Olahraga sangat penting untuk semua orang, tidak terkecuali untuk penderita diabetes. Olahraga membantu mengontrol berat badan, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan sirkulasi. Olahraga dengan teratur juga dapat mengurangi stres, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Jika Anda memiliki diabetes, janganlah takut untuk melakukan olahraga, karena itu cara yang bagus agar tetap sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh para diabetesi, seperti latihan kardio dan latihan beban. Lalu mana yang lebih baik dilakukan?

Manfaat latihan kardio untuk diabetesi

Latihan kardio meningkatkan denyut jantung dan pernapasan saat beraktivitas, sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu membakar lemak yang tersimpan. Jika diiringi mengubah kebiasaan makan, diabetesi dapat menurunkan berat badan dan akan menjaga berat badan mereka dengan latihan kardio.

Lebih dari 90 persen orang dengan diabetes saat ini memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Kehilangan berat badan juga dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan terkait diabetes lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Latihan kardio ini termasuk berjalan, berenang, bersepeda, tenis, dan lainnya.

Manfaat latihan beban untuk diabetesi

Latihan beban adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda. Ini adalah bagian penting dari setiap rencana kebugaran. Anda tidak harus datang ke gym untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan barbel, karet resistensi, atau bahkan menggunakan berat badan Anda sendiri untuk membangun otot.

Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Ketika Anda bertambah usia, latihan kekuatan atau latihan ketahanan, dapat membantu Anda tetap melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, mengangkat benda, dan naik tangga. Terlebih, itu juga baik untuk tulang Anda.

Untuk penderita diabetes, latihan beban dapat membantu tubuh Anda untuk merespon insulin lebih baik, memperbaiki penggunaan gula darah, menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau neuropati diabetik (komplikasi pada saraf akibat diabetes), sebaiknya Anda tidak melakukan latihan beban.

Olahraga untuk diabetes: latihan kardio atau latihan beban?

Penelitian menunjukkan bahwa latihan beban sama baiknya dengan latihan kardio untuk mendorong tubuh Anda menggunakan insulin dengan baik. The American Diabetes Association merekomendasikan orang-orang dengan diabetes tipe 2 agar memulai program latihan beban untuk membantu tubuh mengontrol gula darah. Selain itu, untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan, cara yang paling efektif adalah dengan menambahkan latihan beban ke rutinitas kardio Anda.

Latihan beban dapat meningkatkan manfaat latihan kardio. Ini berarti semakin kuat otot Anda, semakin banyak kalori yang terbakar saat istirahat dan juga saat berolahraga. Latihan kardio dan latihan beban adalah kombinasi sempurna untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Bila dilakukan bersamaan, penderita diabetes dapat membangun otot, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan komplikasi diabetes lainnya.

Menambahkan latihan fleksibilitas ke dalam rutinitas latihan Anda adalah kombinasi olahraga untuk diabetes yang baik. Peregangan, Tai Chi, dan yoga adalah cara terbaik untuk meningkatkan atau mempertahankan fleksibilitas dan cocok untuk dilakukan siapapun. Pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya membantu mencegah cedera dan akan memungkinkan Anda memaksimalkan latihan Anda.

Tips melakukan olahraga untuk diabetes

Sebelum Anda memulai melakukan rutinas olahraga Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai jenis latihan apa yang akan Anda lakukan. Konsultasikan dengan rutin setiap perubahan latihan yang akan Anda lakukan pada dokter Anda. Pantau tingkat gula darah Anda sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Selalu perhatikan juga menu makanan yang sehat untuk Anda. Jaga pola hidup sehat dan bila perlu, gunakan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium. Mineral ini dapat meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah. Segeralah mulai olahraga dan pastikan selalu menyertakan perenggangan dalam latihan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca