home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Pengidap Hepatitis Harus Rajin Berolahraga

Kenapa Pengidap Hepatitis Harus Rajin Berolahraga

Olahraga memperbaiki tubuh dan kesehatan Anda sepenuhnya, terutama pada orang yang menderita penyakit kronis seperti hepatitis. Berikut adalah 5 manfaat olahraga untuk hepatitis.

Beragam manfaat olahraga untuk hepatitis

1. Meningkatkan massa otot

Olahraga adalah cara terbaik untuk memperkuat otot tubuh. Jika dilakukan secara teratur, olahraga dapat mempertahankan berat badan sehat. Berat badan yang berlebihan meningkatkan jumlah sel lemak di hati yang bisa menyebabkan penyakit perlemakan hati dan kerusakan hati. Kelebihan berat badan juga merupakan alasan penyebab resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

2. Membakar kalori secara lebih efisien

Sebagian orang akan kesulitan menjaga berat badan saat menderita hepatitis. Ini karena hati Anda tidak dapat memproses protein dan karbohidrat secara efektif. Bagaimanapun, tubuh Anda akan bekerja secara lebih efektif jika Anda membakar kalori dengan berolahraga.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Olahraga menstimulasi sel-sel darah putih bergerak dalam tubuh. Dengan diaktifkannya antibodi ini, akan dihasilkan hormon yang bekerja untuk memperingatkan tubuh supaya melindungi diri dari virus, seperti pilek, dan flu. Terlalu banyak antibodi bisa memberikan efek yang berkebalikan, jadi diskusikan dengan dokter terlebih dahulu. Jika Anda menjalani pengobatan, Anda harus tahu hitung darah lengkap (CBC) terakhir Anda dan harus melakukan penyesuaian. Pelajaran yang dapat diambil adalah olahraga memperkuat setiap bagian tubuh, bahkan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah.

4. Meningkatkan mood

Penelitian terbaru telah menunjukkan kaitan langsung antara depresi dan virus hepatitis C sebagai akibat dari obat-obatan dan gejalanya. Selama berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin yang bisa memblokir reseptor nyeri dan menghasilkan perasaan bahwa fisik Anda sehat. Hormon tersebut juga seperti sedatif yang telah terbukti mengurangi stres. Pertimbangkan untuk berjalan kaki memutari satu blok jika Anda merasa sehat di lain waktu. Lihat seberapa baik perasaan Anda setelahnya.

5. Memberikan energi

Anda mungkin berpikir bahwa ini tidak masuk akal — tetapi ini kenyataannya. Berolahraga membantu Anda mempertahankan kesehatan seiring waktu juga memberikan Anda dorongan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas seperti biasanya.

Anda tidak bisa menghitung berapa banyak manfaat dari berolahraga untuk hepatitis, tetapi hari demi hari, tubuh dan kesehatan Anda akan merasakan efeknya. Mengikuti program latihan yang dianjurkan oleh dokter akan sangat membantu untuk pengobatan Anda, dan dalam banyak segi, olahraga bisa menjadi obat terbaik untuk penyakit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.


Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 02/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x