Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Mengenal 4 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut

    Mengenal 4 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut

    Selain untuk minuman, kopi sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan tubuh, salah satunya rambut. Memangnya, apa saja manfaat kopi untuk rambut? Cari tahu jawabannya berikut ini!

    Manfaat kopi untuk rambut

    Memiliki rambut yang indah, berkilau, dan sehat sudah tentu menjadi impian semua orang. Sayangnya, rambut rontok atau kebotakan adalah masalah yang umum dikeluhkan.

    Oleh sebab itu, butuh perawatan ekstra untuk menjaga rambut dengan kondisi ini. Kopi menjadi salah satu bahan yang dipilih untuk perawatan kulit kepala dan rambut.

    Berdasarkan beberapa penelitian, berikut adalah manfaat kopi untuk rambut.

    1. Mengurangi kerontokan

    Berdasarkan studi pada Skin Pharmacology and Physiology, kafein yang terkandung pada produk perawatan rambut terbukti mengatasi kerontokan rambut.

    Kafein merupakan senyawa aktif yang ada pada kopi. Senyawa ini mempengaruhi folikel rambut dengan merangsang pemanjangan batang rambut, menyehatkan kulit kepala, dan membuat rambut jadi lebih kuat.

    Pada studi ini, pria dan wanita yang mengalami androgenetic alopecia (AGA), yakni kebotakan di usia muda melaporkan pengurangan kerontokan rambut selama menggunakan bahan-bahan yang mengandung kafein.

    Efeknya hampir setara dengan obat minoksidil yang sering diresepkan pada pasien dengan AGA.

    Namun, manfaat kopi untuk rambut rontok ini hanya didapatkan dengan dosis kafein yang tepat. Kopi juga perlu ditaburkan langsung ke kulit kepala atau dibarengi dengan keramas.

    2. Menghitamkan warna rambut

    Menyisir Rambut

    Rambut yang kusam atau beruban pada sebagian orang biasanya diatasi dengan mewarnai rambut. Sayangnya, pewarna rambut kadang membuat rambut jadi kering dan rusak.

    Walaupun rambut jadi kembali berwarna hitam berkilau, rambut malah jadi mudah kusut. Jika begini, Anda perlu perawatan lebih untuk mengatasi rambut kering dan kusut.

    Tenang, Anda bisa menggunakan kopi sebagai pewarna rambut, tanpa membuat rambut jadi rapuh dan sulit diatur.

    Ketika Anda ketumpahan kopi di baju, biasanya ada bercak noda yang tertinggal. Nah, noda ini bisa membantu rambut jadi lebih hitam secara alami, terutama pada orang yang rambut beruban.

    Meski begitu, kopi mungkin tidak memberikan hasil yang permanen selayaknya pewarna rambut kimia.

    Anda juga perlu melakukan pewarnaan rambut dengan kopi berulang kali sampai warna dari kopi terlihat cukup pekat.

    Tips menghitamkan rambut dengan kopi

    1. Seduh bubuk kopi dengan air hangat
    2. Oleskan kopi ke setiap helai rambut.
    3. Diamkan dan tutupi handuk.
    4. Setelah itu, bilas dam keramas.
    5. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    3. Mengharumkan rambut

    Setelah seharian bekerja, tubuh pasti berkeringat, apalagi jika Anda menggunakan penutup kepala, seperti hijab atau topi. Keringat bisa jadi semakin banyak di sekitar kulit kepala.

    Keringat tidak cuma membuat rambut jadi lepek, tapi juga bau apek. Memang Anda bisa menghilangkan bau tidak sedap ini dari rambut dengan keramas.

    Namun, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan kopi yang ada di rumah. Ya, kopi memang sering dijadikan pewangi, seperti parfum atau pengharum ruangan.

    Manfaat kopi ini juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi rambut yang bau. Aroma sedap yang kuat dari kopi ini berasal dari senyawa 2-furfurylthiol.

    Cara merawat rambut dengan kopi ini bisa dilakukan dengan langkah yang sama seperti menghitamkan rambut.

    4. Membersihkan ketombe

    Kopi cukup terkenal sebagai bahan eksfoliasi. Artinya, kopi bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaat kopi ini juga bisa diterapkan ke kulit kepala untuk mengatasi ketombe.

    Memang tidak ada penelitian yang mengamati hal ini, tapi kopi bisa membantu mengangkat ketombe yang tidak terangkat ketika Anda keramas.

    Anda perlu memijat seduhan serbuk kopi di atas kulit kepala secara perlahan. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

    Manfaat kopi untuk rambut ini bisa Anda lakukan secara terpisah dengan sampo atau bisa juga Anda campur keduanya sekaligus.

    Hal yang perlu diperhatikan

    Potensi Manfaat Kopi Pada Penderita Prediabetes dan Diabetes Saat Pandemi COVID-19

    Penggunaan kopi untuk perawatan rambut secara alami, kebanyakan mengharuskan kopi diseduh terlebih dahulu. Nah, Anda perlu berhanti-hati dalam menerapkannya.

    Selalu tunggu sampai kopi benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke rambut Anda.

    Tujuannya, untuk menghindari masalah kulit kepala, seperti iritasi, sehingga jangan pernah mengoleskan kopi panas langsung ke rambut.

    Di samping itu baiknya gunakan shower cap atau handuk ketika mendiamkan kopi ke rambut atau kulit kepala. Alat ini akan mencegah tetesan kopi masuk ke mata.

    Semua manfaat kopi bagi rambut bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin, bukan hanya sesekali saja.

    Ingat, ikuti juga perawatan rambut lainnya agar hasilnya jadi lebih optimal.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Völker, J. M., Koch, N., Becker, M., & Klenk, A. (2020). Caffeine and its pharmacological benefits in the management of Androgenetic Alopecia: A Review. Skin Pharmacology and Physiology, 33(3), 93–109. https://doi.org/10.1159/000508228

    Pennmedicine.org. (n.d.). Retrieved June 16, 2022, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2016/september/coffee-benefits

    Why does your coffee taste and smell delicious? – american chemical society. (n.d.). Retrieved June 15, 2022, from https://www.acs.org/content/dam/acsorg/pressroom/reactions/infographics/why-does-your-coffee-taste-and-smell-delicious.pdf

    Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2021, September 21). Dandruff. Mayo Clinic. Retrieved June 16, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850

    Carvalho Neto, D. P., Gonot-Schoupinsky, X. P., & Gonot-Schoupinsky, F. N. (2021). Coffee as a naturally beneficial and sustainable ingredient in personal care products: A systematic scoping review of the evidence. Frontiers in Sustainability, 2. https://doi.org/10.3389/frsus.2021.697092

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Jul 14
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
    Next article: