Mengandalkan Makeup untuk Tutupi Jerawat, Memangnya Boleh?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Punya jerawat di wajah memang mengganggu penampilan dan bikin kita kurang percaya diri. Akibatnya, tidak sedikit orang yang rela melakukan berbagai cara untuk menyamarkannya. Salah satunya dengan memakai makeup saat ke luar rumah. Namun, apakah aman menutupi jerawat pakai makeup? Berikut penjelasannya.

Amankah menutupi jerawat pakai makeup?

pakai makeup waterproof

Makeup bukan cuma bertujuan untuk mempercantik diri, tapi juga sering diandalkan sebagai jalan pintas untuk menutupi jerawat. Biasanya, kebanyakan wanita menggunakan foundation atau concealer yang ampuh menyamarkan jerawat dalam sekejap.

Akan tetapi, pakai makeup untuk menutupi jerawat ternyata tidak selamanya jadi cara yang tepat, lho. Menurut Mona Gohara, M.D., seorang ahli dermatologi dari Yale School of Medicine, Amerika Serikat, beberapa jenis makeup memang dapat membantu menyamarkan jerawat, tapi pada saat bersamaan juga memperparah jerawat.

Hal ini turut disetujui oleh Shereene Idriss, M.D., seorang ahli dermatologi dari Union Square Laser Dermatology di New York. Menurutnya, ada bahan-bahan tertentu di dalam makeup yang dapat menyumbat pori-pori dan memperparah peradangan (breakout) jerawat.

Salah satu contohnya adalah foundation berbasis minyak atau air. Meski memang ampuh menutupi jerawat, kandungan minyak di dalamnya dapat semakin memperburuk jerawat di wajah. Apalagi kalau digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Anda boleh pakai makeup saat jerawatan, asal….

makeup remover alami

Menurut American Academy of Dermatology, Anda sebetulnya boleh saja, kok, menutupi jerawat pakai makeup. Akan tetapi, perhatikan dulu jenis makeup yang Anda gunakan.

Foundation sebetulnya bukan satu-satunya produk makeup yang bisa Anda andalkan. Ahli dermatologi dari McLean Dermatology and Skincare Center, Lily Talakoub, M.D, juga menyarankan Anda untuk menghindari penggunaan primer jika kulit wajah Anda sedang bermasalah.

Sebagai solusinya, gunakan concealer bebas minyak yang lebih aman untuk pori-pori wajah. Kalau Anda terbiasa memakai foundation, pilihlah jenis foundation yang bebas minyak dan bersifat non-komedogenik yang tidak memicu timbulnya komedo.

Yang terpenting, gunakan makeup hanya pada saat dibutuhkan saja. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi wajah, khususnya jerawat, untuk bernapas. Semakin banyak paparan oksigen yang mengenai jerawat, maka proses penyembuhannya pun bisa jadi lebih cepat.

Begitu selesai beraktivitas, segeralah cuci muka menggunakan pelembap bebas minyak dan bersifat non-komedogenik. Bersihkan juga kuas-kuas makeup yang baru saja Anda gunakan sebelum digunakan lagi esok hari.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mitos atau Fakta: Jerawat Muncul Karena Faktor Keturunan

Faktor munculnya jerawat memang banyak, tetapi banyak orang yang mengira bahwa faktor keturunan menjadi salah satu penyebab utama. Benarkah demikian?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Jerawat bisa muncul di tempat yang tak biasa, seperti di bibir. Jangan asal pencet jika mau cepat sembuh! Begini cara mengatasi jerawat yang benar.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
jerawat muncul meski di rumah

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020