Punya Anak Ternyata Bisa Menambah Usia Dua Tahun Lebih Panjang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Memiliki anak tidak hanya untuk meneruskan garis keturunan dalam suatu keluarga. Pasangan yang punya anak, meskipun hanya satu, ternyata memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang ketimbang dengan orang yang tidak mempunyai anak. Bagaimana bisa hanya dengan punya anak dapat memperpanjang usia harapan hidup seseorang? Begini penjelasannya.

Punya anak bikin umur lebih panjang

Mungkin Anda bingung, bagaimana bisa punya anak bikin usia harapan hidup Anda bertambah. Namun percaya atau tidak, hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam  Journal of Epidemiology & Community Health. Penelitian yang mengumpulkan data dari setidaknya 14 ribu jiwa yang tinggal di Swedia menyatakan bahwa orang yang memiliki sedikitnya satu anak akan memiliki usia sedikit lebih panjang ketimbang dengan orang yang tidak punya anak satupun.

Dalam penelitian ini, para peneliti berusaha untuk mendapatkan data berupa status pernikahan setiap orang, jumlah anak yang dimiliki, serta jenis kelamin anak. Kemudian peneliti juga menghitung berapa pertambahan usia harapan hidup yang akan terjadi pada kelompok orang yang memiliki anak.

Peneliti menemukan jika orangtua wanita yang punya anak mengalami pertambahan usia harapan hidup sekitar 1,5 tahun, sedangkan untuk orangtua laki-laki sebanyak 2 tahun.

Mengapa punya anak bisa bikin usia harapan hidup seseorang bertambah?

Kelompok orang yang memiliki anak dianggap memiliki usia harapan hidup yang lebih lama dibandingkan dengan individu yang tidak. Para peneliti percaya bahwa hal ini menyangkut kualitas hidup yang dimiliki oleh masing-masing orang ketika mereka memasuki usia lanjut.

Misalnya saja, orang yang sudah berusia lanjut dan punya anak yang sudah dewasa, akan lebih menggantungkan hidupnya pada si anak. Dukungan anak pada orangtuanya yang sudah lanjut usia tersebut akan membuat orangtua mereka nyaman, aman, bahagia, dan tenang. Tentu saja hal ini membuat para orangtua terhindar dari depresi dan stres yang rentan mereka alami.

Tidak jarang orang yang sudah memasuki lanjut usia akan merasa stres akibat merasa sendiri serta perasaan bersalah yang selalu muncul akibat ketidakmampuan mereka untuk berbagai pekerjaan. Sementara, stres dan depresi yang terjadi pada kelompok usia lanjut akan mengakibatkan berbagai komplikasi dan kondisi medis tertentu. Dan tidak jarang lansia yang stres mengalami penyakit degeneratif yang lebih parah.

Oleh karena itu, mereka memerlukan dukungan orang-orang di sekitar mereka untuk melewati itu semua dan membuat mereka nyaman, sehingga kualitas hidupnya lebih baik kemudian meningkatkan usia harapan hidup.

Cara memperpanjang usia harapan hidup selain dengan memiliki anak

Tentu saja untuk membuat Anda tetap sehat hingga menjelang usia lanjut, Anda dapat memulainya dai sekarang. Kehidupan Anda kelak tercermin dari gaya hidup yang Anda terapkan saat ini. Apabila berharap dapat memiliki umur panjang, maka lakukan gaya hidup sehat mulai sekarang, seperti membiasakan diri untuk berolahraga 30 menit dalam sehari, memilih makanan yang sehat dan rendah lemak, serta menghindari makanan yang mengandung gula dan garam yang tinggi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit