Cegah Radang Sendi Kambuh Dengan Memilih Makanan yang Tepat

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020
Bagikan sekarang

Arthritis adalah istilah umum yang menandakan adanya radang sendi. Ada banyak jenis peradangan sendi yang terjadi. seperti rematik arthritis, ostearthritis, dan juga psoriatic arthritis. Bukan hanya obat, ternyata diperlukan juga makanan jenis tertentu untuk meredam peradangan ini. Lantas apa saja makanan untuk arthritis yang harus dibatasi dan yang dianjurkan?

Makanan untuk arthritis yang harus dihindari

1. Gorengan dan makanan olahan

masak ayam selain digoreng

Dilansir dalam laman Healthline, para peneliti menemukan bahwa mengurangi gorengan dan makanan olahan dapat mengurangi jumlah peradangan yang terjadi dalam tubuh, dan benar-benar membantu memulihkan pertahanan alami dalam tubuh.

Maka itu, sebaiknya kurangi jumlah makanan digoreng dan diproses supaya tidak membuat sendi makin meradang dan sakit.

2. Makanan tinggi gula

gula darah naik

Jumlah gula yang tinggi dalam makanan sehari-hari Anda dapat menghasilkan peningkatan AGEs. AGEs adalah zat yang bisa meningkatkan peradangan pada sendi jika jumlahnya terlampau banyak.

Maka itu, agar radang sendi tak sering kambuh Anda harus menekan produksi zat AGEs dalam tubuh dengan menghindari makanan manis dan bergula tinggi.

3. Susu dan produknya

berhenti minum susu

Produk susu dapat memicu juga nyeri sendi sebab jenis protein yang ada dalam susu. Bagi beberapa orang, jenis protein ini dapat mengiritasi jaringan di sekitar sendi mereka. Maka itu tidak heran kalau banyak orang dengan arthritis melakukan diet vegan atau vegetarian untuk mengurangi pemicu nyeri ini juga.

Selain itu, produk dari hewani ini biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kandungan inilah yang bisa memperparah keadaan radang sendi.

Maka itu, susu dan produknya sebaiknya juga dibatasi.

Alih-alih makanan itu, pilih makanan yang dianjurkan

1. Ikan

Sumber: Recipelar

Ikan nyatanya baik bagi sendi dan bisa mencegah peradangan, apalagi ikan dengan asam lemak omega 3.  Selain itu, omega 3 juga menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Pada penderita artritis lebih rentan terkena penyakit jantung

Para ahli merekomendasikan untuk makan ikan setidaknya 2 minggu sekali. Ikan yang kaya omega 3 seperti ikan tuna, ikan salmon, dan juga mackarel segar.

2. Kacang kedelai

manfaat kedelai

Jika Anda bukan penyuka ikan, untuk meredam keparahan peradangan, Anda bisa mencari solusi lain salah satunya dengan kacang kedelai. Kacang kedelai juga merupakan zat yang meningkatkan kekuatan antiradang, rendah lemak, serta tinggi protein dan serat.

3. Buah tinggi vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk, anggur, dan limau merupakan sumber vitamin C yang baik. Penelitian menunjukan bahwa buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi dapat membantu dalam proses terjadinya radang sendi, dan juga menjaga kondisi sendi yang sehat dari osteoarthritis.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Healthline Editorial Team. 2017. Foods to Avoid with Arthritis. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/foods-to-avoid-with-arthritis#ages (Diakses 17 September 2018)

WebMD. 2018. Inflammation-Fighting Foods for RA. [Online] Tersedia pada: https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/ra-foods#1 (Diakses 17 September 2018)

Arthritis Foundation. 12 Best ofor Arthritis. [Online] Tersedia pada: https://www.arthritis.org/living-with-arthritis/arthritis-diet/best-foods-for-arthritis/best-foods-for-arthritis.php (Diakses 17 September 2018)

Yang juga perlu Anda baca

4 Perawatan Psoriasis Arthritis yang Bisa Dilakukan Pasien di Rumah

Selain obat dari dokter, pasien juga bisa menerapkan perawatan di rumah untuk membantu mengobati psoriasis arthritis. Apa saja perawatannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Gejala Penyakit Demam Rematik Pada Anak yang Harus Diwaspadai Orangtua

Penyakit demam rematik dapat memicu komplikasi dan mengakibatkan kerusakan pada beberapa organ tubuh. Inilah gejala demam rematik yang perlu diwaspadai.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Rempah yang Bisa Bantu Atasi Nyeri Sendi Akibat Psoriasis Arthritis

Selain sebagai bumbu penyedap dalam masakan, ternyata rempah-rempah juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami psoriasis arthritis.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Benarkah Penyakit Rematik Pasti Diturunkan Dalam Keluarga?

Dikenal sebagai penyakit orang tua, rematik menjadi penyakit yang cukup banyak ditakuti. Banyak anggapan bahwa penyakit ini pasti diturunkan. Benar begitu?

Ditulis oleh: Widya Citra Andini
dr. Sandra Sinthya Langow, Sp.PD-KR

Direkomendasikan untuk Anda

Ternyata, Encok Adalah Nama Lain dari Penyakit Ini

Ternyata, Encok Adalah Nama Lain dari Penyakit Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020
Gastritis

Gastritis

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020
Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Bagaimana Cara Tahunya?

Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Bagaimana Cara Tahunya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020
Diabetes Meningkatkan Risiko Rematik Hingga 20 Persen

Diabetes Meningkatkan Risiko Rematik Hingga 20 Persen

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/02/2020