad Iidrem

    Bagi Anda, pasien dengan gangguan kejiwaan yang berdomisili di Medan, Rumah Sakit Jiwa Muhammad Ildrem ini bisa menjadi solusinya.

    Rumah sakit jiwa yang sudah ada.sejak tahun 1935 ini termasuk dalam kategori rumah sakit tipe A dengan sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

    Mulai dari IGD, poliklinik, radiologi, laboratorium, fisioterapi, hingga rehabilitasi psikososial.

    Rumah sakit jiwa dengan berbagai fasilitas layanan kesehatannya ini merupakan salah satu yang menjadi andalan masyarakat di wilayah Medan, Sumatera Utara.

    7. RSJ Provinsi Jawa Barat

    Rumah sakit jiwa yang masih berstatus tingkat paripurna ini memiliki visi untuk menjadi rumah sakit jiwa unggulan di Jawa Barat pada tahun 2019. Ratingnya di Google review juga bagus.

    Untuk mewujudkan visi tersebut, rumah sakit jiwa ini memiliki berbagai layanan kesehatan jiwa untuk anak dan remaja. Terdapat juga layanan rehabilitasi mental dan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) dengan komprehensif.

    Tim dokter ahli dan psikiater yang ada di rumah sakit jiwa di Bandung ini juga sudah memenuhi standar terbaik dan siap melayani pasien dengan gangguan mental, khususnya di wilayah Bandung dan sekitarnya.

    Demikian pemaparan mengenai rumah sakit jiwa yang ada di Indonesia. Untuk informasi penggunaan BPJS Kesehatan dan asuransi swasta dapat menghubungi masing-masing rumah sakit.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Anandito Reza Diperbarui 2 weeks ago
    Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
    Next article: