5 Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Punya kulit wajah kering, bahkan hingga pecah-pecah? Kulit wajah kering kesannya “lebih baik” dibanding kulit berminyak yang rentan jerawatan. Padahal kulit kering bisa membuat wajah terlihat kusam, sensitif, bahkan lebih cepat keriput. Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering supaya lebih lembab dan kenyal?

Tips mengatasi kulit wajah kering

1. Hindari mandi lama dengan air panas

Anda mungkin memilih mandi atau berendam dengan air panas yang lama karena ini membantu Anda merasa santai setelah hari yang sibuk. Namun, mandi yang lama dengan air panas tidak baik bagi kulit. Ini mengangkat minyak dari kulit lebih cepat daripada mandi dengan air yang hangat. Minyak diproduksi untuk melindungi kulit supaya tetap lembap. Mandi lama dengan air panas membuat kulit kering.

Maka dari itu, Anda harus mandi dengan air hangat. Cuaca di luar panas dan tidak apa jika Anda mandi dengan air yang hangat. Dan mandi atau berendam hanya selama 5 hingga 10 menit.

2. Bersihkan kulit dengan lembut

Anda mungkin merasa bahwa kulit Anda lebih kotor di cuaca panas dengan keringat dan kotoran dari lingkungan. Sabun yang kuat seperti sabun antibakteri dan deodorant dan pembersih yang kuat mengangkat minyak dan sel-sel kulit yang alami. Anda harus membersihkan kulit dengan sabun ringan untuk mengangkat kotoran, kelebihan minyak, dan sel-sel kulit mati.

Pilih pembersih bebas sabun, alkohol, atau pewangi. Bersihkan kulit dengan lembut sewaktu Anda mencucinya. Anda dapat menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati satu atau dua kali seminggu. Ingatlah bahwa kulit Anda kering dan pecah-pecah. Jangan membuatnya semakin kering.

3. Jangan ketinggalan pakai pelembab

Penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Hidrasi baik bagi setiap kulit, terutama kulit kering. Anda dapat memakai pelembap setelah mandi dan mencuci wajah dan tangan. Tunggu hingga 5 menit untuk kulit Anda menyerapnya. Anda berkeringat di cuaca panas tidak berarti Anda tidak membutuhkan pelembap.

4. Hati-hati saat bercukur

Jika Anda seorang pria dan rutin mencukur kumis atau jenggot, ingatlah bahwa mencukur dapat mengiritasi atau bahkan melukai kulit, terutama jika kulit kering dan pecah-pecah. Sewaktu Anda mencukur rambut, Anda juga membuang minyak alami dari kulit.

Anda harus mencukur setelah mandi, ketika kulit terhidrasi dan rambut lembut. Gunakan busa mencukur, atau krim untuk melindungi kulit. Selalu mencukur mengikuti arah tumbuh rambut.

Pisau cukur harus tajam sehingga Anda tidak perlu mencukur ulang area tersebut. Ganti pisau cukur secara rutin.

5. Gunakan tabir surya

Kulit Anda dapat melindungi tubuh Anda, tetapi ia juga membutuhkan perlindungan. Matahari dapat membuat kulit terbakar—bagi sebagian orang, kulit gelap terbakar adalah kulit yang modis. Namun, radiasi IV dari matahari dapat merusak kulit, menyebabkan kulit terbakar, atau kanker kulit. Dan Anda tahu, di cuaca panas, kulit dapat lebih sering terpapar matahari.

Anda harus menggunakan tabir surya. Faktor perlindungan matahari (SPF) harus 30 atau lebih. Semakin lama Anda berada di bawah sinar matahari, semakin tinggi SPF tabir surya yang harus Anda pilih. Oleh karena tabir surya tidak melindungi kulit sepenuhnya, Anda harus menggunakan pakaian untuk menutupi kulit.

Perawatan kulit sangatlah penting untuk menjaga penampilan baik dan kesehatan kulit, terutama di cuaca panas dan ketika kulit Anda kering dan pecah-pecah. Cuaca panas membuat kulit Anda terpapar lebih banyak faktor resiko dan kulit kering membuat kulit itu sendiri menjadi lebih rentan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Jarang Diketahui

Jika kulit Anda tampak kusam dan tidak sehat, kondisi ini mungkin menandakan kulit dehidrasi. Ini perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020
lebih baik peeling atau scrub

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/03/2020