home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Semua Hal yang Perlu Anda Pahami Tentang Operasi Ambeien

Semua Hal yang Perlu Anda Pahami Tentang Operasi Ambeien

Ambeien juga dikenal sebagai wasir atau hemoroid adalah penyakit yang sangat umum terjadi pada orang dewasa. Gejala yang ditimbulkan sering kali mengganggu aktivitas. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan komplikasi parah. Jika cukup parah, dokter biasanya akan merekomendasikan operasi ambeien. Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai operasi wasir atau hemoroid berikut ini.

Kapan operasi ambeien harus dilakukan?

mitos ambeien

Menurut situs Mayo Clinic, ambeien adalah peradangan dan pembengkakan pada pembuluh darah vena di sekitar anus.Penyebab dari wasir sangat beragam, umumnya karena kebiasaan duduk lama, kehamilan, atau kurang asupan serat.

Adanya peradangan pada vena menyebabkan rasa nyeri dan gatal pada anus. Beberapa di antaranya mugkin juga mengalami gejala ambeien, seperti BAB berdarah. Gejala hemoroid ini menandakan adanya gesekan atau pembengkakan vena yang pecah.

Untungnya, ambeien dapat diobati dengan berbagai cara. Mulai dari memakai salep, minum obat medis atau memakai bahan alami. Sayangnya, pada kasus yang lebih parah, cara tersebut tidak cukup ampuh untuk mengobati ambeien, sehingga perlu dilakukan operasi.

Operasi wasir atau hemoroid biasanya dilakukan ketika jenis ambeien luar terjadi atau ketika ambeien dalam telah keluar dari dinding rektum ke anus.

Jenis operasi ambeien yang perlu Anda ketahui

prosedur operasi ambeien

Operasi untuk mengatasi wasir terdiri dari dua jenis, yakni:

1. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah cara paling efektif untuk mengobati ambien yang berat dan berulang. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan sedasi, anestesi spinal, atau anestesi umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien ini. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya. Waktu pemulihan biasanya sekitar dua minggu, tapi mungkin bisa lebih lama sekitar tiga sampai enam minggu untuk beraktivitas normal.

2. Hemorrhoidopexy

Hemorrhoidopexy atau disebut sebagai stapling/ menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektum ke anus sehingga dapat kembali ke tempatnya di dalam rektum Anda dan memotong aliran darah sehingga jaringan akan menyusut dan diserap kembali.

Waktu pemulihan operasi ambeien ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi. Prosedur ini juga tidak terlalu menyakitkan.

Bagaimana prosedur operasi ambeien dilakukan?

obat bius sebelum operasi

Operasi ambeien atau disebut juga dengan hemoroidektomi, akan dilakukan untuk wasir dalam dan luar yang memiliki ukuran besar. Biasanya, wasir jenis ini sudah keluar dari dinding rektum ke anus, sehingga harus segera ditangani lebih lanjut.

Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang. Dalam beberapa kasus juga dilakukan bius spinal atau bius umum, tergantung dengan kondisi masing-masing pasien.

Sebenarnya, wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena meradang dan membengkak, sehingga terlihat seperti benjolan di sekitar anus dan rektum. Maka itu, dalam prosedur operasi yang akan dilakukan adalah mengangkat bagian yang berlebihan dan meradang tersebut.

Biasanya, dokter akan melakukan pembedahan pada benjolan, kemudian mengikat pembuluh darah vena yang ada di dalam ambeien agar tidak terjadi perdarahan. Operasi wasir ini ini dilakukan dengan menggunakan pisau (scalpel), alat yang menggunakan listrik (cautery pencil), atau laser.

Apa yang terjadi setelah operasi ambeien?

ketamine adalah ketamin

Tepat setelah operasi ambeien, saat Anda masih menjalani anestesi, Anda akan diberi obat bius lokal yang harus berlangsung 6-12 jam. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit setelah operasi.

Jika setelah operasi, kondisi Anda membaik dan telah pulih sepenuhnya dari pengaruh obat bius, maka Anda tak perlu dirawat inap dan diizinkan untuk pulang.

Akan tetapi, sebelum pulang biasanya pasien harus dipastikan bisa buang air kecil terlebih dulu. Beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil, hal ini karena adanya pembengkakan pada jaringan atau spasme otot pelvis.

Pemulihan setelah operasi ambeien

periksa ke dokter

Umumnya, proses pemulihan setelah operasi ambeien membutuhkan sekitar dua minggu. Namun, jika Anda ingin benar-benar pulih dan beraktivitas normal kembali, pemulihan bisa memakan waktu hingga 3-6 minggu.

Banyak pasien menunjukkan bahwa pemulihan dari jenis operasi ini sangat menyakitkan. Mungkin beberapa orang masih merasakan sakit dan tidak nyaman selama 2-3 minggu setelah operasi dilakukan. Akan tetapi, sebagian besar pasien mulai merasa lebih baik pada akhir minggu pertama.

Beberapa masalah yang timbul setelah operasi ambeien dilakukan, antara lain:

Inkontinensia feses

Kondisi ini menandakan bahwa seseorang tidak bisa menahan desakan untuk buang air besar. Inkontinensia feses biasanya terjadi setelah hemoroidektomi dilakukan dan dapat sembuh selama masa pemulihan.

Bila Anda terus mengalami efek samping operasi ambeien ini beberapa minggu setelah operasi, pastikan untuk memberi tahu dokter.

Gatal anus

Gatal pada anus sangat umum terjadi selama fase penyembuhan setelah operasi ambeien. Ini menjadi tanda pemulihan tubuh dari sayatan bedah atau area bekas luka.

Perdarahan

Perdarahan setelah operasi wasir sering terjadi, namun darah yang keluar hanya sedikit. Jumlahnya akan semakin meningkat ketika Anda buang air besar, dalam 48 hingga 72 jam setelah operasi. Namun, dalam beberapa hari setelahnya perdarahan akan berhenti.

Infeksi

Operasi yang menimbulkan luka terbuka rentan mengalami infeksi. Ini terjadi akibat luka terpapar dengan bakteri maupun kotoran. Infeksi biasanya terjadi disertai dengan gejala demam dan adanya nanah pada luka. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan agar tidak semakin memburuk.

Dokter mungkin akan memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen, aspirin atau ibuprofen. Selain itu, dokter juga mungkin akan merekomendasikan obat pencahar, obat pelunak feses, atau keduanya untuk mencegah buang air besar yang keras.

Anda juga perlu mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk melunakkan feses, dan minum air yang cukup selama proses pemulihan (sekitar 8-10 gelas per hari). Hal ini penting dilakukan untuk menghindari sembelit, yang bisa membuat ambeien kambuh.

Anda mungkin merasa sakit saat membungkuk, jongkok, pindah posisi dari berdiri ke posisi duduk. Minimalkan aktivitas yang menyakitkan sebisa mungkin, terutama dalam beberapa hari pertama setelah operasi. Anda juga perlu menjaga kebersihan luka bekas operasi.

Pemeriksaan lanjutan dengan dokter bedah biasanya akan dilakukan 2-3 minggu setelah operasi untuk memeriksa hasil pembedahan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hemorrhoid Surgery https://www.healthline.com/health/hemorrhoid-surgery#surgeries-with-anesthetic diakses 7 Februari 2018.

Hemorrhoids https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280 diakses 7 Februari 2018.

Hemorrhoidectomy for Hemorrhoids https://www.webmd.com/digestive-disorders/hemorrhoidectomy-for-hemorrhoids diakses 7 Februari 2018.

Hemorrhoid https://www.healthline.com/health/hemorrhoids diakses 7 Februari 2018.

Hemorrhoids: Causes, treatments, and prevention https://www.medicalnewstoday.com/articles/73938.php diakses 7 Februari 2018.

Hemorrhoid Surgery https://www.webmd.com/digestive-disorders/surgery-treat-hemorrhoids diakses 9 Maret 2018.

Recovering After Hemorrhoid Surgery https://www.verywell.com/after-hemorrhoid-surgery-3156810 diakses 9 Maret 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 23/02/2018
x