Atasi Penis Gatal yang Mengganggu Dengan Pilihan Bahan Alami dan Obat Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Rasa gatal di penis dan area sekitarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya alergi, gesekan dengan pakaian, kudis, hingga infeksi menular seksual. Respons pertama Anda saat merasakan gatal di area tersebut mungkin adalah menggaruk. Akan tetapi, cara ini kurang tepat karena kulit penis justru bisa terluka bila Anda menggaruknya terlalu sering atau terlalu kasar.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jika penis gatal? Tentunya perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah berbagai cara mengatasi gatal di penis yang dianjurkan.

Mengatasi penis gatal dengan cara alami

Sebelum menggunakan obat-obatan, Anda bisa mencoba meringankan rasa gatal pada penis secara alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Berikut di antaranya:

1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat dermatitis kontak, kudis, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam, dan peradangan pada area kemaluan. Caranya, basahi lap dengan air dingin, lalu usapkan pada penis selama 5-10 menit. Tidak ada air dingin? Anda juga bisa membungkus es batu menggunakan lap, lalu lakukan langkah yang sama.

2. Menghindari penggunaan sabun

Penggunaan sabun dapat menyebabkan kulit penis menjadi kering dan menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasinya, hentikan sementara penggunaan sabun saat Anda membersihkan area kelamin. Sebagai gantinya, Anda cukup membersihkan penis menggunakan air hangat.

3. Membalurkan pelembap alami

Anda dapat menggunakan pelembap alami seperti gel lidah buaya untuk meredakan gatal akibat iritasi. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang gatal hingga rasa gatal berkurang.

Mengatasi gatal di penis dengan obat 

Cara alami memang dapat meringankan rasa gatal, tapi rasa gatal bisa kembali jika penyebabnya belum diatasi. Cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter biasanya akan menyarankan pengobatan sebagai berikut:

1. Obat atau krim antijamur

Penis gatal bisa terjadi karena area di sekitar selangkangan lembap akibat keringat. Hal ini akan memicu jamur tumbuh di sekitar area tersebut. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan obat antijamur. Selain itu, Anda juga harus menjaga area penis dan selangkangan tetap kering agar jamur tidak tumbuh kembali.

2. Antibiotik

Antibiotik dapat membantu mengatasi penis gatal yang disebabkan oleh bakteri. Perlu diingat, antibiotik yang diresepkan harus digunakan sesuai anjuran dokter supaya bisa bekerja secara efektif.

3. Menggunakan krim steroid topikal

Krim steroid topikal tidak hanya dapat meringankan gatal, tapi juga kemerahan dan peradangan pada area sekitarnya. Karena itulah, krim steroid seringkali digunakan untuk mengatasi gatal akibat penyakit kulit.

4. Menggunakan pelembap

Gesekan antara penis dengan pakaian bisa menyebabkan iritasi dan lambat laun menimbulkan rasa gatal. Guna mengatasi rasa gatal akibat iritasi, Anda dapat mengoleskan pelembap secara rutin. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan jenis pelembap yang sesuai dengan kondisi Anda.

Walaupun bisa ditangani secara alami, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila rasa gatal di penis tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah. Waspadai pula gejala lain seperti munculnya ruam, luka lepuh, nyeri, atau keluarnya cairan dari penis. Pasalnya, gejala-gejala tersebut mungkin menandakan kondisi yang lebih serius dan perlu ditangani lebih lanjut.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kutu Kelamin

Kutu kelamin atau kemaluan adalah kondisi yang terjadi saat Anda memiliki serangga berukuran sangat kecil yang berada di kelamin Anda. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Kesehatan Seksual, Penyakit Menular Seksual 27 November 2018 . Waktu baca 6 menit

9 Penyebab Munculnya Bintik Merah di Penis dan Cara Mengatasinya

Meski bisa dikarenakan kurang bersihnya area genital atau iritasi, bintik merah di penis bisa menjadi gejala masalah kesehatan yang cukup serius. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 11 Mei 2018 . Waktu baca 7 menit

Panduan Membersihkan Penis Dengan Benar dan Aman

Jika Anda tidak rajin membersihkan penis setiap hari, “daki” yang disebut smegma akan menumpuk di sekitar lipatan kulit penis Anda. Apa bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 27 April 2017 . Waktu baca 5 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 6 Maret 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal di selangkangan

8 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
vagina gatal

Vagina Gatal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 17 Juni 2019 . Waktu baca 14 menit
alat reproduksi pria

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Reproduksi Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 April 2019 . Waktu baca 6 menit
penis merah

5 Penyebab Penis Kemerahan, dari Balanitis Hingga Keseringan Masturbasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit