5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Mengelola Rasa Nyeri

Oleh

Mengelola nyeri adalah pertempuran terus-menerus bagi banyak orang. Selain berurusan dengan rasa sakit, sulit untuk tahu perawatan apa yang efektif yang bisa diandalkan. Sebelum memilih pilihan terbaik untuk perawatan nyeri Anda, informasi ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih baik mengenai manajemen nyeri.

Ada perbedaan antara nyeri kronis dan nyeri akut

Nyeri dapat terjadi secara berbeda untuk setiap orang. Namun, kondisi ini terbagi dalam dua jenis: nyeri akut dan nyeri kronis. Nyeri akut adalah nyeri yang memperingatkan Anda tentang suatu bahaya dan mencegah Anda dari menyakiti diri sendiri lebih lanjut, seperti ketika Anda memiliki luka bakar atau patah tulang.

Nyeri kronis adalah jenis rasa sakit yang bertahan untuk waktu yang lama (meskipun dokter mengatakan rasa sakit yang berlangsung  biasanya selama  2-3 bulan atau lebih sebagai indikasi). Nyeri ini bisa dari kondisi medis, atau terjadi setelah kecelakaan traumatis. Nyeri kronis umum seperti sakit kepala migrain, nyeri pinggang, nyeri arthritis, atau nyeri akibat kanker.

Anda perlu tahu perbedaan setiap jenis nyeri, karena bisa ada perbedaan perlakuan acuh tak acuh dan perlakuan medis ketika Anda harus periksa ke dokter. Karena nyeri akut sering disebabkan oleh cedera, nyeri Anda ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan dokter. Namun juga perlu periksa ke dokter dengan segera setelah cedera terjadi. Rasa sakit biasanya hilang beberapa minggu setelah cedera sembuh. Sedangkan sakit kronis, Anda mungkin perlu ke dokter Anda secara teratur untuk mendiskusikan pengobatan terbaik tentang bagaimana mengelola rasa sakit Anda. Kebanyakan pasien tidak periksa ke dokter segera dan harus mencoba beberapa perawatan untuk mengatasi rasa sakit.

Sakit punggung merupakan kondisi yang paling kompleks

Nyeri punggung adalah kondisi yang kompleks karena begitu dekat dengan tulang belakang. Tulang belakang Anda adalah pusat dari banyak fungsi yang penting: menjaga punggung agar tegak, memberikan Anda gerakan, melindungi saraf Anda, melindungi organ dan, memproduksi suplai darah, dll.

Namun kecuali ketika ada penyebab spesifik nyeri punggung, misalnya tumor atau infeksi, diagnosis sering sulit untuk dilakukan. Alasan mengapa ini terjadi karena rasa sakit yang bersifat subjektif. Hanya orang yang mengalami rasa sakit yang dapat sepenuhnya menjelaskan rasa sakit mereka secara rinci. Karena rasa sakit Anda bersifat subjektif, tidak setiap jenis pengobatan akan bekerja. Anda mungkin harus mencoba perawatan yang berbeda untuk melihat apakah pengobatan tersebut bekerja untuk Anda. Membuat catatan mengenai rasa sakit dan reaksi terhadap pengobatan tertentu akan dapat membantu. Hal ini juga akan membantu dokter Anda lebih memahami rasa nyeri. Selain itu, hanya ada beberapa perawatan standar untuk sakit punggung. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sakit punggung, Anda harus fleksibel dan aktif dalam mencari apa pengobatan yang terbaik untuk Anda.

Anda mungkin perlu mencoba jenis perawatan yang berbeda

Setiap orang mencari harapan dalam pengobatan untuk kesembuhan total. Pengobatan pertama bagi orang dengan nyeri kronis biasanya adalah dengan penggunaan obat. Anda bisa mendapatkan resep dari dokter Anda. Namun, rasa sakit bisa kambuh kembali dan terus menghambat hidup Anda. Jika demikian, rekomendasi bagi Anda selanjutnya adalah operasi. Namun, operasi dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah. Metode terakhir yaitu perubahan gaya hidup, yang berarti mengurangi faktor-faktor yang dapat menyebabkan atau memperburuk rasa sakit, dikombinasikan dengan kelompok terapi dan dukungan. teknik sederhana yang meliputi:

  • Makan bergizi, porsi kecil, seringlah makan makanan yang menjadi energi tubuh (misalnya ayam dan sayur).
  • Berlatih meditasi setiap hari.
  • Melakukan olahraga moderat, seperti peregangan.

Anda perlu menenangkan pikiran Anda saat mengobati rasa sakit

Nyeri tidak hanya mempengaruhi Anda secara fisik tetapi juga perasaan mental. Hal ini terbentuk ketika sinyal rasa sakit dari tubuh Anda berjalan ke otak melalui neuron nyeri. Pada otak, sinyal diproses dan menyebabkan tubuh Anda untuk bereaksi dengan tepat.

Ketika rasa sakit terlalu banyak atau terlalu sering, sinyal-sinyal ini dapat mempengaruhi transmisi lainnya, seperti sinyal yang mengontrol perasaan, emosi dan perilaku. Berurusan dengan nyeri kronis dapat menyebabkan depresi, sulit tidur, dan stres. Anda harus mencari pengobatan yang tepat untuk gejala ini dan juga untuk gejala nyeri fisik Anda.

Dengan memperkuat pikiran Anda, Anda dapat meningkatkan ambang nyeri Anda. Beberapa terapi yang dapat Anda gunakan seperti terapi fisik atau terapi kognitif-perilaku yang perlahan-lahan dapat membangun toleransi dan mengurangi rasa sakit Anda.

Pengelolaan nyeri merupakan hal yang menantang dan memiliki banyak fokus masalah yang khusus dan berbeda

Pengobatannya memiliki banyak cabang. Salah satunya adalah pengelolaan nyeri yang difokuskan pada mengurangi penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang hidup dengan rasa sakit. Kadang-kadang Anda perlu fokus pada daerah yang berbeda untuk membantu mengelola rasa sakit Anda. Anestesi, neurologi, psikiatri dan perawatan paliatif adalah beberapa dari spesialisasi manajemen nyeri. Jika Anda sedang mencari dokter untuk pengobatan atau perawatan tertentu, disarankan agar Anda mencari seorang spesialis pada bidang-bidang tersebut.

Sebagai contoh, beberapa ahli bedah tulang belakang juga mengkhususkan diri dalam manajemen nyeri. Operasi tulang belakang dapat digunakan untuk mengobati nyeri kronis. Metode seperti menanamkan  kabel stimulator atau pompa nyeri tulang belakang bisa menghilangkan rasa sakit kronis yang tidak menanggapi pengobatan lain.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang rasa sakit dan ingin tahu lebih banyak tentang apa pengobatan yang sesuai untuk kondisi Anda, apakah bergantung pada obat atau pilihan lain. Dokter Anda dapat membimbing Anda dalam arahan yang tepat untuk manajemen yang terbaik dari rasa sakit Anda.

Hello Health Group tidak memberikan saran medis, diagnosis atau pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca