backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Ketahui Berat Badan Ideal Kucing, Apakah si Anabul Sudah Sesuai?

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 28/12/2023

    Ketahui Berat Badan Ideal Kucing, Apakah si Anabul Sudah Sesuai?

    Memahami berat badan ideal kucing adalah salah satu langkah perawatan kucing dalam menjaga kesehatannya. Namun, sebagai pemilik kucing, tahukah Anda berapa berat badan ideal kucing? Cari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah ini.

    Berapa berat badan ideal kucing?

    kucing gemuk

    Berat badan ideal kucing sebenarnya ditentukan oleh jenis ras, usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. 

    Namun, rata-rata kucing dewasa memiliki berat antara 3,6 hingga 4,5 kilogram (kg).

    Untuk mengetahui informasi lebih spesifik mengenai berat badan ideal kucing, berikut berat badan rata-rata kucing berdasarkan jenis rasnya.

    Jenis kucing Jantan (kg) Betina (kg)
    Domestik 3,6—4,5 3,6—4,5
    Himalaya 3,2—5,4 3,2—5,4
    Maine coon 6,8 —11,3 4,5—5,8
    Siam 3,2—4,5 3,2—4,5 
    Persia 3,2—5,4 3,2—5,4

    Sementara itu, berat badan kucing sesuai umur yaitu sebagai berikut.

    Usia Berat badan
    1—2 Bulan 0,5 —1,5 kg
    3 Bulan 1,5—2,5 kg
    4—6 Bulan 2,5—3,5 kg
    7—12 bulan 3,5—4,5 kg
    1—7 tahun 3,5—5,5 kg

    Sayangnya, banyak pemilik kucing yang tidak mengetahui berat normal kucing dewasa. Padahal kucingnya bisa saja mengalami kelebihan berat badan atau bahkan obesitas.

    Bahkan, data American Veterinary Medical Association menyebutkan bahwa sebanyak 59,5% kucing diklasifikasikan sebagai kucing obesitas.

    Sama seperti manusia, obesitas pada kucing juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. 

    Kucing gendut lebih berisiko terkena diabetes, penyakit saluran kemih, radang sendi, dan penurunan harapan hidup.

    Jadi, meski terlihat menggemaskan, kucing dengan perut yang bergelambir, wajah bulat, dan jalan yang lucu belum tentu memiliki berat badan yang ideal.

    Justru, ini bisa saja menjadi tanda awal bahwa kucing Anda mengalami obesitas. 

    Bagaimana cara mengetahui berat badan ideal untuk kucing?

    cara melebatkan bulu kucing

    Cara paling tepat untuk mengetahui berat badan ideal untuk kucing, yaitu dengan menimbang berat badannya. 

    Anda bisa meminta dokter hewan untuk mengukur berat badan anabul dan menanyakan apakah ia mengalami kelebihan berat badan atau tidak.

    Selain menimbang berat badan, terdapat cara lain untuk mengevaluasi apakah anabul termasuk dalam berat badan ideal atau tidak. Berikut penjelasannya. 

    1. Menggunakan skor

    Dikutip dari World Small Animal Veterinary Association, cara ini dilihat dari kerangka tubuh dan massa otot tanpa lemak. 

    Cara ini mengkategorikan kondisi tubuh kucing dalam skala 1–9 poin.

    Poin 1 merupakan kondisi sangat kurus, sedangkan poin 9 merupakan obesitas tidak wajar. Kucing yang tergolong berat badan ideal masuk dalam kategori 4 dan 5.

    Untuk menggunakan bagan skor kondisi tubuh, Anda perlu mengevaluasi kucing Anda secara fisik dan visual. Berikut penjelasan skor kondisi tubuh kucing.

    1. Tulang rusuk sangat mudah terlihat pada kucing berbulu pendek. Tidak ada bantalan lemak. Perut terlihat sangat kenyang. Tulang belakang dan tulang panggul pun mudah dilihat dan dirasakan. 
    2. Tulang rusuk sangat terlihat pada kucing berbulu pendek. Bagian tulang belakang terlihat jelas. Perut terlihat sangat kencang, tidak ada bantalan lemak.
    3. Tulang rusuk mudah dirasakan dengan sedikit lapisan lemak. Tulang belakang terasa dan terlihat. Terdapat sedikit bantalan lemak perut.
    4. Tulang rusuk terasa meski ada sedikit bantalan lemak. Pinggang terlihat di belakang tulang rusuk. Terdapat sedikit lipatan perut dan bantalan lemak perut.
    5. Berat ideal. Tulang belakang dan rusuk bisa terasa dengan sedikit lapisan lemak. Pinggang terlihat di belakang tulang rusuk, tetapi tidak terlihat jelas. Terdapat bantalan lemak perut.
    6. Tulang rusuk terasa dengan lapisan lemak berlebih. Terdapat bantalan lemak di pinggang dan perut, tetapi tidak terlihat jelas. Perut terlihat agak kembung.
    7. Tulang rusuk tidak mudah terasa karena lapisan lemak sedang. Pinggang tidak mudah terlihat. Mungkin ada sedikit pembulatan pada perut. Bantalan lemak perut sedang.
    8. Tulang rusuk tidak terasa karena lapisan lemak berlebih. Pinggang tidak ada. Perut terlihat membulat dengan bantalan lemak perut yang menonjol. Timbunan lemak muncul di area punggung bawah.
    9. Tulang rusuk tidak terasa di bawah lapisan lemak yang tebal. Timbunan lemak dalam jumlah besar di daerah pinggang, wajah, dan anggota badan. Pembengkakan perut tanpa pinggang menimbulkan timbunan lemak perut.

    Kucing yang sehat dengan berat badan ideal hanya memiliki sedikit lemak yang menutupi tulang rusuknya.

    Selain itu, ketika mengusap tulang rusuk anabul, Anda seharusnya bisa merasakan tulang rusuk tanpa harus mencari melalui lapisan lemak.

    2. Menilai kondisi kucing berbulu panjang

    Sayangnya, cara di atas sulit dilakukan pada kucing berbulu panjang karena bulunya menutupi lemak dan tulangnya secara visual. 

    Namun, terdapat cara yang bisa Anda lakukan. Caranya yaitu periksa secara visual ketika kucing dimandikan sehingga bulunya menempel pada tubuhnya.

    Kemudian, berdirilah dan lihat tubuh kucing dari posisi atas. Tubuh kucing yang sehat dengan berat badan ideal akan berbentuk jam pasir karena perutnya sedikit masuk ke belakang tulang rusuk.

    Anda juga bisa menilai kondisi berat kucing dari samping. Anabul yang sehat dan memiliki berat badan ideal perutnya hanya menggelambir sedikit di bawah tulang rusuk dan memiliki bantalan lemak perut yang tidak terlalu banyak. 

    Jika Anda tidak yakin dengan cara-cara di atas, mintalah dokter hewan untuk mengukur berat badan dan skor kondisi tubuh anabul serta minta masukan yang tepat.

    Kesimpulan

    Normalnya bobot anak kucing usia 1—2 minggu adalah 150—350 gr. Sementara itu, berat kucing dewasa yaitu 3,6 hingga 4,5 kilogram. Namun perlu diingat kembali, berat badan ideal kucing sebenarnya tergantung pada usia, jenis kelamin, jenis ras, dan kondisi kesehatan kucing itu sendiri.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 28/12/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan