home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Awas, Ini Bahaya Keseringan Pakai Celana Jeans Bagi Kesehatan Penis

Awas, Ini Bahaya Keseringan Pakai Celana Jeans Bagi Kesehatan Penis

Celana jeans bisa dibilang sebagai celana andalan bagi semua kalangan, terlebih bagi kaum pria. Apalagi sekarang sudah banyak model celana jeans yang membuat pria terlihat semakin modis. Namun siapa sangka, sering pakai celana jeans, apalagi jeans yang ketat, bisa menimbulkan masalah pada penis pria. Seperti apa bahayanya? Simak penjelasan berikut ini.

Penelitian membuktikan, keseringan pakai celana jeans bisa mengganggu organ reproduksi pria

Dilansir dari laman Medical News Today, sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.000 pria Inggris menunjukkan bahwa pemakaian celana jeans ketat dapat menyebabkan berbagai masalah pada organ vital pria, di antaranya infeksi saluran kemih, torsio testis, penis bengkok, kandung kemih lemah, dan masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Benar saja, hasil menunjukkan bahwa 50 persen pria yang memakai celana jeans ketat mengalami ketidaknyamanan di pangkal paha. Sementara itu, lebih dari 25 persennya mengalami masalah kandung kemih dan 1 dari 5 pria mengalami penis bengkok.

Menurut seorang pakar medis Dr. Hilary Jones, pemakaian celana jeans atau celana dalam yang ketat sudah pasti menghambat aliran udara pada area organ vital pria. Selain itu, celana yang ketat dapat memicu spermatic cord – yaitu struktur berbentuk tali yang melindungi testis – terpelintir dan menghentikan suplai darah ke testis. Akibatnya, pria rentan terkena torsi testis. Bila sudah terjadi, perlu segera dilakukan pembedahan untuk menghindari kerusakan permanen atau pengangkatan testis.

Keseringan pakai celana jeans ketat dalam jangka waktu yang lama lebih sering menyebabkan pria terkena infeksi saluran kemih. Ini dikarenakan celana jeans ketat memberikan tekanan berlebihan di area selangkangan dan organ vital, sehingga kulit di area tersebut tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini pun memicu perkembangan jamur yang bisa masuk ke organ vital dan menginfeksi saluran kemih.

Apakah keseringan pakai celana jeans juga memengaruhi kesuburan pria?

Sebuah studi yang dilakukan oleh pusat penelitian kesuburan di Universities of Manchester and Sheffield menemukan bahwa kebiasaan pakai celana jeans yang ketat tidak memengaruhi jumlah sperma sehat, dibandingkan dengan memakai celana pendek yang longgar. Walaupun tidak ada hubungannya, Anda tidak bisa langsung merasa aman dan lantas memakai celana jeans sesuka hati.

Ingat, ada bahaya lain yang mengintai kesehatan organ vital Anda seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ini yang harus diperhatikan sebelum pakai celana jeans

Faktanya, lebih dari 33 persen laki-laki tidak mengetahui ukuran jeans mereka yang benar. Maka tidak heran, beberapa di antaranya cenderung memakai celana jeans yang ukurannya tidak tepat dan cenderung terlalu ketat. Bahkan hanya tujuh persen pria yang mementingkan faktor pemilihan bahan yang nyaman saat memilih celana jeans. Ya, para pria kebanyakan lebih mementingkan penampilan ketimbang efek pada kesehatannya.

Hematnya, pakai celana jeans boleh-boleh saja, kok! Asalkan hindari memakai celana jeans yang ketat selama beraktivitas, apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikan ruang udara yang cukup di sekitar area selangkangan agar organ vital Anda terasa nyaman. Selain itu, pilihlah celana jeans yang agak longgar dengan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan yang membahayakan organ vital Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Skinny Jeans Cause Health Problems For Men. https://www.medicalnewstoday.com/articles/247826.php. Accessed 7/3/2018.

Skinny Jean Dangers. https://www.mensfitness.com/styleandgrooming/fashion/skinny-jean-dangers. Accessed 7/3/2018.

Fashion For Tight Jeans is Increasing Testicular Problems Among Men. https://www.telegraph.co.uk/news/health/news/9393537/Fashion-for-tight-jeans-is-increasing-testicular-problems-among-men.html. Accessed 7/3/2018.

Are Your Skinny Jeans Giving You Testicular Cancer? https://www.aia.com.my/en/what-matters/health-wellness/skinny-jeans-and-testicular-cancer.html. Accessed 7/3/2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 15/03/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x