home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Encephalomalacia

Definisi|Tanda-Tanda dan Gejala|Penyebab|Faktor Pemicu|Diagnosis dan Pengobatan|Pencegahan
Encephalomalacia

Definisi

Apa itu encephalomalacia?

Encephalomalacia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pelunakan lokal pada jaringan otak akibat peradangan atau pendarahan. Kondisi ini terkadang juga dikenal dengan pelunakan otak. Pelunakan dapat terjadi di satu bagian otak tertentu atau mungkin lebih luas lagi.

Pada kasus yang jarang terjadi, kerusakan atau degenerasi otak dapat menyebabkan pelunakan yang berlebihan pada zat-zat di dalam. Kondisi ini dapat memengaruhi bagian-bagian organ yang berbeda dan merusak jaringan di lobus frontal, lobus oksipital, lobus parietal serta lobus temporalis.

Penyakit ini membuat penyebab-penyebab tersebut sepenuhnya menghentikan kerja bagian otak yang terkena. Gangguan ini memengaruhi baik orang dewasa maupun anak-anak dan bahkan dapat terjadi sejak di dalam rahim.

Bergantung dari bagian otak yang dipengaruhi, kondisi ini dapat dibagi menjadi dua jenis berikut:

  • Leukoencephalomalacia (encephalomalacia yang mengenai materi putih otak)
  • Polioencephalomalacia (encephalomalacia yang mengenai materi abu-abu otak)

Gangguan ini juga dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori berikut menurut warna dan tingkat kerusakannya:

  • Pelunakan merah
  • Pelunakan kuning
  • Pelunakan putih

Seberapa umumkah encephalomalacia?

Kondisi ini dapat dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Akan tetapi, kondisi ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala encephalomalacia?

Individu dengan kondisi ini dapat mengalami berbagai gejala ringan hingga berat akibat terhentinya fungsi bagian otak yang terlibat. Gejala tersebut dapat meliputi:

  • Mengantuk
  • Kebutaan
  • Sakit kepala
  • Ataksia
  • Kepala terasa tertekan
  • Kepala terasa berputar (vertigo)
  • Terkadang kondisi ini menyebabkan berbagai variasi dalam ukuran otak yang dapat memicu perubahan pada kelenturan otak.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah kondisi ini memburuk. Diskusikanlah dengan dokter sesegera mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih serius lagi.

Jika Anda mengalami satu pun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apa pun, konsultasikanlah pada dokter. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab encephalomalacia?

Berbagai penyakit dan kondisi kesehatan dapat menyebabkan masalah kemunduran otak yang satu ini. Gangguan ini umumnya terjadi karena stroke atau cedera kepala serius yang dapat menyebabkan pendarahan (hemoragik) ke dalam otak. Pelunakan otak paling umum ditemukan di area dengan akumulasi darah yang abnormal.

Dalam sejumlah kasus, bagian tertentu dari otak dapat mengalami pelunakan akibat aliran darah yang tidak cukup. Gangguan dalam aliran darah dapat dihasilkan dari:

  • Stroke
  • Pembengkakan parah di otak yang mengganggu aliran darah otak
  • Pengangkatan tumor dari dalam otak yang telah menduduki dan menghancurkan jaringan sekitarnya

Bagian tertentu pada otak mati karena stroke yang dapat menyebabkan neuron harus digantikan oleh jaringan parut yang mengandung astrosit. Jaringan parut ini mengalami kontraksi dan membentuk encephalomalacia di otak.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko encephalomalacia?

Banyak ilmuwan berpikir bahwa kondisi ini terjadi karena cedera otak traumatis. Trauma tumpul, serta trauma yang tajam, selama kecelakaan atau penyerangan dapat meningkatkan risiko pelunakan jaringan otak.

Trauma kepala dapat terjadi ketika ada hantaman keras pada kepala yang membuat otak membentur tengkorak. Trauma kepala yang tajam dapat terjadi ketika ada luka yang disebabkan oleh senjata tajam. Jaringan otak bahkan dapat meradang akibat trauma selama prosedur bedah.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana encephalomalacia didiagnosis?

Dokter menggunakan peralatan yang berbeda untuk membantunya dalam mendiagnosis encephalomalacia. Jika dokter mencurigai bahwa Anda mungkin mengalami kondisi ini, langkah pertama dari proses ini adalah untuk memeriksa tubuh Anda. Setelahnya, dokter akan perlu melakukan satu atau lebih tes berikut:

  • MRI adalah metode yang paling umum digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda pelunakan di otak.
  • CT scan otak adalah tes diagnostik lainnya yang dapat membantu.

Apa saja pengobatan untuk encephalomalacia?

Tidak ada cara pasti untuk menyembuhkan gangguan ini karena tidaklah memungkinkan untuk membuat jaringan yang rusak untuk bekerja kembali. Para peneliti masih mencoba untuk menemukan apakah mungkin mengembalikan fungsi normal dari sebagian jaringan otak yang terkena.

Pengobatan untuk penyakit ini utamanya meliputi deteksi penyebab yang mendasari di balik perubahan konsistensi otak dan mengatasinya dengan tepat. Dalam kasus yang sangat ekstrem, substansi otak yang rusak dapat diangkat dengan operasi. Namun, konsistensi otak akan mengalami perubahan yang cukup besar akibat pengangkatan materi otak yang lunak. Masih belum jelas apakah perubahan pada fungsi mobilitas otak akan dapat membuat sensasi kembali normal lagi.

Para ahli mencoba untuk menemukan kegunaan terapi sel stem untuk mengobati gangguan otak ini.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan di rumah untuk mencegah atau mengobati encephalomalacia?

Hingga saat ini belum diketahui cara mencegah kondisi ini. Setiap orang diharapkan berhati-hati untuk menghindari benturan atau hantaman parah ke kepala karena dapat menyebabkan trauma kepala serius yang berujung pada pelunakan otak.

Menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin E juga dapat membantu mengurangi risiko terkena jenis kemunduran otak ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Encephalomalacia. https://en.wikipedia.org/wiki/Cerebral_softening. Accessed November 29, 2016.

Encephalomalacia. https://radiopaedia.org/articles/encephalomalacia. Accessed November 29, 2016.

Encephalomalacia. http://www.science.gov/topicpages/e/encephalomalacia.html. Accessed November 29, 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rena Widyawinata Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x