Membandingkan Tanam Benang dan Operasi Plastik Facelift (Mana yang Lebih Baik?)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak cara untuk mempercantik penampilan seiring bertambahnya usia. Di antara sekian banyak prosedur kecantikan, tanam benang dan operasi plastik facelift biasanya menjadi pilihan dan sering dibanding-bandingkan. Lantas, mana sebenarnya prosedur kecantikan yang lebih baik, tanam benang atau operasi plastik facelift? Berikut ulasannya.

Perbedaan tanam benang dan operasi plastik facelift

facelift

Sebelum mengetahui mana yang kira-kira lebih baik, berikut saya berikan perbandingan antara tanam benang dan operasi plastik facelift dilihat dari berbagai aspeknya.

1. Kegunaan

Operasi plastik facelift adalah prosedur kecantikan yang dilakukan untuk mengurangi tanda penuaan, yaitu kulit yang kendur dan bergelambir di wajah. Tujuannya tentu saja untuk membuat wajah kembali kencang. Dalam operasi facelift, dokter akan melakukan pembedahan di beberapa bagian wajah yang membutuhkan perawatan.

Sementara tanam benang atau thread lift adalah metode perawatan kulit nonbedah untuk membantu menyamarkan tanda penuaan wajah dengan menanamkan benang khusus yang dapat diserap tubuh.

Tujuannya untuk mengencangkan bagian yang kendur sehingga Anda tampak lebih muda. Selain itu, tanam benang juga membantu merangsang kulit untuk dapat memproduksi kolagen sehingga elastisitas kulit menjadi lebih baik.

2. Prosedur

Dari sisi prosedur, operasi plastik face lift biasanya lebih rumit tetapi memiliki hasil yang cukup memuaskan. Operasi plastik facelift mampu mengatasi kasus penuaan kulit yang biasanya cukup berat dan tidak bisa ditangani dengan prosedur lain termasuk tanam benang.

Sementara tanam benang hanya bisa membantu mengencangkan kulit wajah dengan kondisi kulit yang tidak terlalu parah. Jika kondisi kulit sudah terlalu ekstrem misalnya sangat turun dan bergelambir, maka prosedur tanam benang biasanya tidak bisa mengatasi masalah kulit wajah Anda.

3. Waktu pemulihan

Waktu pemulihan atau yang biasa disebut dengan downtime adalah kondisi kulit pascaperawatan. Biasanya hal ini menjadi salah satu pertimbangan.

Pada operasi plastik facelift, masa pemulihan yang dibutuhkan biasanya memakan waktu cukup lama dan lebih dari satu minggu. Sementara tanam benang umumnya membutuhkan waktu yang lebih singkat.

4. Harga

Operasi plastik biasanya memakan biaya yang lebih mahal. Pasalnya, prosedur yang diperlukan lebih rumit dan dibutuhkan dokter ahli bedah kecantikan profesional untuk membantu Anda memberikan hasil perawatan yang memuaskan.

Sementara itu, dibandingkan dengan operasi plastik, tanam benang menghabiskan biaya yang lebih sedikit. Hal ini karena prosedur pada tanam benang tidak serumit operasi plastik facelift.

5. Ketahanan hasil

Prosedur operasi plastik facelift memberikan efek yang cukup tahan lama, yakni sekitar 3 hingga 7 tahun. Maka, Anda tidak perlu bolak-balik ke dokter untuk mengulang prosedur yang sama.

Berbeda dengan operasi plastik, prosedur tanam benang tidak memberikan hasil yang tahan lama. Ketahanan hasil tanam benang tergantung dari bahan penyusun benangnya. Umumnya, prosedur perawatan tanam benang dapat bertahan antara 6 bulan hingga 2 tahun.

Jadi mana yang lebih baik?

bahagia senang senyum wanita sehat

Pada dasarnya kedua prosedur ini sama baiknya dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengurangi tampilan kulit yang kendur di wajah akibat penuaan. Hanya saja, semuanya kembali lagi pada kondisi kulit masing-masing yang tentu saja berbeda.

Pertimbangkan dengan matang kira-kira prosedur mana yang tepat dan lebih dibutuhkan sesuai dengan anjuran dokter.

Setelah itu, pertimbangkan juga budget yang Anda miliki. Jangan sampai memaksakan diri dan justru mengabaikan kondisi keuangan hanya karena ingin terlihat cantik.

Namun, perlu diingat bahwa biar bagaimana pun proses penuaan wajah akan tetap terjadi secara alami. Sehingga kedua prosedur kecantikan ini hanya membantu mempercantik penampilan Anda untuk sementara waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Kesehatan Kulit 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin
Kesehatan 31 Oktober 2019

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Tren Operasi Rahang untuk Bikin Pipi dan Rahang Lebih Tirus

Untuk membuat pipi nampak tirus serta wajah yang kecil, banyak wanita yang melakukan operasi rahang. Seperti apa prosesnya? Apakah aman?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 28 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Tips Memilih Sabun Pembersih Muka Terbaik Sesuai Jenis Kulit

Sabun muka banyak jenisnya. Akan tetapi, Anda perlu mencari tahu pembersih wajah yang cocok dengan tipe kulit Anda. Begini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minyak jojoba untuk melawan keriput

Penuaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit