Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Cerahkan Kulit dan Atasi Jerawat

    Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Cerahkan Kulit dan Atasi Jerawat

    Daun sirih adalah salah satu tumbuhan yang memiliki khasiat untuk kulit wajah. Manfaat daun sirih untuk wajah ini disebut-sebut dapat mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat.

    Benarkah demikian? Yuk cari tahu apa saja manfaat daun sirih untuk wajah!

    Manfaat daun sirih untuk wajah

    Daun sirih merupakan tanaman obat yang mudah dibudidayakan di rumah dan cukup popular di Asia.

    Tanaman ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi masalah kulit, termasuk di wajah.

    Tanaman ini mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti protein, iodin, hidroksiprolin, vitamin A, B1 dan B2, serta asam nikotinat.

    Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Hue University Vietnam menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih bersifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antikanker.

    Biasanya ekstrak daun sirih terdapat dalam produk perawatan wajah alami seperti minyak esensial dan krim wajah.

    Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wajah yang mungkin belum Anda ketahui.

    1. Mencerahkan kulit wajah

    manfaat daun sirih untuk wajah

    Mengutip dari jurnal Cosmetics (2021), hiperpigmentasi kulit atau kelebihan produksi melanin (pigmen kulit) dapat menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam.

    Tak hanya itu, terkena paparan sinar matahari terus-menerus juga dapat menyebabkan kulit jadi mudah kusam dan timbul flek hitam.

    Kabar baiknya, manfaat daun sirih untuk wajah dapat membantu mengembalikan kecerahan kulit Anda.

    Salah satu cara memutihkan wajah dengan daun sirih yaitu dengan menggunakan krim wajah yang mengandung ekstrak daun sirih dan bahan aktif lainnya.

    Tanaman ini mengandung protein dan vitamin A yang dapat menutrisi kulit wajah dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

    Selain itu, kandungan hidroksiprolin pada daun sirih dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi.

    Beberapa kandungan aktif lain pada produk skincare yang memiliki manfaat sama seperti daun sirih yaitu hydroquinone dan krim retinoid.

    2. Mengatasi masalah jerawat

    Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan.

    Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah meningkatnya jumlah bakteri di wajah yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

    Journal of Biomedicine and Translational Research (2020) menyebutkan bahwa dalam pengobatan jerawat kita bisa mendapatkan manfaat antibakteri yang berasal dari bahan alami.

    Salah satu bahan alami tersebut bisa didapatkan dari tanaman obat seperti daun sirih.

    Dalam hal ini, manfaat daun sirih untuk wajah berperan penting karena bersifat antibakteri dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari serangan patogen.

    Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan produk skincare mengandung daun sirih yang dikombinasikan dengan bahan aktif lain seperti benzoil peroksida.

    3. Membantu proses penyembuhan luka

    Peningkatan kadar stres oksidatif dapat menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka.

    Dalam hal ini, daun sirih untuk wajah memiliki peran penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

    Pasalnya, daun sirih merupakan sumber antioksidan yang bisa mengurangi stres oksidatif selama kulit dalam masa pemulihan akibat luka.

    Hal ini didukung oleh hasil penelitian dalam jurnal Heliyon (2021) tentang efektivitas daun sirih dalam membantu penyembuhan luka.

    Daun sirih berperan sebagai agen pelindung kulit dengan meningkatkan laju kontraksi luka dan mengoptimalkan kerja kandungan protein dalam meregenerasi sel.

    Selain itu, ekstrak daun sirih juga memiliki efek antiseptik yang sangat kuat untuk menyembuhkan luka bakar dan mencegah peradangan pada kulit akibat infeksi.

    Cara menggunakan daun sirih untuk wajah

    manfaat daun sirih untuk wajah

    Meskipun beberapa penelitian menyebutkan manfaat daun sirih untuk mencerahkan wajah, tetapi Anda juga tidak boleh sembarangan menggunakannya.

    Pasalnya, tidak semua tipe kulit cocok dengan penggunaan tanaman herbal, terlebih bila Anda memiliki jenis kulit sensitif.

    Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengolah daun sirih untuk wajah agar terhindar dari masalah kulit akibat iritasi atau reaksi alergi.

    1. Merebus daun sirih

    Menurut jurnal Molecules (2021), rebusan air daun sirih dapat digunakan sebagai toner atau astringent.

    Anda bisa membasuh wajah menggunakan rebusan air daun sirih yang sudah didinginkan.

    Sifat antibakteri dan antijamurnya dapat membantu mengurangi masalah jerawat Anda.

    2. Membuat masker daun sirih

    Anda bisa menggunakan beberapa lembar daun sirih untuk ditumbuk bersama air biasa atau pelarut seperti air mawar secukupnya hingga mendapatkan kekentalan yang Anda inginkan.

    Pastikan Anda sudah mencuci wajah terlebih dahulu sebelum menerapkan masker daun sirih buatan Anda.

    Gunakan pada area wajah hingga leher dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air hangat atau air biasa.

    Meskipun banyak manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa Anda dapatkan, perlu diketahui bahwa penelitian tentang efektivitas daun sirih untuk memutihkan wajah masih terbatas.

    Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit Anda mengenai efektivitas daun sirih atau cara medis memutihkan wajah lainnya.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Omar, S.S.S.; Hadi, H.; Mohd Hanif, N.; Ahmad, H.M.A.; Ng, S.-F. Lightening Effect of Skin Lightening Cream Containing Piper betle L. Extract in Human Volunteers. Cosmetics 2021, 8, 32. https:// doi.org/10.3390/cosmetics8020032

    Chế Thị, C., Nguyễn, H., & Lê Hoàng, D. (2021). Influence of Piper betle L. extract on umbilical cord cells in vitro and potential treating cutaneous wound. Heliyon, 7(3), e06248. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06248

    Riawenni, S. (2017). Aktivitas Antibakteri Krim Antijerawat yang Mengandung Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle L.) Terhadap Propionibacterium Acne. Retrieved 19 August 2022, from https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1415?show=full

    Meinisasti, R., Muslim, Z., Krisyanella, & Sunita, R. (2020). The Effectiveness Test of Betel Leaf Ethanol Extract Cream (Piper Betle Linn) Toward Propionibacterium acnes Bacterial Growth. Bioscientia Medicina : Journal Of Biomedicine And Translational Research, 4(2), 10-17. doi: 10.32539/bsm.v4i2.112

    Nayaka, N., Sasadara, M., Sanjaya, D., Yuda, P., Dewi, N., Cahyaningsih, E., & Hartati, R. (2021). Piper betle (L): Recent Review of Antibacterial and Antifungal Properties, Safety Profiles, and Commercial Applications. Molecules, 26(8), 2321. doi: 10.3390/molecules26082321

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Dwi Ratih Ramadhany Diperbarui 4 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: