Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah, Apa Artinya?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda mendengar indeks glikemik pada makanan? Sebagian besar orang termasuk Anda mungkin masih asing dengan istilah ini. Sebenarnya, indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan yang Anda makan diubah menjadi glukosa, yaitu cikal bakal energi.

Nah, indeks glikemik (IG) ini memengaruhi kestabilan gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah lebih lambat dalam meningkatkan gula darah dibanding dengan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Namun, apa itu makanan dengan indeks glikemik rendah? Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu makanan dengan indeks glikemik rendah?

Untuk kelangsungan hidup, tubuh memerlukan energi dari makanan, paling utama berasal dari karbohidrat misalnya nasi, mie, jagung, ubi, kentang, dll. Setiap kali Anda mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat, maka karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang kemudian merangsang pelepasan hormon insulin dari pankreas.

Setelah itu, glukosa dalam darah dikirim ke berbagai sel, disimpan pada otot menjadi glikogen, atau disimpan pada sel lemak sebagai energi nantinya. Pada proses ini akan ada perubahan pada kadar gula darah dan hormon insulin dalam tubuh. Perubahan kadar gula dalam tubuh yang disebabkan oleh konsumsi makanan mengandung karbohidrat, dapat diukur menggunakan indeks glikemik (IG).

Makanan yang mengandung karbohidrat tentunya, memiliki indeks glikemik yang berbeda-beda, yaitu, indeks glikemik tinggi, sedang, dan juga rendah. Indeks glikemik ini ditandai dengan angka dari 1 sampai 100.

Semakin tinggi indeks glikemik, berarti proses diubahnya makanan menjadi glukosa (gula darah) menjadi sangat cepat, begitu pula sebaliknya.

Makanan dengan IG rendah memiliki angka di bawah 55, yang menunjukkan bahwa karbohidrat dalam makanan tersebut lebih lambat dipecah menjadi glukosa sehingga kadar gula darah hanya mengalami sedikit peningkatan dan terjadi secara bertahap.

Memilih makanan dengan IG rendah dapat membantu mencegah kadar gula darah dan level insulin melonjak tinggi dengan cepat. Melakukan diet dengan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik yang tepat (karbohidrat kompleks, tinggi serat, lemak tidak jenuh, dan protein tanpa lemak jenuh) berarti membantu Anda untuk menghindari berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit jantung, dan obesitas.

Apa saja makanan yang memiliki indeks glikemik rendah?

edamame kedelai

Makanan dengan indeks glikemik rendah biasanya mengandung serat tinggi, mengandung sedikit gula atau tanpa gula, dan hanya mengalami sedikit proses pengolahan. Secara garis besar ada dua klasifikasi karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana (yang lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga lebih cepat menaikkan gula darah dalam tubuh dan umumnya memiliki nilai indeks glikemik tinggi misalnya roti putih, kue, donat, dll.) dan karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna sehingga lebih lama menaikkan kadar gula darah dan umumnya memiliki nilai indeks glikemik rendah.

Beberapa contoh makanan dengan indeks glikemik rendah dan sehat di antaranya hampir semua sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, selada, atau sawi memiliki nilai IG rendah, yaitu 1 sampai 7.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian dengan nilai IG sekitar 1 sampai 17, seperti kacang kedelai, beras merah, , kacang almond, walnut, atau biji labu. Sekarang ini, banyak makanan camilan yang dibuat dari kacang-kacangan, terutama kedelai. Selain rendah glikemik, camilan tersebut juga dapat menunda lapar sehingga cocok untuk mengendalikan berat badan.
  • Buah segar dengan IG sekitar 4 sampai 14, seperti apel, jeruk, stroberi, lemon, dll.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . 4 menit baca

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . 4 menit baca

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 31/03/2020 . 4 menit baca

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Penderita diabetes pasti sudah tidak asing dengan alat tes gula darah. Namun, tahukan Anda bagaimana sebuah strip bisa memberikan informasi sepenting itu?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Fakta Unik 27/03/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 4 menit baca
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 4 menit baca
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 menit baca
camilan untuk penderita diabetes

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 3 menit baca