4 Penyebab Sendi Tangan Nyeri, dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31/03/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Tubuh manusia dilengkapi oleh banyak persendian, yang masing-masingnya dapat mengalami gangguan. Nyeri sendi pada bagian tubuh mana pun tentu membuat Anda tidak nyaman dan sulit beraktivitas. Apalagi jika nyeri terjadi pada sendi tangan, salah satu bagian tubuh yang terpenting untuk Anda melakukan berbagai hal. Jadi, penting untuk mencari tahu penyebab serta pengobatan yang tepat untuk mengatas sendi tangan yang sakit. Berikut penjelasannya yang wajib Anda ketahui.

Penyebab umum nyeri sendi tangan

Persendian tangan membentuk koneksi antar tulang telapak tangan dengan tulang-tulang jari, disebut sebagai “buku jari”, dan tulang telapak tangan dengan pergelangan tangan. Persendian tangan berfungsi untuk mengerakkan bagian tubuh yang terhubung pada tulang. Maka ketika salah satu sendi pada tangan nyeri, aktivitas Anda pasti akan terganggu.

Penyebab nyeri sendi pada umumnya adalah cedera fisik atau akibat dari peradangan kronis dalam tubuh. Lantas, apa penyebab nyeri sendi tangan?

1. Arthritis

Arthritis adalah peradangan pada sendi yang dapat diakibatkan oleh berbagai jenis penyakit. Ada lebih dari 100 jenis arthritis. Namun, yang paling sering menyebabkan nyeri pada persendian tangan adalah osteoarthritis, rheumatoid arthritis (rematik), dan asam urat (gout).

Arthritis adalah penyebab nyeri sendi yang cukup umum terjadi, terutama pada orang-orang di atas usia 65 tahun. Meski begitu, banyak pula anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang mengalaminya.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mempunyai masalah radang sendi jenis apa pun, kemungkinan Anda mengalami penyakit yang sama akan lebih besar.

2. Cedera

Cedera atau trauma fisik yang langsung mengenai persendian tangan dapat menyebabkan nyeri. Cedera biasanya cenderung terjadi akibat kecelakaan seperti jatuh terjerembap yang membuat Anda harus menahan beban tubuh dengan tangan, atau dampak dari kecelakaan bermotor yang mengenai bagian tangan.

Selain itu, nyeri sendi bisa disebabkan karena cedera otot yang keseleo atau terkilir saat olahraga. Penyebab sendi tangan sakit ini terjadi karena adanya robekan di bagian ligamen atau tendon. Gejala umum yang biasa dirasakan oleh Anda adalah terjadinya pembengkakan, memar, pergerakan sendi terbatas serta menjadi tidak stabil.

Cedera yang mengakibatkan dislokasi bahu juga dapat membuat sendi tangan terasa sakit secara tidak langsung. Sendi yang berada di area bahu merupakan sendi yang paling mudah bergerak dan membuat lengan Anda bisa bergerak ke berbagai arah. Cedera pada bahu dapat berdampak pada kemampuan serta cakupan seluruh tangan untuk bergerak.

3. Pemakaian berulang

Aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tangan atau jari jemari secara berulang, misalnya mengetik di kibord komputer, mengayunkan bola, angkat beban, memotong daging, dan lain sebagainya memberikan tekanan kepada persendian tangan yang kemudian menyebabkan peradangan di otot dan ligamen sekitarnya.

4. Tendonitis

Tendonitis adalah peradangan yang biasanya terjadi pada tendon di bahu, siku, dan juga pergelangan tangan. Tendon dan ligamen mengatur tulang-tulang pada sendi. Ini adalah penyebab umum dari sakit bahu, siku, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki pada orang awam atau atlet.

Nyeri sendi tangan yang satu ini pun mempunyai tingkat rasa sakit dari mulai ringan sampai berat. Gejala yang biasa dirasakan adalah pembengkakan ringan, nyeri tekan, dan juga pegal-pegal.

Cara mengatasi nyeri pada sendi tangan

Nyeri sendi taraf ringan biasanya dapat mereda sendiri tanpa pengobatan khusus. Namun jika rasa sakitnya terus berlarut atau malah bertambah parah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jangan pula menunda mengobati masalahnya jika Anda sudah merasa tidak sanggup dengan rasa sakitnya.

1. Mengompres area sendi yang sakit

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah beristirahat. Apabila dengan beristirahat rasa nyeri masih belum juga hilang, coba untuk tempelkan handuk hangat persendian yang sakit.

Kompres hangat bantu melancarkan aliran darah dan suplai oksigen sehingga lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Sirkulasi darah yang lancar akan membantu otot merileks dan mengurangi nyeri. Suhu hangat juga akan mengurangi kekakuan dan meningkatkan rentang gerak sendi tangan yang nyeri.

Namn jika persendian yang nyeri tampak bengkak, tempelkan kompres dingin. Kompres dingin dapat merangsang penyempitan diameter pembuluh darah dan memperlambat aliran darah yang menuju ke lokasi cedera. Penurunan aliran darah ini akan menyebabkan berkurangnya zat-zat perangsang inflamasi yang bergerak menuju lokasi cedera sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri.

Tempelkan kompres pada bagian tangan yang terasa nyeri selama 15-20 menit. Berikan jeda selama 30-60 menit sebelum mengulang kompresan.

2. Minum obat pereda nyeri

Mengompres saja tidak cukup mempan meredakan nyeri? Agar lebih cepat sembuh, Anda dapat minum obat yang dapat meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan sekaligus juga melindungi sendi Anda dari serangan selanjutnya.

Apabila tidak sempat menemui dokter, Anda bisa mengonsumsi jenis obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) dengan catatan Anda tidak mempunyai alergi dengan obat-obatan tersebut. Beberapa pilihan obat yang tergolong sebagai NSAID adalah:

3. Oles obat topikal

Anda juga bisa meredakan serta mengatasi sendi tangan sakit dengan bantuan agen topikal seperti koyo atau obat oles yang mengandung capsaicin.

Zat ini dapat memblokir zat P yang membantu mengirimkan sinyal rasa sakit, dan memicu pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang disebut endorfin. Maka dari itu, agen topikal ini bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi tangan serta kondisi lainnya.

4. Terapi fisik

Apabila dalam jangka waktu tertentu sakit atau nyeri pada sendi tangan masih kembali, Anda bisa melakukan terapi fisik. Tidak hanya untuk meredakan nyeri, tetapi juga membantu membangun kekuatan pada bagian tangan dan mencegah kembalinya rasa sakit.

Latihan yang dilakukan bermanfaat untuk mengembalikan fleksibilitas sendi tangan yang sakit. Selain itu, latihan yang dilakukan juga dapat memperkuat dan meregangkan otot di sekitar sendi tangan secara bertahap. Hal yang perlu diingat adalah untuk membuat sendi tetap aktif agar sakit tidak memburuk dan menjadi kaku.

Selain terapi fisik, Anda juga bisa mencoba meredakan nyeri atau sakit dengan akupuntur. Cara kerja akupuntur adalah dengan menggunakan jarum khusus yang ditusukkan pada titik tertentu pada tubuh di bahwa kulit untuk menstimulasi saraf.

Setelah itu, tubuh akan melepaskan pereda nyeri alami—hormon endorfin. Meskipun tidak ada bukti kuat bahwa akupuntur efektif, cara ini perlu dicoba jika pengobatan non-bedah lainnya tidak membantu.

5. Melakukan prosedur injeksi

Injeksi steroid bisa dianjurkan oleh dokter jika Anda menderita nyeri sendi tangan yang parah dan tidak sembuh dalam beberapa minggu. Nyeri bisa memburuk beberapa jam setelah obat disuntikkan, tetapi kebanyakan orang merasa lebih baik setelahnya.

Tidak cukup sekali, saat sendi tangan sakit pun mungkin Anda membutuhkan injeksi kedua. Rentang waktu yang dianjurkan adalah setiap 3 bukan hingga 4 bulan. Ada beberapa opsi injeksi lainnya seperti:

  • Injeksi kortison yang mengandung hormon kortikosteroid untuk mengurangi terjadinya reaksi bengkak pada nyeri sendi tangan atau reaksi alergi.
  • Menghilangkan cairan dari sendi.
  • Menggunakan suntikan versi sintetis dari cairan sendi alami, yaitu suntikan hyaluronan.

6. Operasi

Untuk sebagian besar kasus, operasi tidak dianjurkan. Nyeri sendi tangan bisa sembuh dengan pilihan non-bedah.

Namun, jika Anda mengalami kondisi khusus atau nyeri tidak dapat dikendalikan dengan obat atau latihan, Anda akan dianjurkan untuk menjalani operasi.

  • Kekakuan sendi: siku Anda kaku, dan tulang abnormal terbentuk. Operasi membantu mengangkat tulang abnormal tersebut dan jaringan lunak lainnya. Setelah operasi, Anda bisa mengembalikan rentang gerak Anda.
  • Arthritis: arthritis bisa membuat tangan Anda kesulitan untuk menggenggam dan mengangkat benda. Operasi dapat mengangkat tulang abnormal atau mengganti persendian tersebut.

Tergantung pada tingkat aktivitas dan keterbatasan gerak Anda, dokter akan membantu Anda dalam menentukan operasi. Setelah operasi, terapi fisik bisa dijalani untuk membantu Anda kembali ke aktivitas normal dengan lebih cepat.

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk nyeri sendi tangan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka itu, tidak ada salahnya untuk Anda melakukan tindakan pencegahan agar meminimalisir terjadinya cedera yang mengakibatkan sendi tangan sakit. Beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Lakukan peregangan pada tangan Anda secara teratur. Terutama untuk Anda yang rutin berolahraga.
  • Pastikan gerakan peregangan pun benar untuk mencegah cedera
  • Gunakan peralatan yang dapat melindungi bagian tangan Anda
  • Berhati-hati saat akan mengangkat barang yang berat
  • Jaga berat badan Anda untuk membantu mengurangi tekanan juga stres pada sendi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meredakan nyeri sendi. Cari rekomendasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 17/04/2020 . 6 mins read

Macam-Macam Penyebab Nyeri pada Sendi Kaki dan Cara Mengatasinya

Ketika sendi kaki terasa nyeri, aktivitas Anda pasti sangat terganggu. Jangan remehkan sakit pada sendi kaki. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 05/04/2020 . 8 mins read

10 Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Sendi, dengan Atau Tanpa Resep Dokter

Merasa cukup terganggu dengan nyeri sendi belakangan ini? Apabila sudah tidak tahan, minum obat penghilang sakit dapat membantu meredakan nyeri sendi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 09/02/2020 . 9 mins read

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut adalah keluhan sakit fisik yang umum. Cari tahu macam-macam penyebab, pilihan obat, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 07/02/2020 . 8 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi nyeri sendi

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 mins read
sendi rahang sakit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 mins read
nyeri sendi bahu

6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . 7 mins read
gejala nyeri sendi

7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020 . 8 mins read