7 Perubahan yang Terjadi Pada Wajah Saat Berhenti Pakai Makeup

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pernah merasa ingin pergi ke luar rumah tanpa sedikit pun goresan makeup di wajah? Anda yang sudah terbiasa menggunakan makeup mungkin pernah merasa berat di wajah dan lelah menghabiskan banyak waktu dengan berbagai produk makeup. Hal ini sebenarnya memberikan isyarat agar Anda sesekali membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa makeup. Memangnya, apa yang akan terjadi pada kulit saat berhenti pakai makeup? Bukannya malah bikin wajah pucat? Daripada menebak-nebak, lebih baik cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Perubahan pada kulit saat berhenti pakai makeup

Setelah terbiasa menggunakan makeup dan tiba-tiba memutuskan untuk berhenti pakai makeup, Anda mungkin akan merasa pucat dan kurang percaya diri. Eits, tunggu dulu. Hal ini wajar, kok. Namun, berhenti pakai makeup justru membuat kulit Anda meraup banyak manfaat berikut ini.

1. Kulit dapat bernapas lega

Memakai makeup yang berlapis-lapis di wajah sama halnya dengan memasok bahan kimia dari makeup setiap hari. Padahal, kandungan bahan kimia pada makeup dapat membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat. Akibatnya, sirkulasi kulit terganggu dan ini bisa memicu timbulnya jerawat-jerawat yang menjengkelkan.

Tiap kali Anda tidak menggunakan makeup, maka Anda membiarkan kulit wajah bernapas lebih lega tanpa sumbatan kotoran di pori-pori wajah. Akibatnya, kulit Anda menjadi lebih bersih dari jerawat.

2. Pori-pori tersamarkan

Kebiasaan buruk setelah memakai makeup adalah tidak membersihkannya dengan baik. Padahal, dalam satu hari saja wajah sudah terpapar banyak kotoran dan polutan udara. Semua ini dapat menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat dan kian membesar.

Nah, penumpukan kotoran ini dapat diminimalkan dengan membiarkan wajah bebas makeup. Pori-pori wajah menjadi lebih rapat tersamarkan sehingga kulit lebih kencang. Jangan lupa, katakan selamat tinggal pada kerutan di wajah Anda.

3. Kulit terlihat lebih bersih dan sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk makeup memang sering menjadi biang keladi timbulnya jerawat di wajah. Terlebih kebanyakan wanita justru berusaha menutupi jerawat tersebut dengan makeup berlapis-lapis. Ini berarti sama saja makin memicu jerawat di wajah, bukan?

Di sisi lain, membiarkan wajah tanpa makeup memberikan efek sebaliknya. Menghentikan penggunaan foundation (alas bedak) selama satu minggu dapat membantu membersihkan jerawat dan menghentikan ruam di wajah. Tentu saja, kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari peradangan akibat paparan kuman dari produk makeup.

4. Menurunkan risiko infeksi mata

Penggunaan eyeliner dan maskara dapat menimbulkan infeksi pada mata, terlebih bila digunakan secara rutin. Sebab, tabung maskara menyimpan kuman dan bakteri yang dapat mengiritasi mata hingga memicu infeksi mata, salah satunya konjungtivitis.

Hal ini akan semakin parah bila Anda memiliki kebiasaan saling pinjam eyeliner dan maskara dengan teman atau saudara. Perpindahan bakteri dari riasan mata menjadi semakin mudah sehingga siklus penularan akan terus berputar. Jadi, mana yang lebih baik dilakukan untuk mencegah infeksi mata, tetap menggunakan perias mata atau justru berhenti menggunakannya?

bahaya pakai maskara setiap hari

5. Terhindar dari kulit kering

Selain menyumbat pori-pori, kandungan bahan kimia pada makeup dapat membuat kulit wajah cenderung kering dan kusam. Pasalnya, tumpukan bahan kimia tersebut menghambat proses regenerasi sel kulit. Sel kulit baru yang seharusnya menggantikan sel kulit mati menjadi terhambat sehingga kulit menjadi lebih kering dan kusam.

Oleh karena itu, dengan membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa makeup, maka proses regenerasi sel kulit wajah menjadi lebih maksimal. Alhasil, kulit terlihat lebih segar dan awet muda.

6. Mengurangi alergi

Banyak produk-produk makeup yang mengandung berbagai bahan kimia berbahaya, seperti paraben, sulfat, dan logam. Bahan-bahan tersebut mudah sekali memicu reaksi alergi pada beberapa wanita. Reaksi alergi ini terdiri dari dua jenis, yaitu dermatitis kontak iritan dan dermatitis kontak alergi.

Dermatitis kontak iritan terjadi bila kulit bersentuhan dengan bahan beracun. Hal ini memberikan efek berupa rasa gatal, kemerahan, dan luka bakar pada kulit. Sementara pada dermatitis kontak alergi lebih memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang setelah kontak dengan zat asing.

Oleh karena itu, gunakan makeup sesuai kebutuhan dan pastikan untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa setiap makeup. Bila Anda ingin benar-benar terhindar dari alergi di wajah, sebaiknya kurangi penggunaan makeup secara bertahap.

7. Wajah terlihat cantik alami

Meskipun pada awalnya Anda merasa pucat dan kurang percaya diri tanpa makeup, Anda justru dapat menunjukkan kecantikan alami Anda. Pasalnya, bintik-bintik dan rona kemerahan di pipi justru membuat Anda terlihat lebih muda. Tenang saja, lama kelamaan Anda jadi terbiasa dan semakin percaya diri untuk keluar rumah tanpa riasan makeup.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit