Amankah Pakai Bawang Putih untuk Mengobati Kutu Air?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Kutu air merupakan salah satu penyebab kaki gatal. Kondisi ini terjadi akibat pertumbuhan jamur pada kaki yang tidak terkendali dan menyebabkan infeksi. Nah, bawang putih dikenal sebagai salah satu pengobatan rumahan untuk kutu air. Namun, amankah pengobatan kutu air dengan cara ini?

Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati kutu air

Kutu air atau dikenal juga dengan tinea pedis (athlete’s foot) merupakan salah satu infeksi jamur pada kaki. Meski bisa memengaruhi bagian kaki mana pun, infeksi ini paling sering menyerang sela-sela jari kaki.

Selain gatal, kutu air ditandai juga dengan munculnya kulit bersisik dan kemerahan yang menimbulkan rasa perih. Penularannya melalui kontak kulit yang terinfeksi atau sering terpapar lantai lembap tempat hidupnya jamur, seperti kamar mandi, ruang ganti, dan kolam renang.

Untungnya, kutu air dapat diobati dengan krim antijamur yang dioleskan ke kulit. Namun, ada pula bahan alami juga yang diyakini berpotensi untuk menyembuhkan kutu air, seperti bawang putih.

Bawang putih mengandung ajoene, yakni senyawa organosulfur yang berpotensi mengobati tinea pedis. Studi tahun 2000 pada Journal of the American Academy of Dermatology, membuktikan manfaat bawang putih dalam pengobatan tinea pedis jangka pendek.

Sebanyak 47 tentara yang didiagnosis mengalami infeksi jamur kaki dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok diminta untuk mengikuti perawatan yang berbeda, yakni mengoleskan 0,6% ajoene, 1% ajoene, dan 1% terbinafine (obat untuk infeksi jamur) selama 1 minggu sebanyak 2 kali sehari.

Hasilnya menunjukkan adanya proses pemulihan lebih cepat, dengan urutan 1% ajoene, 1% terbinafine, dan 0,6% ajoene. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bawang putih bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk kutu air.

Namun, tidak semua orang cocok dengan pengobatan ini

manfaat makan bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Berdasrkan studi, bawang putih memang bisa dijadikan perawatan tinea pedis. Namun, tidak semua orang cocok dengan pengobatan ini. Contohnya, kasus yang terjadi pada seorang wanita di Inggris, dilansir dari laman Live Science.

Wanita tersebut menggunakan bawang putih untuk mengobati infeksi jamur pada kakinya. Caranya dengan memotong bawang putih tipis-tipis lalu ditempelkan pada area kaki yang terkena kutu air.

Alih-alih menyembuhkan, wanita tersebut merasakan sensasi terbakar pada kakinya. Bahkan, kulit kakinya pun melepuh hingga ke area ibu jari kaki. Untungnya, kondisi ini mendapatkan penanganan dokter segera sehingga dapat pulih 2 minggu setelahnya. Akan tetapi, bagaimana bisa terjadi?

Dr. Lisa Maier, seorang dermatolog sekaligus dosen di University of Washington, menjelaskan alasan kenapa bawang putih malah memperparah kutu air.

Menurutnya, selain mengandung senyawa ajoene yang menyembuhkan, bawang putih juga mengandung senyawa kimia diallyl disulfide. Senyawa ini diketahui dapat mengiritasi, menyebabkan luka bakar, atau ruam akibat alergi serta memicu eksim.

Jadi, selain bisa mengobati, bawang putih juga dapat memperparah tinea pedis. Sebelum menggunakannya sebagai pengobatan, baiknya menguji sensitivitas kulit dengan bawang putih lebih dahulu.

Jika muncul rasa gatal atau sensasi panas, urungkan niat Anda untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami kutu air. Jangan ragu untuk periksa ke dokter, terutama bila Anda punya kulit yang sensitif, alergi, atau eksim. Dokter akan meresepkan krim antijamur, seperti terbinafine dan clotrimazole.

Bila infeksi sudah menyebar hingga ke kuku, obat antijamur bentuk tablet (oral) akan lebih efektif untuk mengobati kutu air ketimbang krim antijamur atau bawang putih.

Sumber foto: Gannet.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Tangan Gatal dan Terasa Panas Terbakar Setelah Pegang Bawang Putih?

Bawang putih sangat umum dipakai sebagai bahan masakan. Pernahkah Anda merasakan gatal di tangan setelah memegang bawang putih ketika masak? Apa sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/06/2019 . 3 menit baca

Ini Plus Minusnya Bila Ibu Menyusui Makan Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga populer dijadikan obat-obatan. Nah, bolehkan ibu menyusui makan bawang putih? Simak plus minusnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Parenting, Menyusui 19/04/2019 . 4 menit baca

Mengulik Khasiat Bawang Putih untuk Mengobati Batuk dan Pilek

Selain untuk penyedap masakan, bawang putih ternyata sering digunakan sebagai obat untuk mengobati flu atau pilek. Namun, benarkah ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Flu, Health Centers 13/04/2019 . 4 menit baca

4 Pilihan Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Air yang Mengganggu

Jangan buru-buru ambil obat untuk meringankan kaki gatal akibat kutu air. Ada bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kutu air. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kulit, Health Centers 19/03/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

ilustrasi wanita terkena infeksi jamur kulit yang dapat diatasi dengan obat oles atau salep jamur kulit

Kapan Harus Menggunakan Obat Antijamur Saat Muncul Gatal pada Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 4 menit baca
bawang putih obat sakit gigi

Cara Menggunakan Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 16/04/2020 . 4 menit baca
makan bawang kanker payudara

Banyak Makan Bawang Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 04/12/2019 . 4 menit baca
manfaat black garlic

Bukan Bawang Putih Biasa, Ini 5 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/11/2019 . 4 menit baca