Menghadapi Sakit Kepala Setelah Stroke

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sakit kepala dapat terjadi dari pertama kali Anda mengalami stroke. Sakit kepala tersebut dapat dikendalikan dan biasanya bukanlah masalah serius.

Efek apa yang dapat terjadi setelah stroke?

Stroke menyebabkan efek neurologis yang sesuai dengan daerah cedera otak. Sakit kepala dapat dimulai setelah mengalami stroke, tetapi belum tentu berkorelasi dengan lokasi stroke dalam otak.

Sekitar 10-15% dari penderita stroke mulai mengalami sakit kepala baru, segera setelah stroke. Sakit kepala yang dimulai untuk pertama kalinya setelah stroke terbagi ke dalam beberapa kategori, mencakup sakit kepala migrain, sakit kepala tension, sakit kepala karena overdosis obat, atau sakit kepala sebagai efek samping obat.

Apa yang harus saya lakukan dengan sakit kepala pasca stroke?

Sakit kepala tidak hanya mengganggu tetapi juga mengkhawatirkan. Jika Anda mulai mengalami sakit kepala setelah stroke, bicarakan dengan dokter mengenai sakit kepala Anda karena dua alasan: Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa sakit kepala Anda bukan merupakan indikasi masalah serius. Biasanya sakit kepala tidaklah mengkhawatirkan. Namun, dokter dapat memastikan apakah sakit kepala Anda merupakan gejala dari sesuatu yang lebih signifikan.

Alasan kedua untuk mendapatkan perawatan medis untuk sakit kepala Anda adalah karena sakit kepala mudah diobati. Pengobatan tergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami.

Apa saja jenis sakit kepala pasca stroke?

  1. Medication overuse headaches alias sakit kepala karena overdosis obat adalah konsekuensi dari obat penghilang rasa sakit yang berlebihan. Penggunaan obat umumnya memberikan bantuan yang mungkin akan diikuti efek yang menyebabkan rasa sakit. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit secara bertahap sehingga Anda tidak akan terus menderita sakit kepala karena terlalu banyak mengonsumsi obat.
  2. Sakit kepala tension menyebabkan sakit kepala dan biasanya tidak berhubungan dengan gejala lainnya. Sakit kepala ini mudah untuk dikontrol dengan obat ringan dan istirahat.
  3. Sakit kepala migrain umumnya sangat menyakitkan dan diikuti dengan mual, gejala neurologis, dan perasaan sangat lelah. Migrain mungkin memerlukan resep obat yang kuat. Karena beberapa obat migrain tidak dianjurkan untuk orang penderita sakit jantung atau stroke, seorang ahli saraf sering dibutuhkan untuk mengobati  sakit kepala migrain pasca-stroke.
  4. Salah satu obat yang biasa digunakan setelah stroke dapat menyebabkan sakit kepala. Dipyridamole adalah pengencer darah digunakan untuk mencegah stroke. Obat ini dapat memicu sakit kepala pada beberapa pasien, mungkin karena menyebabkan pembuluh darah melebar (membesar). Sakit kepala migrain adalah salah satu efek samping dari pembuluh darah otak yang melebar. Menariknya, efek samping sakit kepala ini tidak  membuat dipyridamole dinilai tidak bagus. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Oktober 2014 edisi European Journal of Neurology melaporkan bahwa pasien stroke yang mengonsumsi dipyridamole lebih jarang mengalami stroke lagi dibandingkan pasien yang tidak mengalami efek samping sakit kepala.

Mengapa sakit kepala pasca stroke terjadi?

Setelah stroke, umum bagi pasien mengalami gejala penyakit baru. Beberapa pasien mengalami nyeri sendi baru seperti nyeri bahu atau nyeri kulit, sebanyak 1/3 pasien mengeluh nyeri parah ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala mirip dengan nyeri lain pasca-stroke, tetapi mempunyai karakteristiknya sendiri. Penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami, dan mungkin terkait dengan sejumlah faktor. Stroke disebabkan cedera daerah sensorik otak sehingga dapat memicu rasa sakit. Perubahan dalam aktivitas  otak setelah kerusakan stroke dapat menyebabkan rasa sakit. Perubahan aliran darah di otak setelah stroke dapat menghasilkan nyeri, terutama nyeri kepala.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Apakah minyak esensial dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain? Jika iya, minyak esensial apa saja yang bisa digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sakit Kepala Belakang

Sakit kepala bagian belakang adalah keluhan yang dapat dialami setiap orang. Penyebabnya bisa jadi hal yang ringan, bisa juga penyakit serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 14 Januari 2021 . Waktu baca 16 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
gambar operasi cantengan

Operasi Cantengan (Ingrown Toenail)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyakit degeneratif

Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit