home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ransel vs. Tas Selempang, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ransel vs. Tas Selempang, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ransel dan selempang adalah dua jenis tas yang paling digemari orang-orang. Selain mudah dibawa ke mana pun, Anda dapat memuat berbagai benda di dalamnya. Akan tetapi, sebenarnya mana yang lebih baik untuk kesehatan Anda, ransel atau tas selempang?

Ransel atau selempang, mana yang lebih baik?

Sumber: Tripssavy

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak kebutuhan dan barang yang harus orang-orang bawa ketika mereka bepergian, terutama ketika jaraknya cukup jauh. Mulai dari laptop, buku, kunci rumah, dompet, dan berbagai hal lainnya.

Banyaknya barang ini membuat Anda memasukkan segalanya ke dalam tas sehingga membuatnya semakin berat. Tanpa sadar, Anda telah membebani bahu dan punggung, sehingga rentan membuatnya sakit.

Tas yang paling populer dan dapat memuat berbagai macam barang adalah tas ransel dan selempang. Namun, masing-masing tas ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Mana yang paling baik bagi kesehatan di antara keduanya?

Kelebihan dan kekurangan tas ransel

pemakaian ransel

Pada dasarnya, ransel atau tas punggung memiliki banyak bagian yang membuat isi tas Anda menjadi lebih teratur. Seperti yang dilansir dari laman Teens Health, ransel adalah pilihan yang baik jika Anda membawa barang yang banyak dibandingkan tas selempang atau tas bahu.

Hal ini dikarenakan penggunaan ransel akan membuat beban yang dibawa memiliki porsi yang seimbang pada otot terkuat manusia, yaitu otot punggung dan perut.

Terdapat sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa tas ransel lebih baik karena dapat mengurangi gejala nyeri punggung belakang dibandingkan jenis tas lain pada perempuan remaja.

Meski beban otot seimbang, barang bawaan yang terlalu berat akan membebani punggung sehingga tas bisa menarik tubuh Anda ke belakang. Anda pun akan memajukan tubuh pada bagian panggul dan lengkung tulang belakang. Akibatnya, postur tulang belakang jadi terganggu.

Kelebihan dan kekurangan tas selempang

tas selempang
Sumber: Business Insider

Sebenarnya, kebingungan ketika memilih tas ransel dan selempang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membawa barang yang tidak begitu banyak dan ingin terlihat lebih modis, tas bahu atau tas selempang adalah jawabannya.

Jika lelah menyampirkannya di salah satu bahu saja, Anda dapat memegangnya dengan tangan dan memindahkan beban tersebut.

Meski demikian, membawa tas selempang dengan beban yang sangat berat dapat memengaruhi gaya berjalan Anda. Hal ini dikarenakan ketika berjalan, lengan dan kaki akan berayun dan membutuhkan keseimbangan yang baik.

Ketika beban dalam tas yang Anda bawa terlalu membebani salah satu bahu atau salah satu sisi tubuh, hal ini bisa mengganggu keseimbangan dan membuat Anda berisiko menderita sakit punggung.

Tips terhindar dari sakit punggung saat menggunakan tas

tips liburan untuk orang dengan masalah tiroid

Melihat dari berbagai plus minus, bisa dibilang tas ransel lebih baik dibandingkan tas selempang karena bebannya pada otot seimbang. Meski begitu, Anda juga harus memerhatikan beban yang Anda bawa.

Sakit punggung akibat penggunaan tas memang tidak bisa dihindari sepenuhnya. Akan tetapi, Anda dapat mengurangi risiko tersebut dengan memakai ransel sebagai pengganti tas bahu dan selempang.

Selain itu, beberapa strategi berikut juga dapat membantu Anda meringankan beban bawaan tas Anda.

  • Memilih ukuran tas yang kecil. Semakin besar tas yang Anda pakai, semakin besar kecenderungan Anda untuk memasukkan barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Akibatnya, tas menjadi lebih berat.
  • Mencari tas dengan tali yang tebal dan lebar. Tali tas yang kecil akan membuat otot bahu sakit.
  • Mengelompokkan tas berdasarkan kebutuhannya. Misalnya, tas untuk pergi bekerja atau tas selempang ketika Anda pergi ke gym pun harus dibedakan karena isi beratnya yang berbeda.
  • Selalu gunakan kedua tali ransel atau berganti sisi bahu ketika Anda menggunakan tas selempang untuk menjaga postur tubuh Anda.

Kunci utama dalam memilih tas ransel dan selempang adalah mengetahui barang apa saja yang harus Anda bawa. Jika hanya membawa sedikit barang dan tidak terlalu berat, Anda bisa memilih tas selempang atau bahu. Akan tetapi, ketika diharuskan untuk membawa laptop atau buku yang berat, sebaiknya Anda memilih tas ransel.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is your bag hurting your back? https://www.everydayhealth.com/back-pain/is-your-bag-hurting-your-back.aspx accessed Aug 28 2019. 

Backpack basics https://kidshealth.org/en/teens/backpack.html accessed Aug 28 2019. 

Are backpacks better than shoulder bags? https://jamaicahospital.org/newsletter/are-backpacks-better-than-shoulder-bags/ accessed Aug 28 2019. 

The Effect of bag style on muscle activity of the trapezius, erector spinae, and latissimus dorsi during walking in female university student. . 2015 Mar 29; 45: 39–47.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 02/10/2019
x