home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-hati, Pemakaian Minyak Esensial Pada Anak Laki-laki Bisa Sebabkan Payudaranya Membesar

Hati-hati, Pemakaian Minyak Esensial Pada Anak Laki-laki Bisa Sebabkan Payudaranya Membesar

Pernahkah Anda memakai minyak esensial? Nah, minyak esensial memang memiliki beragam jenis dan banyak manfaat. Misalnya, minyak lavender yang populer sebagai aromaterapi dan tea tree oil ampuh untuk membasmi jerawat. Walaupun manfaat minyak esensial melimpah, penelitian menunjukkan bahwa efek samping minyak esensial ini berpotensi menyebabkan ginekomastia pada anak laki-laki.

Apa itu ginekomastia dan bagaimana bisa minyak ini menyebabkan kondisi demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Kenali ginekomastia pada laki-laki

Ginekomastia adalah kondisi pembesaran payudara pada pria yang abnormal. Walaupun pria dan wanita memiliki kelenjar payudara, dalam hal ukuran keduanya berbeda. Payudara wanita akan membesar setelah memasuki pubertas, sementara laki-laki tidak. Kondisi ini bisa terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir, anak laki-laki selama pubertas, dan pria yang lebih tua.

Pembesaran payudara ini tidak sebabkan oleh kelebihan lemak karena kelebihan berat badan. Melainkan muncul karena adanya jaringan payudara tambahan. Jadi, sekalipun orang yang memiliki kondisi ini sudah mengurangi berat badannya, jaringan pada payudaranya tidak akan berkurang.

Munculnya ginekomastia disebabkan oleh ketidakseimbangan antara hormon seksual, yaitu testosteron dan estrogen. Wanita cenderung memiliki lebih banyak hormon estrogen, sementara pria lebih banyak hormon testosteron. Akan tetapi, pria dengan ginekomastia memiliki hormon estrogen yang lebih tinggi sehingga ukuran payudara menjadi berkembang lebih besar.

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan trisiklik, steroid anabolik, dan obat-obatan lainnya bisa memicu terjadinya ginekomastia.

Efek samping minyak esensial berpotensi menyebabkan ginekomastia

payudara besar

Ternyata penyebab ginekomastia tidak hanya sebatas penggunaan obat tertentu saja, tetapi juga minyak esensial. Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian yang dilakukan oleh J. Tayler Ramsey dan rekannya di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) menyebutkan bahwa efek samping minyak esensial, terutama minyak lavender dan tea tree oil bisa menyebabkan ginekomastia pada anak laki-laki.

Pada penelitian tersebut ditemukan tiga orang anak laki-laki yang memiliki ginekomastia akibat terpapar minyak lavender dan tea tree oil. Kondisi ini kemungkinan besar terjadi karena adanya gangguan sistem endokrin dalam memproduksi hormon. Ketiga pasien tersebut cenderung menggunakan produk minyak lavender dan tea tree oil pada tubuh secara langsung dan berulang, tidak dicampur dengan air.

Zat kimia yang terkandung pada minyak esensial tersebut bersifat estrogenik dan antiandrogenik, yang bisa menyebabkan kadar estrogen menjadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan risiko anak laki-laki mengalami pembesaran payudara. Beberapa kandungan zat minyak lavender dan tree tea oil yang kemungkinan besar menganggu hormon meliputi:

  • eucalyptol
  • 4-terpineol
  • dipentene/limonene
  • alpha terpineol
  • linalyl acetate
  • linalool
  • alpha-terpinene
  • gamma-terpinene

Yang perlu diperhatikan orangtua dalam memilih produk untuk anak

Walaupun minyak esensial seperti minyak lavender dan tea tree oil terbuat dari bahan-bahan alami. Bukan berarti minyak ini aman digunakan oleh anak-anak. Jadi, orangtua harus memilih dan memahami efek samping dari produk apa pun yang digunakan oleh anak. Selain mengacaukan hormon, kemungkinan efek samping lain yang umum terjadi adalah memicu asma dan alergi pada anak.

Ginekomastia sebenarnya bukan masalah yang serius. Namun, bisa memengaruhi mental anak, seperti kehilangan rasa percaya diri karena malu dengan kondisi tubuhnya. Hal ini tentu tidak akan baik untuk tumbuh kembangnya.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan bila anak mengalami pembengkakan payudara, puting susu dan areola (daerah berwarna gelap yang mengelilingi puting susu) yang perlahan menguncup serta sering mengeluhkan rasa nyeri di salah satu atu kedua payudaranya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Essential oils may disrupt normal hormonal activity. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266129.php. Diakses pada 278Mei 2018.

Treating gynecomastia. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266129.php. Diakses pada 278Mei 2018.

Essential Oils May Disrupt Hormones of Young Boys. https://www.healthline.com/health-news/essential-oils-hormone-disruption-for-boys#1. Diakses pada 278Mei 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 22/06/2018
x