Hati-hati, Pemakaian Minyak Esensial Pada Anak Laki-laki Bisa Sebabkan Payudaranya Membesar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda memakai minyak esensial? Nah, minyak esensial memang memiliki beragam jenis dan banyak manfaat. Misalnya, minyak lavender yang populer sebagai aromaterapi dan tea tree oil ampuh untuk membasmi jerawat. Walaupun manfaat minyak esensial melimpah, penelitian menunjukkan bahwa efek samping minyak esensial ini berpotensi menyebabkan ginekomastia pada anak laki-laki.

Apa itu ginekomastia dan bagaimana bisa minyak ini menyebabkan kondisi demikian? Simak ulasannya berikut ini.

Kenali ginekomastia pada laki-laki

Ginekomastia adalah kondisi pembesaran payudara pada pria yang abnormal. Walaupun pria dan wanita memiliki kelenjar payudara, dalam hal ukuran keduanya berbeda. Payudara wanita akan membesar setelah memasuki pubertas, sementara laki-laki tidak. Kondisi ini bisa terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir, anak laki-laki selama pubertas, dan pria yang lebih tua.

Pembesaran payudara ini tidak sebabkan oleh kelebihan lemak karena kelebihan berat badan. Melainkan muncul karena adanya jaringan payudara tambahan. Jadi, sekalipun orang yang memiliki kondisi ini sudah mengurangi berat badannya, jaringan pada payudaranya tidak akan berkurang.

Munculnya ginekomastia disebabkan oleh ketidakseimbangan antara hormon seksual, yaitu testosteron dan estrogen. Wanita cenderung memiliki lebih banyak hormon estrogen, sementara pria lebih banyak hormon testosteron. Akan tetapi, pria dengan ginekomastia memiliki hormon estrogen yang lebih tinggi sehingga ukuran payudara menjadi berkembang lebih besar.

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan trisiklik, steroid anabolik, dan obat-obatan lainnya bisa memicu terjadinya ginekomastia.

Efek samping minyak esensial berpotensi menyebabkan ginekomastia

payudara besar

Ternyata penyebab ginekomastia tidak hanya sebatas penggunaan obat tertentu saja, tetapi juga minyak esensial. Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian yang dilakukan oleh J. Tayler Ramsey dan rekannya di National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS) menyebutkan bahwa efek samping minyak esensial, terutama minyak lavender dan tea tree oil bisa menyebabkan ginekomastia pada anak laki-laki.

Pada penelitian tersebut ditemukan tiga orang anak laki-laki yang memiliki ginekomastia akibat terpapar minyak lavender dan tea tree oil. Kondisi ini kemungkinan besar terjadi karena adanya gangguan sistem endokrin dalam memproduksi hormon. Ketiga pasien tersebut cenderung menggunakan produk minyak lavender dan tea tree oil pada tubuh secara langsung dan berulang, tidak dicampur dengan air.

Zat kimia yang terkandung pada minyak esensial tersebut bersifat estrogenik dan antiandrogenik, yang bisa menyebabkan kadar estrogen menjadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan risiko anak laki-laki mengalami pembesaran payudara. Beberapa kandungan zat minyak lavender dan tree tea oil yang kemungkinan besar menganggu hormon meliputi:

  • eucalyptol
  • 4-terpineol
  • dipentene/limonene
  • alpha terpineol
  • linalyl acetate
  • linalool
  • alpha-terpinene
  • gamma-terpinene

Yang perlu diperhatikan orangtua dalam memilih produk untuk anak

Walaupun minyak esensial seperti minyak lavender dan tea tree oil terbuat dari bahan-bahan alami. Bukan berarti minyak ini aman digunakan oleh anak-anak. Jadi, orangtua harus memilih dan memahami efek samping dari produk apa pun yang digunakan oleh anak. Selain mengacaukan hormon, kemungkinan efek samping lain yang umum terjadi adalah memicu asma dan alergi pada anak.

Ginekomastia sebenarnya bukan masalah yang serius. Namun, bisa memengaruhi mental anak, seperti kehilangan rasa percaya diri karena malu dengan kondisi tubuhnya. Hal ini tentu tidak akan baik untuk tumbuh kembangnya.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan bila anak mengalami pembengkakan payudara, puting susu dan areola (daerah berwarna gelap yang mengelilingi puting susu) yang perlahan menguncup serta sering mengeluhkan rasa nyeri di salah satu atu kedua payudaranya.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Efek Samping Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

Terlepas manfaatnya bagi tubuh, romaterapi ternyata menyimpan efek buruk yang dapat merugikan kesehatan. Simak efek samping aromaterapi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengupas Manfaat dan Efek Samping Minyak Mustard

Minyak mustard adalah minyak esensial dan bahan masak dengan rasa tajam yang khas. Tidak hanya lezat, minyak mustard juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pencernaan 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat minyak amla

Segudang Khasiat Minyak Amla dari Menguatkan Akar Rambut Hingga Meredakan Sembelit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak kutus kutus

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak argan untuk kecantikan

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit